Ilustrasi pria (Sumber gambar: Brooke Cagle/Unsplash)

Cowok Jomblo Wajib Tahu, Ini Kriteria Utama Pria Idaman Wanita

30 November 2022   |   11:26 WIB

Setiap wanita, pasti memiliki kriteria pria idealnya masing-masing. Dari beberapa kriteria tersebut, biasanya wanita akan tertarik pada seorang pria, bahkan tak jarang hingga jatuh cinta. Namun, kita tentu penasaran, sebenarnya seperti apa kriteria utama yang membuat wanita tertarik terhadap seorang pria saat ini?

Menurut laporan ZAP Beauty Index 2023, kepribadian yang baik (good personality), pintar, dan wangi, menjadi kriteria utama yang membuat wanita tertarik terhadap seorang pria. 

Baca juga13 Mitos Korea Selatan, Salah Satunya Bisa Bikin Hubungan Percintaan Kandas

Survei mengenai kebiasaan dan preferensi kecantikan wanita Indonesia yang diadakan oleh ZAP dan Markplus itu melibatkan sekitar 9.000 wanita berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia.

Rupanya, para wanita masih menaruh perhatian yang tinggi terhadap penampilan fisik pria. Laporan itu menemukan bahwa sebanyak 73,2 persen responden wanita menyukai pria dengan tinggi badan di atas rata-rata.

Selain itu, hidung yang mancung dan bahu/dada yang bidang juga dapat membuat para wanita mudah jatuh hati.

 

Ilustrasi pria melakukan perawatan kulit (Sumber gambar: Safia Shakil/Unsplash)

Ilustrasi pria melakukan perawatan kulit (Sumber gambar: Safia Shakil/Unsplash)

Menariknya, kini para wanita juga tidak lagi menganggap skincare dan treatmen hanya penting diperuntukkan bagi mereka. Para wanita menganggap untuk menjadi sosok ideal, para pria juga perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik.

Hal itu merujuk pada hasil survei yakni sebanyak 61 persen responden menganggap menggunakan skincare setiap hari merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh pria. Bahkan, sebanyak 82,8 persen responden mengapresiasi para pria yang merawat kulitnya secara ekstra dengan mengunjungi klinik.

Hasil survei itu sejalan dengan temuan ZAP Beauty Index 2021 yang menyebutkan bahwa sebanyak 98,8 persen responden wanita setuju bahwa pria memerlukan perawatan kulit. Temuan ini tentu mematahkan stigma bahwa perawatan diri hanya identik dengan wanita. Padahal sebaliknya, wanita justru menyukai pria yang peduli dengan penampilan diri.

Sementara itu, survei yang dilaporkan oleh Barra for Men menyebutkan bahwa 7 dari 10 pria memiliki kesadaran tentang pentingnya perawatan kulit tidak hanya untuk menjaga kesehatannya, tapi juga memberikan pengaruh terhadap impresi awal dan kepercayaan diri seseorang.

"Kendati demikian, kebanyakan pria tetap memilih tidak merawat kulit karena mengaku hal ini akan mengurangi maskulinitas," demikian tulis laporan tersebut.

Dalam survei tersebut, para responden pria mengaku berencana untuk merawat kulit di masa mendatang. Mereka mempunyai keinginan untuk melakukan perawatan kulit yang simpel dan efektif membuat kulit sehat namun tetap terlihat maskulin.

Paradigma dan stigma bahwa merawat kulit hanya dilakukan kaum hawa mungkin tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Dari sudut pandang psikologi, perawatan kulit yang diasosiasikan hanya untuk wanita adalah stigma yang tercipta dan salah satu bentuk dari maskulinitas toksik.

Baca juga: Hati-hati Pasangan Muda, Uang Bisa Jadi Peretak Hubungan Rumah Tangga

Padahal, walau secara biologis ada perbedaan antara kulit pria dengan wanita, keduanya sama-sama membutuhkan perawatan agar kesehatannya tetap terlindungi. Sebab, kulit sehat memberikan dampak positif terhadap penampilan seseorang secara menyeluruh.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Cek Fakta Pertandingan Polandia vs Argentina

BERIKUTNYA

Yuk Kenali Masalah yang Sering Dialami Pasien Kanker Payudara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: