JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha FILM GAMPANG CUAN SEGERA TAYANG Aktris Anya Geraldine (kedua kiri) disaksikan Sutradara Rahabi Mandra (dari kiri), Aktor Vino G Bastian, dan Aktor Alzi Markers memberikan keterangan pers saat gala premiere film Gampang Cuan di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Vino G Bastian & Anya Geraldine Punya Coach Bahasa Sunda Demi Film Gampang Cuan

08 November 2023   |   21:54 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Vino G. Bastian dan Anya Geraldine kembali ke layar lebar lewat film komedi terbaru berjudul Gampang Cuan. Dalam film ini, keduanya diceritakan sebagai seorang kakak dan adik dari sebuah keluarga di Sukabumi yang mengadu nasib di Ibu Kota Jakarta.

Vino memerankan karakter bernama Sultan, seorang anak sulung yang sedang berjuang di kota besar. Adapun Anya berperan sebagai Bilqis, adik dari Sultan yang juga ingin hidup mandiri dan mengikuti jejak sang kakak bekerja di Ibu Kota.

Baca juga: Film Gampang Cuan Bawa Tema Investasi Dalam Balutan Komedi, Tayang 16 November 2023 di Bioskop

Memiliki latar belakang sebagai orang Sukabumi membuat keduanya dituntut fasih berbahasa Sunda. Padahal, baik Anya maupun Vino bukanlah orang Sunda asli. Keduanya pun mengaku cukup kesulitan ketika harus berdialog dengan bahasa Sunda.

Anya mengatakan bahwa berperan sebagai Bilqis yang sehari-harinya berbahasa Sunda merupakan pengalaman baru baginya. Sebagai bukan Jawa Barat, menguasai bahasa Sunda merupakan perjuangan terberatnya selama syuting film Gampang Cuan.

Terlebih, karakter Bilqis di film ini terbilang cukup ekspresif karena sering marah-marah. Dirinya pun dituntut untuk tidak saja bisa mengobrol dengan bahasa Sunda, tetapi juga marah-marah dalam bahasa Sunda.

Oleh karena itu, selain mendalami karakternya sebagai anak kedua di sebuah keluarga, Anya pun mesti berlatih selama sebulan agar bisa lancar berbahasa Sunda. Selama sebulan penuh, dirinya membiasakan berbicara dengan bahasa Sunda, lengkap dengan dialeknya.

“Ya, hampir sebulan. Tiap hari kita ada reading. Habis reading ada latihan khusus agar ngomongnya bisa kayak orang Sunda asli,” ucap Anya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Selama latihan, Anya didampingi langsung oleh coach khusus untuk melatihnya berbahasa Sunda. Dia pun mulai mempelajari karakter ketika orang Sunda marah. Hal ini demi akting-nya bisa maksimal dan tidak terkesan kaku.
 

Konferensi pers Gampang Cuan (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Konferensi pers Gampang Cuan (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)


Tak jauh berbeda, Vino G. Bastian juga memiliki coach khusus untuk melatihnya berbahasa Sunda. Dirinya di lokasi akting terus-terusan berbicara dengan bahasa Sunda agar pelafalannya bisa lebih tepat.

Walaupun demikian, menurutnya proses syuting tetap berjalan menyenangkan. Bahkan, di lokasi syuting, dirinya pun kerap mendapatkan kosa kata bahasa Sunda yang baru dari rekan-rekannya. Hal ini membantunya lebih cepat belajar terkait bahasa Sunda.

Gampang Cuan merupakan film drama komedi yang ditulis dan disutradarai oleh Rahabi Mandra. mengangkat lika-liku soal keuangan yang sering dihadapi oleh masyarakat, mulai dari utang sampai investasi saham yang dibungkus dengan nuansa drama komedi.

Sultan dan Bilqis kemudian jungkir-balik mencari cuan untuk membayar utang. Di saat yang sama, keduanya berkenalan dengan salah satu produk investasi yang menawarkan keuntungan dalam waktu singkat.

Film ini mencoba membingkai fenomena ini lewat hubungan kakak-beradik yang dinamis, konyol, tetapi sebenarnya saling mengandalkan. Diproduksi Temata Studios dan Adhya Pictures, film ini bakal segera tayang di bioskop pada 16 November 2023.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Dibanderol Rp1,8 Juta, Cek Fitur Menarik Jam Pintar Amazfit Active

BERIKUTNYA

Petualangan Willy Wonka Muda Mewujudkan Mimpinya, Ini Sinopsis & Daftar Pemain Wonka 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: