Duta FFI (Sumber gambar: Instagram.com/festivalfilmid)

Rangkaian Festival Film Indonesia Resmi Dibuka, Usung Tema Citra

30 March 2023   |   22:57 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Industri film dalam negeri semakin menggelora. Bahkan kesadaran mengenai pentingnya dunia film dirayakan setiap tahunnya dalam Hari Film Nasional tiap 30 Maret. Bertepatan dengan peringatan ini, Komite Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan peluncuran gelaran apresiasi dan penghargaan untuk insan film tersebut.

Peluncuran dilaksanakan secara daring melalui media sosial Twitter resmi @festivalfilmid. Mereka juga menggelar bincang bersama jajaran komite seperti Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2021-2023, Garin Nugroho sebagai Ketua Bidang Penjurian FFI 2021-2023, dan Alexander Matius selaku kurator film. 

Baca juga: Sejarah Hari Film Nasional dan Peran Usmar Ismail
 

Pada tahun ini, FFI 2023 akan mengangkat tema Citra, kata yang sudah lama tersemat dalam piala bergengsi FFI. Sebagaimana diketahui, Citra disematkan sebagai nama anugerah perfilman Indonesia yang telah diberikan sejak tahun 1967. Piala Citra menjadi simbol supremasi tertinggi perfilman Indonesia.

Dapat dikatakan, Piala Citra menjadi benang merah dari pencapaian film Indonesia yang menandai kemajuan dunia perfilman nasional hingga masa mendatang. Kata Citra juga dipilih sebagai tema karena memiliki makna imaji atau bayangan, yang terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail.
 

Duta FFI 2023

Telah resmi dipilih juga deretan aktris dan aktor senior legendaris yang diumumkan sebagai Duta FFI 2023. Pertama, gelar Duta FFI diberikan kepada Christine Hakim yang merupakan peraih delapan Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik & peraih Penghargaan Seumur Hidup FFI 2016.

Duta FFI juga disematkan kepada Lukman Sardi yang merupakan pemenang Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik FFI 2007. Selanjutnya, ada model sekaligus pemeran Cek Toko Sebelah 2, Laura Basuki yang memenangkan Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2010 dan 2020.

Aktris keturunan Italia dan Bali, Putri Marino turut didapuk sebagai Duta FFI setelah sukses memenangkan Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2017 dan 2022. Nama terakhir yang menjadi Duta FFI ialah Chicco Kurniawan sebagai  pemenang Piala Citra kategori Pemeran Pria Terbaik FFI 2021.

Kelima nama tersebut dipilih sebagai Duta FFI menimbang pada peran dan pencapaian besar mereka dalam dunia perfilman Indonesia di skala nasional dan internasional. Mereka juga bertugas menjadi wajah FFI hingga penobatan pada Malam Anugerah FFI 2023 yang akan dijadwalkan berlangsung pada 18 November 2023 mendatang.

Setelah meluncurkan FFI 2023, Komite Festival Film Indonesia juga sudah resmi membuka pendaftaran FFI 2023 yang dilakukan secara online melalui website Festival Film. Pendaftaran dibuka mulai 20 Maret hingga 15 Agustus 2023. Namun, khusus untuk kategori Film Non Cerita Panjang (khusus Film Cerita Pendek, Film Dokumenter, dan Film Animasi) dan Kritik Film akan memiliki waktu lebih panjang hingga ditutup pada 31 Agustus 2023.

Nantinya, penggemar film juga bisa ikut berpartisipasi secara langsung dalam memilih film serta aktor dan aktris terbaik dalam beberapa kategori.

“FFI akan terus berproses menuju penyelenggaraan yang lebih baik. Komite FFI 2021-2023 juga sudah menyiapkan program yang melibatkan elemen ekosistem perfilman Indonesia agar FFI tetap dekat dan lekat di hati masyarakat pencinta film Indonesia,” jelas Ketua Komite FFI, Reza Rahadian, Kamis (30/3).

Baca juga: Sambut Hari Film Nasional, Yuk Tonton 5 Film Indonesia Hasil Remake Ikonik Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Padu Padan Outfit Wanita yang Modis & Elegan untuk Ke Kantor

BERIKUTNYA

6 Tip Membuat Kue Tanpa Oven yang Anti Gagal, Bisa Pakai Panci Presto

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: