Aktris Anya Geraldine (tengah) disaksikan Sutradara Rahabi Mandra (kedua kiri), Aktor Vino G Bastian (kedua kanan), Aktor Alzi Markers (kanan), dan Aktor Dimas Danang (kiri) di sela-sela konferensi pers gala premiere film Gampang Cuan di Jakarta, Rabu (8/11/2023). (Sumber foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Film Gampang Cuan Bawa Tema Investasi dalam Balutan Komedi, Tayang 16 November 2023 di Bioskop

08 November 2023   |   20:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Para penikmat film komedi tak lama lagi kedatangan tontonan baru dengan lawakan-lawakan segar. Sebab, film bertajuk Gampang Cuan, produksi Temata Studios dan Adhya Pictures bakal segera tayang di bioskop pada 16 November 2023.

Namun, tidak hanya tawa yang akan didapat penonton dari film Gampang Cuan. Film yang disutradarai Rahabi Mandra juga membawa tema literasi keuangan, topik yang terbilang jarang dijumpai di film-film nasional. Unsur drama keluarga yang cukup kental dibawa juga membawa warna tersendiri di film ini.

Baca juga: Film Gampang Cuan Rilis Trailer Perdana, Dibintangi Vino G. Bastian dan Anya Geraldine

Gampang Cuan diperankan oleh sejumlah aktor dan aktris ternama Indonesia, di antaranya Anya Geraldine, Vino G. Bastian, dan Alzi Markers yang akan memerankan karakter kakak adik. Selain itu, aktris senior Meriam Bellina juga turut berperan dalam film ini sebagai ibu.
 

(JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha) FILM GAMPANG CUAN SEGERA TAYANG Suasana konferensi pers gala premiere film Gampang Cuan di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

(JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha) FILM GAMPANG CUAN SEGERA TAYANG Suasana konferensi pers gala premiere film Gampang Cuan di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Film ini mengangkat lika-liku soal keuangan yang sering dihadapi oleh masyarakat, mulai utang sampai investasi saham yang dibungkus dalam balutan drama komedi. Film ini juga menyinggung soal hubungan anak dan ibu serta cerita perjuangan anak rantau ke Jakarta.

Cerita bermula Sultan (Vino G. Bastian), si anak sulung asal Sukabumi yang merantau ke Jakarta. Suatu hari adik perempuannya, Bilqis (Anya Geraldine) menyusul sang kakak untuk ikut mengadu nasib. Namun, sebuah kenyataan yang tak pernah diduga sebelumnya mesti dihadapi Bilqis.

Keluarga ini juga terus ditimpa berbagai masalah keuangan, seperti utang Rp300 juta yang ditinggalkan ayahnya, hingga Aji (Alzi Markers), adik bungsi yang ingin sekali berkuliah. Sultan dan Bilqis kemudian jungkir-balik mencari cuan untuk membayar hutang tanpa sepengetahuan sang Ibu, Mamah Diah (Meriam Bellina).

Sutradara Rahabi Mandra mengatakan bahwa film ini terinspirasi dari fenomena yang terjadi di masyarakat Indonesia belakangan ini. Yakni, banyak orang yang ingin mendapatkan uang besar secara singkat, salah satunya dengan investasi.

Dirinya melihat tren investasi sekarang makin marak. Namun, untuk bisa terjun ke investasi, sebenarnya diperlukan literasi keuangan yang baik. Hal ini untuk menghindari investasi bodong seperti yang ramai diberitakan belakangan ini.

Cerita ini juga muncul dari kegelisahan pribadinya. Sebab, dirinya juga termasuk orang yang mencoba investasi ketika masa pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu.

“Inspirasi cerita datang ketika saya noleh ke kanan dan kiri. Banyak yang punya utang ya. Lalu, tinggal kita dalami dan memunculkan layer selanjutnya, seperti keluarga. Ini bisa jadi kisah nyata bagi banyak orang,” ujar sutradara yang akrab disapa Abi, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (08/11).

Meski cerita yang dibawanya sebenarnya cukup berat, yakni keuangan, Abi mengatasinya dengan menambahkan unsur komedi. Dia juga tak ingin film ini terkesan menggurui. Oleh karena itu, balutan permasalahan literasi keuangan ini diceritakan lewat permasalahan keluarga.

Aktor Vino G Bastian mengatakan proses syuting Gampang Cuan berjalan mengasyikkan. Lantaran mengambil genre komedi, suasana syuting pun berjalan seru. Pria berumur 41 tahun ini pun merasa cerita yang disampaikan cukup relevan dengan dirinya.
 

(JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha) FILM GAMPANG CUAN SEGERA TAYANG Aktor Vino G Bastian (tengah), Aktris Anya Geraldine (kiri), dan Aktor Alzi Markers di sela-sela konferensi pers gala premiere film Gampang Cuan di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

FILM GAMPANG CUAN SEGERA TAYANG Aktor Vino G Bastian (tengah), Aktris Anya Geraldine (kiri), dan Aktor Alzi Markers di sela-sela konferensi pers gala premiere film Gampang Cuan di Jakarta, Rabu (8/11/2023). (Sumber foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Sebab, masalah keuangan ini cukup asing baginya. Dia belum mengetahui tentang detail investasi, saham, dan hal-hal terkait hal tersebut. Dia pun merasa mendapatkan ilmu baru dari film ini. Di sisi lain, Vino juga merasa senang karena akhirnya bisa kembali lagi bermain film komedi.

“Ya, akhirnya bisa kembali berakting di genre komedi. Mungkin salah satu tantangannya karena ini beberapa memakai bahasa Sunda, jadi perlu berlatih,” imbuhnya.

Aktris Anya Geraldine juga mengalami tantangan serupa. Berperan sebagai teteh-teteh asal Sukabumi, dia pun mesti fasih dalam berbahasa Sunda. Salah satu cara yang dilakukannya ialah mencoba aksen Sunda sebelum mulai berakting. “Ternyata seru juga bahasa Sunda. Sampai kadang-kadang aksen dan bahasanya kebawa ke keseharian,” imbuhnya.

Film Gampang Cuan siap tayang di bioskop pada tanggal 16 November 2023. Para penonton akan merasakan petualangan emosional yang mendalam tentang keluarga, finansial, dan makna hidup.

Baca juga: Film Gampang Cuan Rilis Poster Perdana, Siap Tayang 16 November 2023 di Bioskop

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ragam Atraksi & Daya Tarik Wisata Nirvana Valley di Puncak Bogor

BERIKUTNYA

Tips Menonton Konser Musik Biar Asik dan Nyaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: