Ilustrasi orang belanja. (Sumber gambar: freestocks/Unsplash)

Ide Ucapan & Twibbon Hari Jomblo Sedunia, Ternyata Erat Kaitannya dengan Belanja

11 November 2023   |   08:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika orang-orang yang memiliki pasangan merayakan Hari Valentine, mereka yang lajang punya Hari Jomblo Sedunia atau World Singles Day yang dirayakan pada 11 November tiap tahunnya. Seperti namanya, ini adalah peringatan bagi orang-orang yang lajang untuk membahagiakan diri mereka sendiri. 

Mulanya, Hari Jomblo Sedunia dirayakan oleh para lajang di China untuk memanjakan diri mereka dengan makan malam lezat, atau berbelanja barang-barang yang mereka sukai. Berangkat dari hal tersebut, World Singles Day justru telah menjadi hari belanja online paling menguntungkan di dunia, atau yang dikenal dengan momentum tanggal kembar 11.11.

Mengutip Investopedia, perayaan Hari Jomblo Sedunia bermula pada 1993, ketika empat mahasiswa laki-laki lajang di asrama Mingcaowuzhu Universitas Nanjing China merayakan momen semacam anti-Hari Valentine. Mereka memilih merayakannya pada 11 November, karena 11/11 mewakili empat orang lajang yang berdiri bersama. 

Baca juga: Cowok Jomblo Wajib Tahu, Ini Kriteria Utama Pria Idaman Wanita

Alih-alih meratapi kesendiriannya, empat laki-laki tersebut bersepakat untuk merayakan kelajangan mereka dengan kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari mengadakan pesta, makan malam yang enak, memanjakan diri dengan hadiah, hingga menghabiskan malam di kota.

Kegiatan tersebut dengan cepat menyebar ke seluruh universitas, termasuk kampus-kampus lain yang dilakukan baik oleh pria maupun wanita. Penyebarannya meningkat seiring dengan penggunaan media sosial, dan acara ini menjadi semakin populer dalam budaya dan masyarakat China modern.

Kendati identik dirayakan oleh kaum jomblo, World Single Day yang memiliki angka cantik 11.11 juga pada perkembangannya menjadi tanggal populer untuk merayakan hubungan. Ribuan pasangan melangsungkan pernikahan di China pada tanggal tersebut, jauh lebih besar dari jumlah rata-rata harian yang berjumlah ratusan pernikahan.

Kondisi itu pun akhirnya ditangkap sebagai peluang bisnis yang menjanjikan oleh CEO Alibaba, Daniel Zhang. Melansir Vox, pada momentum Hari Jomblo Sedunia pada 2009, Alibaba mulai menggunakan perayaan itu sebagai festival belanja 24 jam yang menawarkan diskon di ecommerce dan hiburan secara offline

World Singles Day dirayakan untuk menebar promo belanja. (Sumber gambar: Markus Spike/Unsplash)

Kala itu, Alibaba berhasil meraup penjualan hingga US$7 juta hanya dalam sehari. Perusahaan tersebut akhirnya go public di Bursa Efek New York pada 2014. Setahun berselang, World Guinness Record mencatat bahwa perayaan World Singles Day, menciptakan pendapatan penjualan online tertinggi yang dihasilkan oleh satu perusahaan dalam kurun waktu 24 jam senilai US$14 miliar.

Dua raksasa ecommerce lainnya, TaoBao dan JD.Com juga mencatatkan keuntungan yang fantastis berkat perayaan World Singles Day. Mengutip dari studycil.org, pada 2019, mereka tercatat menghasilkan penjualan sebesar US$60 miliar dalam satu hari. Seiring waktu, Hari Jomblo Sedunia pun berubah menjadi hari belanja online dan offline terbesar di dunia.

Sejak saat itu, Singles Day menjadi identik dengan belanja, mirip dengan Black Friday dan Cyber Monday pascaperayaan Thanksgiving di AS. Pada 2021, Alibaba mencatatkan penjualan senilai US$84,5 miliar di seluruh platform online pada Singles' Day. Angka itu meningkat pesat dari tahun 2019 yang mengumpulkan pendapatan sebesar US$38,4 miliar.

Singles' Day juga direpresentasikan sebagai acara budaya. Alibaba biasanya mengadakan festival perayaan besar pada malam sebelum hari belanja terbesarnya, dan pernah menampilkan selebriti global termasuk Nicole Kidman pada 2017, Taylor Swift di gala Shanghai Alibaba pada 2019, dan Katy Perry yang tampil dalam siaran langsung pada 2020.

Bukan sekadar acara berbelanja, perayaan itu juga menjadi momentum masyarakat dapat berpesta untuk bersosialisasi dan bertemu dengan orang lain, serta mempraktikkan tradisi merayakan kehidupan lajang yang bebas.

Tak hanya di China, World Singles Day juga dirayakan di sejumlah negara lainnya. Hari raya ini semakin berkembang di Asia Tenggara. Pada 2017, pasar Lazada Asia Tenggara mencatatkan total 6,5 juta transaksi dari momentum tersebut. Di Indonesia misalnya, 11 November dijuluki oleh beberapa situs e-commerce sebagai Harbolnas atau akronim Hari Belanja Online Nasional, meskipun biasanya berlangsung pada  12 Desember.

Sementara di Inggris Raya, Hari Jomblo Nasional dirayakan pada 11 Maret. Hal ini diprakarsai oleh sekelompok pakar kencan yang diakui secara internasional untuk membantu para lajang menerima status lajang mereka atau melakukan sesuatu untuk mengatasinya. MediaMarkt, sebuah perusahaan Jerman, juga mempromosikan Singles' Day di toko mereka. 
 

Ucapan & Twibbon Hari Jomblo Sedunia

Ada banyak cara untuk merayakan atau memaknai Hari Jomblo Sedunia. Kalian bisa menjadikan hari ini sebagai momen untuk merayakan kemandirian, kebebasan, dan kebahagiaan pribadi tanpa adanya ketergantungan pada hubungan. Berikut adalah ucapan dan twibbon yang bisa kalian gunakan untuk merayakan Hari Jomblo Sedunia. 
 

Ucapan

  1. Hari Jomblo Sedunia adalah hari untuk merayakan cinta pada diri sendiri. Jadi, beri dirimu pelukan ekstra hari ini!
  2. Kebebasan bukanlah sesuatu yang harus dicari, tetapi sesuatu yang harus dirayakan. Selamat Hari Jomblo!
  3. Tidak ada yang lebih indah daripada mencintai dan merayakan diri sendiri. Selamat Hari Jomblo!
  4. Jangan biarkan status jomblo mendefinisikan kebahagiaan Anda. Anda adalah penulis kisah cinta Anda sendiri!
  5. Hari ini adalah untuk merayakan kehidupan yang luar biasa yang kita bangun sendiri. Selamat Hari Jomblo!
  6. Jomblo bukanlah hal yang memalukan, tetapi kesempatan untuk mengejar impian dan fokus pada diri sendiri. Selamat Hari Jomblo!
  7. Merayakan kesendirian adalah langkah pertama menuju mencintai diri sendiri sepenuhnya. Selamat Hari Jomblo!
  8. Hari Jomblo adalah kesempatan untuk merayakan kebebasan kita dan menghargai diri sendiri tanpa batasan.
  9. Jangan menunggu seseorang untuk membuat hidup Anda berarti. Hidup Anda adalah kisah cinta yang luar biasa. Selamat Hari Jomblo!
  10. Kesendirian bukanlah kekurangan, tetapi kekuatan untuk menentukan hidup kita dengan caranya sendiri. Selamat Hari Jomblo!


Twibbon

  1. https://www.twibbonize.com/100daysjomblo
  2. https://www.twibbonize.com/miracle-101days
  3. https://www.twibbonize.com/junajomblo
  4. https://www.twibbonize.com/150days
  5. https://www.twibbonize.com/kangmasdadang01
  6. https://www.twibbonize.com/100hariaasajomblo
  7. https://www.twibbonize.com/jomblo-day
  8. https://www.twibbonize.com/jomblo-day
  9. https://www.twibbonize.com/sapataujadianheh
  10. https://www.twibbonize.com/jomblo123
Baca juga: 4 Tips Memilih Asuransi Buat Kalian yang Masih Jomblo

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sarat Makna, Dinda Ghania Bawakan Lagu "Janji Pada Hati" Ciptaan Andmesh Kamaleng

BERIKUTNYA

Resep Cireng Ayam Pedas, Enak Buat Camilan Akhir Pekan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: