D.O. (tengah) dalam film Swing Kids. (Next World Entertainment)

Gak Cuma Bisa Nyanyi dan Tari, Ini Idol yang Jadi Langganan Film dan TV

04 May 2021   |   15:45 WIB

Terkadang ketika kita menonton drama Korea atau sedang menonton film Korea, ada beberapa wajah yang enggak asing di layar kaca. Familier, karena kadang kita juga menyadari keberadaan mereka di dalam aktivitas bermusik, baik itu hanya bernyanyi maupun yang sambil menari.

Umumnya, ada sebuah sebutan bagi para idol yang juga berkarir sebagai aktor: actor-dol atau kepanjangannya actor-idol. Gampangnya, actor-dol ini umumnya merupakan idol yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai aktor atau mereka yang menjalani pekerjaan sebagai idol K-pop dan aktor di saat yang bersamaan.

Mau tahu idol K-pop mana saja yang juga jadi aktor? Yuk kulik profil singkat mereka di bawah ini.

1. D.O. (EXO)

D.O. dalam film Swing Kids - Next World Entertainment

D.O. dalam film "Swing Kids" berperan sebagai Ro Ki-soo, tentara Korea Utara yang menyukai tap dancing. - Next World Entertainment

Debut sebagai artis K-pop dalam boy group EXO pada 2012, laki-laki bernama lengkap Do Kyung-soo ini memulai debut aktingnya dalam drama To The Beautiful You yang tayang pada 2012. Saat itu, dia berperan sebagai salah satu anggota grup EXO-K.

Meski debutnya dimulai dengan peran di layar televisi, dia lebih banyak dikenal karena perannya di dalam beberapa film seperti Cart (2014), My Annoying Brother (2016), dan Swing Kids (2018). Beberapa di antara film dan televisi tersebut membuahkan penghargaan baginya, misalnya Penghargaan Seni Baeksang sebanyak tiga kali untuk kategori Aktor Terpopuler pada 2016, 2017, dan 2019.

Proyek terbaru yang dia jalankan adalah film The Moon dan Secret yang menjadi dua proyek pertama yang dia jalankan setelah menyelesaikan wajib militer pada Januari 2021 lalu.

2. Hyeri (Girls’ Day)

Hyeri berperan sebagai Lee Dam, mahasiswi berusia 22 tahun yang tidak sengaja menelan sebuah kelereng milik seorang gumiho bernama Shin Woo-yeo. - tvN

Hyeri berperan sebagai Lee Dam, mahasiswi berusia 22 tahun yang tidak sengaja menelan sebuah kelereng milik seorang gumiho bernama Shin Woo-yeo, di dalam drama "My Roommate is a Gumiho." - tvN

Artis K-pop yang kini beralih sebagai aktris ini mengawali karir aktingnya dalam serial drama Tasty Life pada 2012 lalu sebagai salah satu aktris utama. Tetapi, namanya kemudian melambung ketika serial drama seri Reply keluaran tvN, Reply 1988, meroket setelah episode terakhirnya mencapai rating tertinggi di antara serial drama di stasiun televisi kabel pada 2016.

Berkat performanya dalam drama tersebut, dia mendapatkan sejumlah nominasi dalam beberapa penghargaan film dan televisi. Di antara sekian nominasi tersebut, dia mendapatkan beberapa penghargaan seperti Pendatang Baru untuk Penghargaan Drama SBS pada 2016 serta Penghargaan Bintang APAN 2016 untuk kategori Aktris Pendatang Baru Terbaik.

Tahun ini, Hyeri terlibat sebagai salah satu pemeran utama dalam drama fantasi di stasiun televisi tvN yang berjudul “My Roomate is a Gumiho”.

3. Eunji (Apink)

Eunji menjadi So-hee yang merupakan salah satu anggota tim eksplorasi supranatural dalam film

Eunji menjadi So-hee yang merupakan salah satu anggota tim eksplorasi supranatural dalam film "0.0MHz." - Smile Ent/Capital One/Korean Film Council

Eunji atau yang bernama lengkap Jung Eun-ji merupakan salah satu personil girl group Apink yang telah lama berkecimpung dalam proyek serial drama dan film Korea. Debutnya dimulai dengan peran utama dalam sebuah drama milik stasiun televisi tvN yang berjudul Reply 1997pada 2012.

Sejak kepopulerannya dalam bagian pertama drama seri Reply itu, Eun-ji menerima beberapa peran dalam drama populer seperti That Winter, The Wind Blows dan Reply 1994 (2013) serta mendapatkan peran utama dalam drama Cheer Up! (2015) dan Untouchable (2017-2018).

Dengan deretan proyek yang telah ia kerjakan, ia berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan, beberapa di antaranya adalah Penghargaan Drama SBS untuk kategori Penghargaan Pendatang Baru pada 2013 dan Penghargaan Drama KBS untuk kategori Penghargaan Aktris Populer di tahun berikutnya.

4. Chani (SF9)

 

Chani

Chani berperan sebagai Hwang Woo-joo yang merupakan anak angkat di keluarga Hwang dalam drama "SKY Castle." - JTBC

Kang Chan-hee atau yang lebih dikenal sebagai Chani memulai karir aktingnya sejak usia belia dalam sebuah drama yang berjudul “Can You Hear My Heart” pada 2011 lalu, sebelum akhirnya debut bersama boy group SF9 pada 2016.

Setelah berkarir sebagai aktor selama 10 tahun, Chani mulai dikenal karena peran utama kedua dalam drama populer “SKY Castle” (2018-2019) dan peran pembantu dalam drama “True Beauty” (2020-2021).

Proyek terbarunya yang akan datang adalah serial drama yang bercerita tentang kehidupan artis K-pop, “Imitation,” yang akan rilis pada 7 Mei mendatang.

5. Sungjae (BTOB)

Mystic Pop-Up Bar

Dalam drama "Mystic Pop-Up Bar," Sungjae berperan sebagai seorang karyawan part-time dari kedai minuman bernama Han Kang-bae. - JTBC

Mulai masuk ke dalam industri hiburan pada 2012, Yook Sung-jae atau yang dikenal sebagai Sungjae debut bersama dengan boy group BTOB dan setahun setelahnya dia mulai ikut berpartisipasi sebagai aktor untuk drama Mnet-tvN yang berjudul “Monstar”.

Puncak karirnya sebagai aktor terjadi ketika ia membintangi drama populer keluaran KBS2 “Who Are You: School 2015” pada 2015 dan setahun setelahnya membintangi drama stasiun televisi tvN yang berjudul “Guardian: The Lonely and Great God” atau yang lebih dikenal publik sebagai “Goblin”.

Selama berkarir sebagai aktor selama kurang lebih 7 tahun, ia berhasil meraih beberapa penghargaan yakni Penghargaan SBS Drama untuk kategori Pendatang Baru (2015), KBS Drama untuk kategori Pasangan Terbaik (2015), dan Penghargaan Korea Drama untuk kategori Aktor Pendatang Baru dan Star Awards (2017).

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Menjajal Kamera 108MP di Ponsel Kelas Menengah

BERIKUTNYA

Tren Video Vertikal Merambah Industri Sinema

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: