Daily Dose of Sunshine (Sumber Foto: Netflix)

4 Drama Korea Angkat Isu Kesehatan Mental, Terbaru Ada Daily Dose of Sunshine

04 November 2023   |   22:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Selain menghibur, drama Korea sukses menyajikan kisah-kisah inspiratif dari berbagai aspek kehidupan, salah satunya tentang isu kesehatan mental yang sangat sensitif. Setelah menontonnya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap kondisi psikis dan emosional orang-orang di sekitar kita.

Plot yang dikemas dengan apik tersebut terasa begitu realistis. Menggali luka-luka emosional sang tokoh utama dari masa kecil sampai remaja, sehingga bisa membentuk kepribadiannya yang sekarang. Apakah dia bisa berdamai dengan masa lalunya atau tetap menjalani hidup di raga yang kosong tanpa jiwa.

Berikut adalah drama Korea terbaik tentang kesehatan mental yang sukses membawa kita menjelajahi perjalanan emosional yang mendalam. Yuk simak rekomendasinya Genhype!
 

1. Daily Dose of Sunshine (2023)

Daily Dose of Sunshine dibintangi oleh Park Bo Young, Yeon Woo Jin dan Jang Dong Yoon. Mengisahkan tentang Jung Da Eun (Park Bo Young), seorang perawat yang berdedikasi terhadap profesinya. Suatu hari dia dipindahkan ke bangsal neuropsikiatri dari departemen penyakit dalam. Pasien yang ditanganinya terlihat sakit, tapi bukan secara fisik.

Mereka terluka secara emosional sehingga memengaruhi aspek kehodupannya secara keseluruhan. Pada awalnya segalanya sulit dan canggung bagi Da Eun, pelan-pelan dia pun memahami para pasiennya dengam dibantu oleh para dokter dan rekan perawat lainnya.
 

2. It’s Okay to Not Be Okay (2020)

It's Okay To Not Be Okay mengisahkan tentang kehidupan Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) seorang perawat di bangsal psikiatri. Dia memiliki seorang kakak dengan spektrum autisme. Seluruh kehidupannya didedikasikan untuk merawat sang kakak, sehingga dia tak punya waktu untuk dirinya sendiri.

Moon Gang Tae dipertemukan dengan Ko Moon Young (Seo Yea Ji) seorang penulis buku anak-anak yang sikapnya sangat dingin. Ko Moon Young menulis buku anak-anak dengan realistis, semua itu berasal dari luka masa lalunya yang belum sembuh. Pertemuan tersebut membuat keduanya secara perlahan mulai menyembuhkan luka emosional satu sama lain. 
 

3. Soul Mechanic (2020)

Soul Mechanic dibintangi oleh aktor Shin Ha Kyun dan aktris Jung So Min. Menceritakan tentang kehidupan para psikiater yang melakukan segala upaya untuk membantu menyembuhkan pasiennya dari luka emosional mereka.

Bukan dengan obat-obatan, melainkan menggunakan berbagai terapi yang efektif mengembalikan kondisi pasien seperti semula. Masalah kesehatan mental yang diangkat dalam drama ini juga beragam seperti gangguan kecemasan, depresi, trauma, hingga skizofrenia.
 

4. Forest (2020)

Forest dibintangi oleh Park Hae Jin dan Jo Bo Ah. Sinopsisnya mengisahkan tentang Kang San Hyeok (Park Hae Jin) anggota tim penyelamat 119 yang sempat mengalami hilang ingatan. Kondisi tersebut membuatnya tidak dapat mengingat masa kecilnya.

Kang San Hyeon dipertemukan dengan Jung Young Jae (Jo Bo Ah),seorang psikiater yang beralih menjadi ahli bedah karena mengalami PTSD. Di rumah Sakit Miryeong yang terletak di hutan misterius, keduanya saling menyembuhkan luka emosional satu sama lain dan mengungkap rahasia dari masa lalu San Hyeok.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Buku Biografi Iravati Mangunkusumo Sudiarso, Kiprah 6 Dekade Sang Empu Pianis Indonesia

BERIKUTNYA

TRUST Orchestra Sukses Hadirkan Konser Megah The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: