Rowoon (Sumber Foto: Viu Indonesia)

5 Fakta Menarik Karakter Rowoon dalam Drama Korea The Matchmakers

11 November 2023   |   21:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sukses membintangi Destined With You, Rowoon langsung memerankan drama baru berjudul The Matchmaker yang tayang perdana pada 30 Oktober 2023 di KBS2 TV. Sejak penayangan perdana  drama ini langsung mencuri perhatian karena para tokoh dan ceritanya yang lucu. Bagi kalian yang ingin menyaksikannya bisa streaming di platform VIU dengan jadwal tayang Senin dan Selasa pukul 19.45 WIB. 

Drama berlatarkan era Dinasti Joseon tersebut menceritakan tentang seorang duda bernama Shim Jun-woo (Rowoon) dan seorang janda bernama Jung Soon-deok (Choi Yi-hyun). Keduanya mencoba melanjutkan hidup setelah berpisah dengan pasangannya masing-masing. Jun Woo dan Soon Deok kemudian bekerja sebagai konsultan pernikahan untuk membantu wanita dan pria lajang yang dinilai sudah terlalu tua untuk menikah.

Baca juga: 6 Rekomendasi Drama Korea Adaptasi Webtoon, Terbaru Ada A Good Day To Be a Dog

Bagi Rowoon, memerankan drama The Matchmakers memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, drama ini mengusung genre komedi yang sangat kental, sehingga akan ada beberapa adegan komikal yang harus dibawakannya secara luwes. Adapun Rowoon sendiri pernah mengatakan bahea komedi merupakan genre paling paling sulit.

Nah Genhype, berikut fakta menarik karakter Shim Jun-woo yang diperankan Rowoon.
 

1. Suka bicara blak-blakan

Shim Jung-woo memiliki paras tampan, cerdas, dan berasal dari keluarga pejabat istana. Dia juga memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi dan tak segan menyampaikan pendapatnya. Berdasarkan wawancaranya dengan salah satu media Korea, Rowoon memaparkan bahwa karakter yang dia perankan tersebut tampak tegas dan jujur. Namun di sisi lain membuatnya juga terlihat sombong, kasar, dan tidak sopan di mata orang-orang sekitarnya. 
 

2. Dijuluki pria pemarah dan penggerutu

Terlepas dari kesempurnaannya, Shim Jung-woo sangat dihindari oleh orang-orang di istana, bahkan dia dijuluki pria pemarah dan penggerutu. Saat dia lewat, para dayang dan pegawai istana buru-buru bersembunyi. Shim Jun-woo yang sangat perfeksionis dan taat aturan, selalu mengkritik dan mengadukan petugas yang dianggap lalai menjalankan tugasnya. Akibatnya tak sedikit pegawai istana yang kehilangan pekerjaan dan harus angkat kaki dari istana.

Bukan tanpa alasan Shim Jung-woo sering marah-marah di istana. Dia kesal dengan semua orang di sana karena tidak dijadikan pegawai istana padahal dia adalah lulusan termuda dan terbaik seangkatannya. Namun bukannya jadi pegawai berpangkat tinggi, dia malah dinikahkan dengan putri raja. Sebenarnya Shim Jung-woo tidak mau menikah, tapi keluarganya terobsesi untuk menguasai istana.


3. Menjadi Duda di Usia Muda

Menjelang upacara pernikahan, sang putri jatuh sakit dan meninggal dunia, sehingga Shim Jung-woo kini berstatus sebagai duda. Sesuai aturan di era Joseon, duda atau janda yang merupakan menantu raja tidak boleh menikah lagi atau punya selir juga tidak boleh bekerja sebagai pegawai istana. Tentu saja ini sangat menyiksa Shim Jung-woo.

Selama 8 tahun menduda hari-harinya diisi dengan belajar berbagai hal, mulai dari pengobatan, alat musik, melukis, sambil terus menerus mengirim petisi kepada raja. Saat memerankan Shim Jung-woo, Rowoon selalu berusaha membuat karakternya tidak terlalu menyebalkan. Dia berharap Shim Jung-woo bisa membuat penonton tertawa dan terhibur dengan kelakuannya.
 

4. Sering sakit dada karena cemburu

Tak hanya di istana, di luar istana pun Shim Jung-woo selalu jadi pusat perhatian. Orang-orang mengasihaninya sebagai menantu raja yang malang walaupun tinggal di rumah mewah Bukchon. Karenanya saat jalan-jalan ke luar, dia kerap menyembunyikan wajah di balik topi atau kipas.

Bertahun-tahun berada dalam kondisi ini membuat kesehatan Jung-woo terganggu. Seringkali dia mengeluhkan rasa nyeri di dadanya. Namun kocaknya, kondisi tersebut bukan disebabkan oleh penyakit berbahaya. Shim Jung-woo merasakan sakit dada setiap kali melihat pasangan kekasih yang sedang bermesraan. Sebenarnya Shim Jung-woo ini sangat haus kasih sayang.
 

5. Jadi mak comblang demi mengubah nasib

Karena aturan yang melarang adanya pernikahan dengan keluarga kerajaan yang sudah bercerai, selain Jung-woo putra mahkota pun terkena imbasnya. Setelah gagal dengan penikahannya, tidak ada wanita bangsawan yang mau dinikahkan dengannya. Hal tersebut memicu isu yang lebih luas, sehingga membuat putra mahkota dituding sebagai penyebab kekeringan di Joseon.

Akhirnya raja meminta tolong pada Shim Jung-woo yang cerdas untuk menjadi mak comblang atau orang yang bisa mencarikan jodoh untuk putra mahkota. Kalau dia berhasil mejalankan misi tersebut, nasibnya akan berubah. Raja akan mempertimbangkan petisi yang dia ajukan untuk bisa menjadi pegawai istana atau bahkan menikah lagi di kemudian hari.

Baca juga: 4 Drama Korea Angkat Isu Kesehatan Mental, Terbaru Ada Daily Dose of Sunshine

Shim Jung-woo pun bersemangat untuk mencarikan jodoh. Tugas tersebutlah yang kemudian mempertemukan Jung-woo dengan Lady Yeojoo alias Jung Soon-deok, mak comblang paling terkenal di ibukota Joseon.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tingkatkan Apresiasi Seni, ICAD 2023 Jadi Barometer Kolektor Muda

BERIKUTNYA

Kronologi Konser Hari Pertama BMTH Rusuh hingga Refund Tiket

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: