Ilustrasi. (Photo by Pixabay on Pexels)

Beda Hari Ayah Nasional dengan Hari Ayah Sedunia, Simak Sejarahnya

12 November 2021   |   15:15 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Hari Ayah dirayakan di seluruh dunia sebagai bentuk apreasiasi kontribusi para ayah dan figur ayah bagi keluarga dan kehidupan anak-anak. Meskipun dirayakan pada tanggal berbeda di seluruh dunia, Hari Ayah Sedunia jatuh pada hari Minggu ketiga di bulan Juni.

Sementara itu di Indonesia, Hari Ayah Nasional setiap tahunnya dirayakan pada 12 November. Menurut halaman Sahabat Keluarga Kemdikbud, peringatan ini pertama kali dilakukan pada 12 November 2006 dan diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Gagasan untuk memperingati peran ayah dalam keluarga datang dari Lomba Menulis Surat untuk Ibu pada 2004 yang diadakan pada perayaan Hari Ibu oleh PPIP.

(Baca juga: Rekomendasi Hadiah Hari Ayah dari Para Pengguna Reddit)

Pada acara tersebut, mayoritas peserta lomba menanyakan kepada panitia kapan penyelenggaraan lomba menulis surat untuk Hari Ayah karena sosok ayah juga menjadi bagian penting dalam sebuah keluarga.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah Nasional di Surakarta pada 12 November 2016. Pada hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Deklarasi ini juga berlangsung bersamaan dengan Hari Kesehatan dengan mengadopsi semboyan Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Yuk Intip Fitur & Spesifikasi Lengkap All New Ertiga Suzuki Sport FF

BERIKUTNYA

Rekomendasi Hadiah Hari Ayah dari Para Pengguna Reddit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: