Dian Sastro berperan sebagai Dasiyah di serial Gadis Kretek. (Sumber gambar: Netflix)

Kental dengan Nuansa 1960-an, Netflix Rilis Visual Perdana Serial Gadis Kretek

14 August 2023   |   16:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sukses menggarap film Yuni (2021) dan Before, Now & Then (2022), sutradara Kamila Andini kini bersiap untuk merilis karya terbarunya berjudul Gadis Kretek. Karya adaptasi dari novel berjudul sama karangan Ratih Kumala ini menjadi serial pertama yang digarap oleh Kamila Andini yang bekerja sama dengan platform streaming Netflix.

Gadis Kretek menceritakan kisah cinta dengan latar belakang industri kretek pada tahun 1960-an. Serial ini menghadirkan tokoh Dasiyah (Dian Sastrowardoyo), seorang perempuan visioner yang gemar meracik saus rokok kretek. Dia bertemu dengan Soeraja (Ario Bayu) hingga merajut kisah cinta yang terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.

Baca juga: Diadaptasi dari Novel, Cek Sinopsis Serial Gadis Kretek yang Siap Tayang Tahun Ini

Berpuluh-puluh tahun kemudian, perjumpaan anak Soeraja yang bernama Lebas (Arya Saloka) dengan Arum (Putri Marino) membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini terpendam.
 

Cuplikan serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)
 

Cuplikan serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)

Untuk semakin membuat penasaran penonton, Netflix pun merilis beberapa foto perdana dari serial Gadis Kretek. Foto-foto ini memperlihatkan beberapa karakternya mulai dari Dasiyah, Soeraja, Arum, Lebas, Idroes Moeria, Roemaisa hingga Rukayah kental dengan nuansa tempo dulu pada era 1960-an.

Salah satu foto yang menjadi sorotan adalah tokoh Dasiyah yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Sebuah foto memperlihatkan Dasiyah sedang berjalan di tengah kerumunan orang. Mengenakan kebaya berwarna hitam dan kain batik putih, Dasiyah tampak sedang menatap seseorang dengan sorotan mata yang tajam.
 

Cuplikan serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)
 

Cuplikan serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)

Dalam  foto yang lain, Dasiyah tampak sedang terlibat dialog yang intens dengan Soeraja yang diperankan oleh Ario Bayu di sebuah bangunan bambu, dan pada foto yang lain mereka terlihat sedang mengawasi sesuatu di sebuah ruangan dapur. 

Sementara pada foto yang lain, Dasiyah, masih dengan kebaya hitamnya yang anggun, tampak sedang berada di satu ruangan bersama karakter lain seperti Idroes Moeria (Rukman Rosadi), Roemaisa (Ine Febriyanti), dan Rukayah (Tissa Biani).
 

Cuplikan serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)
 

Cuplikan serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)

Tak hanya karakter-karakter tersebut, foto-foto yang dirilis juga menampilkan tokoh lain yakni Arum dan Lebas. Dengan setelan yang lebih modern, mereka tampak sedang berada di sebuah museum. Arum tampak sedang menatap mata Lebas dengan tajam, sementara Lebas terlihat sedang berusaha menjelaskan sesuatu.

Sosok karakter Soeraja juga hadir dalam foto yang lain. Dia tampak sedang berada di sebuah tempat dengan kertas-kertas yang beterbangan. Soeraja bersama beberapa orang di tempat tersebut terlihat sedang tertegun membaca isi kertas itu.

Selain itu, ada pula foto cuplikan serial yang menampilkan karakter Rukayah dan Sheila Dara Aisha yang belum diketahui nama karakternya. Mengenakan busana tempo dulu bernuansa krem dan hijau lengkap dengan riasan era 1960-an, mereka tampak kaget melihat ke salah satu arah.

Selain sejumlah aktor dan aktris tersebut, serial Gadis Kretek juga dibintangi oleh Winky Wiryawan, Ibnu Jamil, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana. Serial ini diproduksi oleh BASE Entertainment bersama produser Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Ratih Kumala dan Tanya Yuson juga bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K. Priyanti dan Ambaridzki Ramadhantyo. 

Sutradara Kamila Andini serial Gadis Kretek berusaha menangkap sebuah masa yang penting dalam industri rokok kretek serta berbagai peristiwa sejarah yang kemudian mengubah jalan hidup banyak orang, termasuk munculnya sebuah cerita cinta yang mengharukan.

"Bersama para pemeran Gadis Kretek, serta set dan cerita yang luar biasa, kami percaya kami akan memberikan kisah yang penuh makna bagi penonton di manapun berada," ujar sutradara berusia 37 tahun itu.

Sementara itu, Produser Tanya Yuson berpendapat bahwa novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala menghadirkan beragam karakter dengan berbagai kepribadian dalam perjalanan hidup yang menggugah.

"Menyaksikan kisah ini terwujud bersama para pemain dan kru yang luar biasa merupakan hal yang menggembirakan dan kami tak sabar untuk menghadirkannya segera," katanya.

Adapun, serial Gadis Kretek dijadwalkan tayang perdana di Netflix pada 2 November 2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Panduan Memulai Rutinitas Berolahraga

BERIKUTNYA

Anak-anak Lebih Disarankan Membaca Buku Fisik Dibanding E-Book, Begini Alasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: