Cuplikan film Nana. (Sumber gambar: Fourcolours Films)

5 Film Karya Kamila Andini yang Wajib Ditonton Selain Gadis Kretek

14 November 2023   |   08:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sejak tayang di Netflix pada 2 November 2023, serial Gadis Kretek masih menjadi perbincangan warganet di media sosial. Tak sedikit orang yang larut dalam cerita romansa penuh haru sekaligus getir dari serial hasil adaptasi novel karya Ratih Kumala itu. Selain cerita, Gadis Kretek juga menyedot perhatian lantaran disajikan dengan artistik yang memukau.

Serial Gadis Kretek menceritakan kisah cinta dengan latar belakang industri kretek pada tahun 1960-an. Serial ini menghadirkan tokoh Dasiyah (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo), seorang perempuan visioner yang gemar meracik saus rokok kretek. Dia bertemu dengan Soeraja (Ario Bayu) hingga merajut kisah cinta yang terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, perjumpaan anak Soeraja yang bernama Lebas (Arya Saloka) dengan Arum (Putri Marino) membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini terpendam. Adapun, serial Gadis Kretek turut dibintangi oleh Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana. 

Baca juga: Perjalanan Kamila Andini Bawa Serial Gadis Kretek Tampil di Program On Screen BIFF 2023

Gadis Kretek menjadi serial pertama yang digarap oleh sutradara Kamila Andini bersama sang suami, Ifa Isfansyah. Sebagai sutradara, perempuan yang akrab disapa Dini itu dikenal kerap mengangkat isu-isu perempuan dalam karya-karya sinemanya. Tak hanya menghadirkan perempuan sebagai tokoh sentral cerita, karakter-karakternya muncul sekaligus sebagai simbol perlawanan di dunia yang cenderung maskulin dan patriarkis.

Selain itu, film-film Dini juga acapkali mengangkat unsur lokalitas yang kuat. Semua racikan itu tak jarang membuat karya-karyanya tampil di berbagai festival film internasional bergengsi, hingga menyabet sederet prestasi dan penghargaan.

Untuk lebih mengenal karya-karyanya, berikut adalah 5 film karya Kamila Andini yang patut kalian tonton selain Gadis Kretek.


1. Before, Now & Then (Nana)-2022


Film Before, Now & Then (Nana) merupakan hasil adaptasi dari salah satu bab dalam novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran. Kisahnya mengikuti tokoh Nana (diperankan oleh Happy Salma) yang tidak bisa lepas dari masa lalunya. Berlatar tahun 1960-an, Nana hidup miskin dan kehilangan keluarganya akibat perang di Jawa Barat. Dengan rasa trauma yang terus mengikutinya, Nana pun menikah lagi dan memulai hidup baru.

Namun, suami barunya yang begitu kaya membuat Nana sering dipandang rendah oleh kerabat suaminya. Nana menderita dalam diam hingga dia bertemu dengan salah satu perempuan simpanan suaminya, Ino (Laura Basuki).

Hidup Nana pun berubah. Ino adalah seseorang yang bisa dia percaya, sosok yang menawarkan kenyamanannya dan tempat dia menceritakan rahasia, masa lalu, dan masa sekarang. Bersama-sama, kedua perempuan itu menemukan harapan akan kebebasan baru.

Selain Happy Salma dan Laura Basuki, film ini juga dibintangi oleh Ibnu Jamil, Arswendy Bening Swara, Rieke Diah Pitaloka, Arawinda Kirana dan aktris cilik pendatang baru, Chempa Putri.  Before, Now & Then (Nana) berhasil menjadi Film Cerita Panjang Terbaik di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2022. Adapun, film Nana bisa kalian tonton di layanan streaming Prime Video.


2. Yuni (2021)


Sesuai dengan judulnya, film ini berkisah tentang Yuni (diperankan oleh Arawinda Kirana), seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tidak dikenalnya datang melamar, dia menolak lamaran mereka.

Penolakan itu memicu gosip tentang mitos bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran tidak akan pernah menikah. Tekanan semakin meningkat ketika pria ketiga melamarnya, dan Yuni harus memilih antara mempercayai mitos atau mengejar impiannya. Selain Arawinda Kirana, film Yuni juga dibintangi oleh Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Asmara Abigail, Muhammad Khan, Nazla Thoyib, Neneng Risma, Vania Aurell, Boah Sartika, Anne Yasmine, Toto ST. Radik, Mian Tiara, Ayu Laksmi, dan Sekar Sari.

Sederet penghargaan pun berhasil diraih film Yuni, diantaranya memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival, dan menyabet Silver Hanoman Award di ajang Jogja-NETPAC Asian Film Festival tahun 2021. Adapun, film Yuni bisa kalian tonton di layanan streaming Disney+ Hotstar.


3. Sekar (2018)


Seperti judulnya, Sekar adalah film pendek yang berkisah tentang seorang perempuan buta bernama Sekar (diperankan oleh Sekar Sari) yang menjadikan batik tulis buatan ibunya sebagai pusat dunia. Setiap kali ibunya membatik, Sekar dan ibunya (Christine Hakim) akan meraba, menebak, kemudian membicarakan rapalan-rapalan doa dan harapan yang terkandung di setiap corak.

Misalnya, batik corak Parang yang bergelombang menggambarkan doa untuk sebuah kegigihan dan sikap pantang menyerah terhadap ombak kehidupan yang akan terus datang. Atau motif Semen yang berasal dari kata semi sehingga di dalamnya berisikan elemen yang menggambarkan awal cinta yang baru tumbuh.

Namun, hubungan harmonis ibu-anak ini akan terganggu dengan hadirnya seorang pemuda yang diperankan oleh Marthino Lio. Sekar dan pemuda ini saling jatuh cinta, namun kekhawatiran dan perasaan sang ibu yang ingin menjaga Sekar akan menjadi pusat kegamangan film ini. Film Sekar bisa kalian tonton di YouTube.


4. Sekala Niskala (2017)


Film Sekala Niskala menceritakan tentang kisah dua anak kembar perempuan dan laki-laki bernama Tantra dan Tantri. Suatu hari, Tantri mengetahui bahwa saudara kembarnya menderita penyakit yang akan membuat nyawanya hilang. Otak Tantra mulai lemah dan dia pun harus kehilangan kemampuan inderawinya secara perlahan.

Nasib malang ini membuat mereka harus memendam rindu yang teramat dalam. Demi menghilangkan rasa rindu yang kian memuncak, mereka akhirnya menjalin koneksi dalam dunia fantasi pada tengah malam. Film Sekala Niskala dibintangi oleh Ayu Laksmi, Ida Bagus Putu Radithya Mahijasena, Ni Kadek Thaly Titi Kasih, I Ketut Rina, serta Happy Salma. 


5. The Mirror Never Lies (2011)


Film berdurasi 100 menit ini bercerita tentang seorang anak bernama Pakis (12), yang terus berusaha mencari sosok ayahnya yang hilang ketika sedang melaut. Cermin pemberian ayahnya menyimpan asa bahwa suatu saat ayahnya akan kembali.

Baca juga: Film Before, Now & Then (Nana) Karya Kamila Andini Tayang Perdana di Berlinale

Dalam masa pencarian dan penantian tersebut, datanglah seorang pria yang mengisi kehidupan anak dan ibu tersebut. Dalam semua rangkaian peristiwa yang membuat mereka saling bertemu, di lautlah mereka belajar untuk menemukan refleksi diri yang sesungguhnya. Film The Mirror Never Lies bisa kalian saksikan di layanan streaming Viu.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Siap-siap, Tiket Konser IVE Mulai Dijual Selasa 14 November 2023

BERIKUTNYA

5 Fakta Kebaya Janggan yang Dikenakan Dasiyah dalam Serial Gadis Kretek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: