Duta FFI 2023 (Sumber gambar: Instagram/festivalfilmid)

Reza Rahadian Ungkap Alasan di Balik Terpilihnya 5 Duta Festival Film Indonesia 2023

31 March 2023   |   10:33 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Festival Film Indonesia (FFI) 2023 diumumkan bertepatan dengan Hari Film Nasional pada Kamis (30/3/2023) kemarin. Komite Festival Film Indonesia 2021-2013 yang diketuai oleh Reza Rahadian pun membuka sesi bincang mengenai FFI 2023 di platform Twitter Space pada Kamis malam.

Sesi bincang itu turut menghadirkan Garin Nugroho selaku Ketua Bidang Penjurian FFI 2021-2023 dan Alexander Matius programmer atau kurator film yang juga menjadi moderator. Peluncuran FFI 2023 menandai dibukanya pendaftaran untuk berbagai kategori penjurian melalui website resmi Festiva Film Indonesia.

“FFI menjadi ajang tahunan yang fungsinya sebagai tolok ukur prestasi dan apresiasi bagi perfilman Indonesia melalui pemberian penghargaan yang sudah berlangsung sejak 1955,” ujar Reza Rahadian dalam Twitter Space bertajuk Peluncuran Festival Film Indonesia, Kamis (30/3).

Baca juga: Profil Ladya Cheryl, Aktris Terbaik Peraih Piala Citra FFI 2022

Tahun ini, FFI 2023 mengangkat tema Citra, kata yang sudah biasa didengar dalam gelaran FFI 2023. Pasalnya, setiap tahunnya pihak FFI akan memberikan Piala Citra sebagai apresiasi tertinggi kepada insan perfilaman tanah air. Kata Citra diambil dengan keragaman artinya yang menginspirasi. Citra bisa bermakna bayangan atau imaji yang juga terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail.

“Dipilihnya tema Citra juga karena keinginan kita mengembalikan FFI ke marwanya itu sendiri. Maka dari poster, warna, dan lainnya kita berfokus pada tema Citra. Citra memiliki makna yang luad dan dalam, yang bisa juga diartikan sebagai potret atau image. Begitu pun dengan Duta FFI terpilih yang semuanya merupakan pemenang FFI," imbuh Reza.

Duta FFI 2023 yang terpilih adalah Christine Hakim, peraih 8 Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, serta peraih Penghargaan Seumur Hidup FFI 2016, Lukman Sardi  sebagai Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik FFI 2007.

Laura Basuki  sebagai Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2010 dan 2020, Putri Marino sebagai Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2017 dan 2022, dan Chicco Kurniawan sebagai Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Pria Terbaik FFI 2021.

Adapun terpilihnya Duta FFI 2023 menjadi bentuk perwajahan tema FFI selama proses kurasi hingga Malam Anugerah FFI 2023 pada November mendatang. Oleh karena itu, Komite FFI tak sembarangan memilih ikon yang menjadi Duta FFI ini. Reza menyebut dipilihnya lima orang aktor dan aktris kondang ini merupakan bentuk representasi masing-masing generasi.

“Lima orang lintas generasi ini masing-masing mewakili generasinya lewat perjalanan dalam dunia film Indonesia yang memiliki capaian signifikan, sehingga mereka kita rasa pantas menjadi Duta FFI,” imbuh Reza.

Baca juga: Marthino Lio Sabet Penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2022

Garin menambahkan, ada pencapaian menjadi aspek penting dalam pemilihan Duta FFI tahun ini. “Kita pilih tokoh yang menunjukkan tingkat popularitas mereka berdasarkan komunikasi dan kebersamaannya dengan insan dan pencinta film. Mereka juga punya pencapaian hebat di tingkat lokal dan internasional. Tentunya kita pilih berbagai latar belakang umur supaya merepresentasikan semua insan film,” jelas Garin.

Reza berharap, FFI 2023 ini bisa semakin membuka mata publik mengenai dunia film nasional. Sementara Duta FFi terpilih tahun ini diharapkan mampu menjaga citra FFI sebagai garda terdepan. “Nantinya mereka akan banyak melakukan media visit, tentunya juga ditempatkan sesuai dengan kapasitasnya. Kita fokus memetakan strategi dan urusan publikasi untuk masing-masing duta,” tutup Reza.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Buka Puasa dengan Makanan dan Minuman Manis, Tepatkah?

BERIKUTNYA

E3 2023 Batal Digelar, Perusahaan Game Ogah Ikutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: