Mendung Tanpo Udan (Sumber gambar: Youtube/Nant Entertainment)

Sinopsis Film Mendung Tanpo Udan, Tayang 29 Februari di Bioskop

28 February 2024   |   19:19 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Film Mendung Tanpo Udan merupakan karya sinema yang diadaptasi dari lagu populer berbahasa jawa karya Kukuh Prasetya Kudamai yang dipopulerkan oleh Ndarboy Genk. Sebelum diangkat ke layar lebar, lagu tersebut lebih dulu diadaptasi menjadi novel dengan judul sama karya Fairuzul Mumtaz.

Film bergenre komedi romantis ini mengisahkan tentang kisah cinta dua sejoli bernama Mendung (Yunita Siregar) dan Udan (Erick Estrada). Udan merupakan mahasiswa seni semester akhir yang sangat terobsesi untuk menjadi musisi. Karakter Udan yang idealis serta cenderung keras kepala, membuatnya kerap dihadapkan oleh beberapa persoalan.

Baca juga: Sukses dengan Agak Laen, Imajinari Rilis Tampilan Perdana Film Kakak Boss

Sementara Mendung merupakan mahasiswi farmasi yang bercita-cita menjadi seorang wanita karier. Mendung digambarkan sebagai karakter perempuan cerdas dan berjiwa independen. Pertemuan mereka yang secara tidak sengaja di dalam sebuah konser musik, membuat keduanya memutuskan untuk menjalin suatu hubungan.

“Jika ada yang bilang cinta membutakan semuanya, aku sangat setuju. Ini bukan kisah Romeo dan Juliet, ini tentang Mendung dan Udan,” demikian sepenggal kalimat yang diucapkan Udan dalam official trailer film.

Namun, hubungan Mendung dan Udan tidak selamanya berjalan mulus. Mereka kerap mendapat penolakan dari orang-orang terdekat Mendung, khususnya Petri (Aulia Deas) sahabatnya. Udan yang hidupnya terlalu menyepelekan berbagai hal, bertolak belakang dengan Mendung yang hidupnya sangat terencana.
 

“Apa yang kamu harapkan dari Udan? Jangan rusak masa depanmu untuk cowok  yang tidak tanggung jawab dengan kuliahnya,” demikian sepenggal kalimat yang diucapkan Petri dalam official trailer film tersebut.

Keduanya seringkali terlibat kesalahpahaman, putus nyambung pun menjadi rutinitas dalam hubungan mereka. Perbedaan cara berfikir antara Mendung dan Udan, membuatnya terjebak antara cinta dan karier. Mendung yang lebih dahulu menyelesaikan kuliah, mulai menjalani kariernya di dunia kerja.

Di sisi lain, Udan yang masih berkutat dengan kehidupan kampusnya tidak kunjung menyelesaikan kuliahnya. Kondisi hubungan mereka semakin pelik ketika muncul sosok Will (Marcel Darwin), pria mapan yang berusaha mendekati Mendung. Meskipun demikian, Udan tetap ingin membuktikan dan berusaha meyakinkan Mendung kalau cintanya tulus dari hati.

Film Mendung Tanpo Udan digarap oleh sutradara Kris Budiman berdasarkan naskah yang ditulis oleh Gianluigi Christoikov. Sebelumnya, sang sutradara yang merupakan dosen di Program Studi Kajian Budaya dan Media, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, kerap menciptakan beberapa karya sastra seperti, puisi, buku maupun novel. 

Beberapa buku maupun novel karya Kris Budiman antara lain, Ajang Perseteruan Manusia: Sebuah Kajian Semiotik atas Opera Jawa Garin Nugroho (2015), Dari Dee ke Leo Kristi (2017), Bentang Tubuh, Batu, dan Hasrat: Sejumlah Esai Seni Rupa (2018), Tanah Putih (2019), Langston Hughes: Blues Rindu (2020, sebagai penerjemah) dan lain sebagainya.


Daftar pemeran

Film yang diproduksi oleh Nant Entertainment tersebut turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktris seperti, Yunita Siregar, Erick Estrada, Marcel Darwin dan lain sebagainya. Berikut daftar selengkapnya.

1. Yunita Siregar
2. Erick Estrada
3. Aulia Deas
4. Marcel Darwin
5. Kery Astina
6. Yanti Pesek
7. Tommy Lim
8. Wavi Zihan
9. Jenda Munthe
10. Narpati Awangga (Om Leo)
11. Rakha Maulana (Kaisar Kumis), dan lain sebagainya

Adapun, film Mendung Tanpo Udan dijadwalkan tayang pada, Kamis (29/2/2024). Jadi, jangan sampai ketinggalan ya Genhype untuk menyaksikan kisah cinta penuh lika-liku antara Mendung dan Udan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Novo Amor Gelar Konser di Jakarta 2 Maret, Ajak Penonton Peduli Lingkungan Lewat Lagu

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Dune: Part Two yang Mulai Tayang di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: