Ilustrasi menonton film (Sumber gambar: Unsplash/Bernardbodo)

5 Rekomendasi Film Indonesia yang Cocok Ditonton untuk Merayakan Hari Ayah Nasional

11 November 2023   |   12:00 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Hari Ayah Nasional diperingati setiap 12 November. Momen ini bisa menjadi kesempatan untuk mengapresiasi ayah yang digambarkan sebagai sosok pejuang dan pelindung keluarga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan hari penting itu, misal dengan memberi hadiah atau menonton film bertemakan ayah. 

Ya, menonton film bertema ayah bisa jadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merayakan momen itu dan mengapresiasi orang tua. Apalagi, jika bisa disaksikan langsung bersama mereka. Tidak perlu bingung soal film apa yang harus ditonton, berikut rekomendasi film Indonesia yang cocok Genhype saksikan dalam rangka merayakan Hari Ayah Nasional. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Hadiah Sederhana & Menyentuh untuk Merayakan Hari Ayah Nasional


1. Miracle In Cell No.7 (Versi Indonesia - 2023)


Film pertama yang bisa Genhype tonton yaitu, Miracle In Cell No.7. Diadaptasi dari film Korea dengan judul yang sama, film tersebut bercerita tentang Dodo Rozak (Vino G Bastian), sosok orang tua yang ingin menjadi ayah terbaik untuk putrinya, Kartika (Graciella Abigail).

Dalam film tersebut, Dodo merupakan ayah dengan kondisi khusus sehingga berpikir dan bertingkah seperti anak-anak. Kendati begitu, Dodo dan Kartika saling menyayangi satu sama lain. Sial bagi Dodo, di saat dirinya ingin menolong anak perempuan yang jatuh ke kolam renang, dia malah dituduh sebagai pemerkosa dan pembunuh anak tersebut.

Dodo kemudian dimasukkan ke penjara tepatnya di sel nomor 7. Di sinilah beragam kisah dengan para napi tercurahkan mulai dari sedih, lucu hingga tiba momen para napi membantu Kartika untuk bertemu sang ayah di dalam sel.

Film tersebut disutradarai Hanung Bramantyo dan diproduksi oleh Falcon Pictures. Film ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama Indonesia, seperti Vino G. Bastian, Indro Warkop, Mawar De Jongh, Tora Sudiro, Bryan Domani, dan lainnya. 
 

2. Sabtu Bersama Bapak (2016)


Film selanjutnya adalah Sabtu Bersama Bapak. Film tersebut menceritakan tentang Gunawan (Abimana Aryasatya), seorang suami yang hanya memiliki hidup satu tahun lagi lantaran memiliki penyakit cukup berat. Namun, Gunawan tidak mau jika vonis penyakit yang dia miliki itu membuatnya tak bisa bahagia bersama keluarganya.

Gunawan lantas membuat banyak rekaman berisi nasihat seorang ayah maupun kisah-kisah yang ingin dicurahkan kepada anaknya. Setelah Gunawan meninggal, Istri Gunawan, Itje (Ira Wibowo) menyuruh kedua anaknya bertemu sang bapak dalam satu kali seminggu setiap hari Sabtu lewat aktivitas menonton rekaman tersebut.

Sabtu Bersama Bapak adalah film drama Indonesia yang dirilis 5 Juli 2016. Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Adhitya Mulya. Film tersebut disutradarai oleh Monty Tiwa dan diproduksi oleh Maxi Picture.

Monty Tiwa menggandeng sederet aktor dan aktris ternama untuk terlibat dalam film tersebut seperti Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Arifin Putra, Deva Mahenra, Acha Septriasa, Sheila Dara Aisha, Ernest Prakasa s dan masih banyak yang lainnya. 
 

3. Keluarga Cemara (2019)


Film yang bisa jadi tontonan untuk merayakan Hari Ayah Nasional adalah Keluarga Cemara. Film ini mengisahkan tentang bagaimana perjalanan hidup keluarga Abah (Ringgo Agus Rahman) yang semula hidup nyaman dan mapan, tapi kemudian hari dia mendadak bangkrut.

Abah pun mengajak keluarganya pindah ke rumah warisan yang cukup jauh dari kota. Dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang ada, Abah berusaha menjadi kepala keluarga serta ayah yang baik untuk anak-anaknya. Untung saja, Emak (Nirina Zubir) tak pernah lelah mendampinginya dan berusaha menjadi sandaran saat mereka sedih.

Keluarga Cemara adalah film Indonesia yang diadaptasi dari cerita bersambung yang dimuat dalam sebuah majalah dan setelahnya menjadi novel karya Arswendo Atmowiloto. Film Keluarga Cemara resmi rilis di bioskop seluruh Indonesia pada 3 Januari 2019.

Film ini diarahkan oleh Yandy Laurens yang juga menulis naskahnya bersama Ginatri S Noer, dan diproduksi oleh Visinema Pictures. Film Keluarga Cemara dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti, Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara, Widuri Sasono, Asri Welas, dan Gading Marten. 
 

4. Tampan Tailor (2013)


Film lain yang bisa jadi tontonan adalah Tampan Tailor. Film tersebut menceritakan kisah Topan (Vino G Bastian) dan sang anak Bintang (Jefan Nathanio). Topan berprofesi sebagai seorang penjahit yang hidup dalam kemiskinan.

Sang anak hampir dikeluarkan dari sekolah lantaran sering menunggak uang sekolah. Topan tak lantas putus asa, dengan dibantu sepupunya Darman (Ringgo Agus Rahman), Topan dapat kembali bekerja serabutan mulai dari calo tiket kereta, kuli bangunan, hingga menjadi stuntman atau pemeran pengganti.

Semangat Topan yang luar biasa memikat hati Prita (Marsha Timothy), gadis penjaga kios di samping stasiun kereta. Dengan bantuan Prita, akhirnya Topan dapat kembali bangkit dan mengembalikan semua mimpinya.

Disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan diproduksi oleh Maxima Pictures. Dalam film ini sang sutradara menggandeng beberapa aktor dan aktris ternama seperti Vino G Bastian, Jefan Nathanio, Ringgo Agus Rahman dan Marsha Timothy. 
 

5. Sejuta Sayang Untuknya (2020)


Rekomendasi selanjutnya adalah film Sejuta Sayang Untuknya yang menceritakan perjuangan seorang ayah bernama Aktor Sagala (Deddy Mizwar) untuk selalu membahagiakan anak semata wayangnya, Gina (Syifa Hadju). Sebagai single parent, ayah Gina dituntut sebagai pencari nafkah, mengurus berbagai keperluan rumah tangga, dan hal paling penting. Dia bertekad bahwa Gina harus tumbuh dengan baik dan berpendidikan tinggi.

Aktor adalah sosok ayah yang selalu bersikap hangat kepada Gina. Sosok pelindung dan pengayom. Dia tak pernah mencoba untuk menutupi kenyataan hidup yang dihadapinya sebagai aktor figuran dalam tiap produksi film. Banyak akting yang dimainkan oleh Aktor Sagala, tapi peran yang paling disukai adalah peran menjadi Papa Gina. 

Gina, tumbuh sebagaimana umumnya remaja usia SMA. Gaul dan punya prestasi bagus di sekolahnya. Di antara kehangatan cinta mereka, hadir Wisnu (Umay Shahab) teman satu sekolah Gina yang datang dengan cinta pula. Mereka bicara cinta, tapi tak satu pun terucap kata cinta. Bagi mereka cinta harus berwujud nyata, bukan sekedar kata-kata.

Film ini disutradarai oleh Herwin Novianto dan diproduksi oleh MD Pictures. Sang sutradara dalam film ini menggandeng beberapa aktor dan aktris ternama seperti Deddy Mizwar, Syifa Hadju, Umay Shahab dan lain sebagainya.

Baca juga: Beda Hari Ayah Nasional dengan Hari Ayah Sedunia, Simak Sejarahnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

10 Bintang Teratas Trending Star Siap Bertarung, Juri Spill Kriteria Bakal Calon Pemenang

BERIKUTNYA

Sarat Makna, Dinda Ghania Bawakan Lagu "Janji Pada Hati" Ciptaan Andmesh Kamaleng

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: