Produser Tesadesrada Ryza dan Vino G Bastian saat kunjungan ke redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Senin (13/11/2023). (Sumber gambar:Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Libatkan Ahli Keuangan, Begini Proses Produksi Film Gampang Cuan yang Tayang 16 November 2023

13 November 2023   |   13:06 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah rumah produksi di Indonesia terus menawarkan film-film dengan ragam tema dan cerita yang segar. Terbaru, Temata Studios dan Adhya Pictures mencoba mengangkat cerita tentang literasi keuangan yang cukup jarang di film-film Indonesia.

Film berjudul Gampang Cuan ini bakal tayang di bioskop mulai 16 November 2023. Disutradarai oleh Rahabi Mandra dan diproduseri Tesadesrada Ryza, film ini juga bakal dibintangi oleh sejumlah aktor ternama Tanah Air, seperti Vina G Bastian, Anya Geraldine, Azi Markers, hingga Meriam Bellina.

Baca juga: Vino G Bastian & Anya Geraldine Punya Coach Bahasa Sunda Demi Film Gampang Cuan

Film Gampang Cuan akan mengikuti kisah hidup Sultan (Vino G Bastian), anak sulung dari sebuah keluarga di Sukabumi yang kini merantau di Jakarta. Sultan selalu mengeklaim dirinya berhasil dalam perantauannya ini dan memiliki uang berlimpah.

Suatu hari adik perempuannya, Bilqis (Anya Geraldine) menyusul sang kakak untuk ikut mengadu nasib. Dari sini, cerita mulai kompleks. Di saat yang bersamaan mereka mengetahui bahwa mendiang ayahnya meninggalkan hutang Rp300 juta yang harus segera dilunasi.

Di sisi lain, Sultan juga terus dituntut untuk membiayai kuliah si adik bungsu, Aji (Alzi Markers). Sultan dan Bilqis kemudian jungkir-balik mencari cuan untuk membayar hutang tanpa sepengetahuan sang Ibu, Mamah Diah (Meriam Bellina).
 

Sang produser, Tesaderada Ryza mengatakan bahwa film Gampang Cuan ini pada dasarnya ingin mengangkat lika-liku soal keuangan yang sering dihadapi oleh masyarakat, mulai dari utang sampai investasi saham yang dibungkus dengan nuansa drama komedi.

Proses penulisan naskah film Gampang Cuan sudah dilakukan sejak awal pandemi Covid-19 lalu. Ketika itu, salah satu pemicunya karena banyak yang mendadak mulai berbicara soal keuangan, terutama terkait investasi.

Pada saat yang sama, muncul fenomena crazy rich yang cukup menghebohkan. Mereka digambarkan sebagai orang yang berhasil meraih kesuksesan dengan cara cepat. Padahal, ada banyak yang orang tidak tahu mengenai proses-proses di baliknya, yang mana seiring berjalannya waktu pun terbongkar.

Fenomena-fenomena ini kemudian menginspirasi pihaknya dan juga sang sutradara, Rahabi Mandra, untuk menulis realita ini. Produser yang karib disapa Ryza itu pun ingin memotret kondisi masyarakat perihal literasi keuangan.

“Setelah ide dapet, kita mulai kembangkan jadi skenario. Dalam penulisannya, khususnya di bagian keuangan, kami secara khusus melakukan riset. Kami juga menggandeng ahli-ahli di bidang finansial agar nantinya film ini tidak membawa cerita yang keliru,” ucap Ryza kepada Hypeabis.id saat kunjungannya ke kantor Bisnis Indonesia, Senin (13/11/2023).

Ryza mengatakan kolaborasi dengan para ahli finansial di dalam ini punya peran penting. Selain agar informasi yang didapat penonton tidak salah, cara ini juga membuat sutradara bisa fokus ke hal kreatif.

Sutradara bisa lebih paham mengenai produk-produk keuangan, lalu tinggal memasukkannya dalam balutan cerita yang halus tanpa kesan menggurui. Dalam hal ini, pihaknya memilih pendekatan komedi.

Sebab, tema keuangan yang bisa dibilang cukup berat mesti diimbangi dengan sentuhan yang bisa menghibur, yakni komedi. Selain itu, cerita juga dibangun dalam balutan drama keluarga sehingga bisa lebih relate ke penonton nantinya.
 

Untuk produksinya, kru dan pemain Gampang Cuan memulai syuting pada awal tahun 2023 ini. Ryza menyebut proses syuting yang berjalan dua minggu itu secara umum berjalan lancar. Rencana produksi yang telah tersusun bisa dieksekusi semuanya dalam waktu yang telah dijadwalkan.

Namun, kata Ryza, yang namanya produksi pasti akan selalu ada tantangannya. Menurutnya, jika sebuah produksi tidak ada hambatan, justru patut dicurigai karena hasilnya bisa jadi baru ketahuan di belakang.

“Kalau dari segi aktor, rupanya perlu ada treatment khusus, mengingat ada yang bukan asli Sunda. Para aktor mendapatkan workshop khusus bahasa Sunda selama kurang lebih satu bulan. Kalau secara teknis, kemarin berlangsung lancar,” imbuhnya.

Menurut Ryza, salah satu yang cukup menarik dari produksi ialah terkait lokasi syuting. Sebab, perlu ada pencarian khusus terkait set lekasi agar sesuai dengan cerita yang ada di film Gampang Cuan.

Salah satunya ialah yang menjadi lokasi kos dari Sultan. Lokasi tersebut cukup unik karena berada di sebuah pemukiman rumah warga yang cukup dikelilingi gedung bertingkat. Hal ini untuk menggambarkan kontras kehidupan ekonomi di Jakarta.

Ryza berharap film ini bisa menjadi tontonan yang sangat fresh di Indonesia. Selain menghibur, film ini juga mengandung nilai-nilai yang baik tentang keluarga dan pentingnya literasi keuangan.

Tak hanya itu, film ini juga memotret perjuangan anak rantau dalam mengejar kesuksesan. Di samping itu, ada fenomena sandwich generation juga yang muncul di cerita ini. Jadi, dirinya berharap ada nilai-nilai penting yang dibawa penonton, selain tentu saja bisa terhibur karena unsur komedi cukup kental di film ini.

Baca juga: Film Gampang Cuan Bawa Tema Investasi dalam Balutan Komedi, Tayang 16 November 2023 di Bioskop

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Asteroid yang Bikin Takut Ilmuwan, Salah Satunya Diprediksi Hantam Bumi pada 2024

BERIKUTNYA

Hitam Putih Dasiyah, Desainer Hagai Pakan ungkap Makna Kebaya dalam Serial Gadis Kretek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: