Ilustrasi penggunaan tabir surya. (Sumber gambar : Freepik)

3 Kandungan yang Wajib Dimiliki Tabir Surya, Biar Hasilnya Maksimal

08 November 2023   |   20:30 WIB

Penggunaan tabir surya atau sunscreen menjadi penting dalam menghadapi paparan sinar ultraviolet yang masih menyapa warga Jakarta. Meskipun memberikan perlindungan bagi kulit wajah dan tubuh, ada baiknya penggunaan tabir surya tetap disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan.

Ya, setiap produk memiliki komposisi yang berbeda. Untuk memberikan manfaat optimal, Genhype harus teliti dalam memilih produk, terutama mengetahui kandungan yang ada di dalam tabir surya. Benny Yahya, Co-Founder BeautyHaul Group menyampaikan kondisi cuaca panas dan suhu ekstrim perlu diantisipasi. Salah satunya memilih sunscreen dengan SPF tepat yang mampu melindungi kulit hingga ke level DNA.

Baca juga: Ini Pengertian & Cara Tepat Memilih Angka SPF pada Sunscreen

Dia menyarankan untuk memilih sunscreen yang dilengkapi dengan teknologi Intelligent DNA Guardian yang dapat melindungi kulit wajah dan tubuh hingga ke lapisan DNA dari sinar UVA dan UVB, memperkuat skin barrier, dan meningkatkan hidrasi kulit.
 
Alexander Thian, Traveller & Content Creator menyebut sunscreen penting bagi traveler yang beraktivitas di luar ruang. Tabir surya merupakan salah satu solusi untuk mencegah permasalahan seperti kulit gosong, terbakar, hingga terkena kanker kulit. Untuk pemilihan, dia lebih suka tabir surya yang tidak lengket, tidak pilling, tidak menimbulkan whitecast atau light dan tidak meninggalkan residu.
 
Tidak dipungkiri ada beberapa kandungan yang penting dimiliki sunscreen agar kulit benar-benar terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB. Apa saja kandungannya? Simak ulasannya di bawan ini yuk!
 

1. SPF

Sun Protection Factor (SPF) merupakan salah satu kandungan utama sunscreen yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Penulisan SPF pada kemasan tabir surya biasanya diikuti dengan angka. Dari penjelasan Amaterasun, ternyata angka yang tertulis merupakan kode yang menandakan seberapa besar perlindungan yang diberikan oleh sunscreen yang digunakan. 
 
Semakin tinggi angka SPF yang tertulis, maka semakin tinggi pula proteksi yang diberikan oleh sunscreen terhadap kulit. Semakin tinggi SPF yang dimiliki, maka teksturnya pun akan semakin kental dan pekat. Sunscreen yang disarankan untuk digunakan yaitu memiliki SPF minimal 30. Namun kandungan SPF 50+ untuk wajah dan SPF 40 untuk tubuh menjadi pilihan yang tepat.
 

2. Protection Grade of UVA (PA) 

PA memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang bisa menyebabkan munculnya penuaan dini, seperti munculnya garis halus ataupun kerutan pada wajah, perubahan warna kulit, hingga berkurangnya elastisitas dan tingkat hidrasi kulit wajah.  
 
Menggunakan sunscreen bukan hanya untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari saja, tetapi dapat diandalkan sebagai tahapan skincare yang bisa merawat kulit kita dalam jangka panjang. Pilih tabir surya yang memiliki kandungan PA++ hingga PA++++ yang memberikan perlindungan UVA moderat secara maksimal bagi kulit wajah ataupun badan. 
 

3. Intelligent DNA Guardian Technology

Intelligent DNA Guardian Technology mengandung Ethyl Ferulate dan Carnosic Acid yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan DNA akibat paparan sinar UV dan blue light. Selain itu, Intelligent DNA Guardian Technology juga memiliki fungsi dalam memperkuat skin barrier dan meningkatkan hidrasi kulit juga.

Baca juga: 6 Bagian Tubuh yang Sering Lupa Diolesi Sunscreen, Waspadai Bahaya Sinar UV

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Ajang Bintaro Design District 2023 Usung Tema Envisioning Nature

BERIKUTNYA

Simak Sejarah AMI Awards, Ajang Penghargaan Bergengsi Bagi Insan Musik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: