Ilustrasi penggunaan sunscreen (Sumber gambar: Onela Ymeri/Unsplash)

5 Perbedaan Jenis Sunscreen Berdasarkan Tekstur, Sesuaikan dengan Tipe Kulit Kamu

28 September 2022   |   11:03 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Penggunaan sunscreen terbilang sangat penting apalagi saat sedang beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen mampu melindungi kulit dari sinar matahari yang membuat warna kulit menjadi gelap dan tidak merata, memunculkan bintik hitam, penuaan dini pada kulit, hingga lebih jauh berdampak pada kanker kulit.

Dilansir dari Rogel Cancer Center, sekitar 90 persen dari kanker kulit non-melanoma dan 65 persen dari melanoma berhubungan dengan paparan radiasi UV dari matahari. Salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit kulit ini adalah dengan menggunakan sunscreen.

Secara umum, sunscreen terbagi menjadi dua macam yakni chemical sunscreen yang bekerja dengan cara menyerap sinar UVA UVB, serta physical sunscreen yang lebih bekerja sebagai penghalang dengan cara memantulkan sinar UVA dan UVB.

Baca juga: Mengenal Mikrobioma dan Kandungan Skincare yang Aman untuk Kulit

Namun, beberapa orang sering tidak konsisten bahkan tidak nyaman menggunakan sunscreen. Ada berbagai alasan yang melatarbelakanginya, misalnya wajah menjadi lebih berminyak, atau bahkan tampak lebih kusam saat menggunakan sunscreen.

Hal ini mungkin tidak terjadi jika pengguna mengetahui jenis sunscreen dari teksturnya yang bisa disesuaikan dengan tipe kulit. Yuk simak ulasan berikut!


1. Sunscreen gel

Sunscreen gel (Sumber gambar: Dusan Jovic/Unsplash)

Sunscreen gel (Sumber gambar: Dusan Jovic/Unsplash)


Sunscreen gel merupakan salah satu jenis sunscreen yang paling banyak ditemui di pasaran. Teksturnya yang lebih watery dan ringan membuat jenis sunscreen ini cocok untuk kulit kombinasi hingga berminyak.

Sunscreen gel cenderung tidak lengket dan cepat meresap ke dalam kulit. Biasanya sunscreen jenis ini juga dilengkapi dengan kandungan collagen dan hyaluronic acid yang membuat kulit tetap lembap namun tidak berminyak, sehingga hidrasi kulit lebih terjaga.
 

2. Sunscreen lotion

Sunscreen lotion (Sumber gambar: Batch by Wisconsin Hemp/Unsplash)

Sunscreen lotion (Sumber gambar: Batch by Wisconsin Hemp/Unsplash)


Tekstur sunscreen lotion ini lebih milky dan kental dibanding gel. Saat diaplikasikan ke kulit wajah, sunscreen lotion terasa seperti penggunaan moisturizer yang sedikit lebih berat. Untuk kamu yang memiliki kulit normal, sebaiknya gunakan sunscreen ini agar terhindar dari paparan sinar UV.
 

3. Sunscreen spray

Sunscreen spray (Sumber gambar: Mikhail Nilov/Pexels)

Sunscreen spray (Sumber gambar: Mikhail Nilov/Pexels)


Jenis sunscreen ini sedang marak digunakan oleh kalangan anak muda. Selain lebih praktis dan higenis, sunscreen spray memiliki tekstur cair seperti toner yang mudah meresap ke kulit. Karena lebih higenis, kamu tidak perlu takut sunscreen ini mengiritasi, terutama yang memiliki kulit sensitif.
 

4. Sunscreen cream

Sunscreen cream (Sumber gambar: Arthur Pereira/Unsplash)

Sunscreen cream (Sumber gambar: Arthur Pereira/Unsplash)


Sunscreen cream memiliki tekstur yang lebih kental dibanding jenis lotion. Untuk kamu yang memerlukan kelembaban maksimal, sunscreen cream akan sangat cocok untuk digunakan.

Biasanya kandungan pelembap pada jenis ini bersifat oily sehingga cocok untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang cukup lama. Sunscreen ini direkomendasikan untuk tipe kulit kering.
 

5. Sunscreen stick

Sunscreen stick (Sumber gambar: Yue Su/Unsplash)

Sunscreen stick (Sumber gambar: Yue Su/Unsplash)


Memiliki tekstur yang lebih padat namun ringan, tipe kulit normal disarankan menggunakan sunscreen jenis ini. Selain bisa lebih mudah di re-apply, sunscreen ini juga lebih praktis sehingga cocok untuk dibawa bepergian.

Bagi yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunan sunscreen stick karena belum terjamin higenitasnya ketika sudah sering digunakan.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Sunscreen & Sunblock

Genhype, itulah beberapa jenis sunscreen yang bisa kamu sesuaikan berdasarkan tipe kulit. Jangan sampai salah menggunakan jenis sunscreen yang dipilih ya!

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

5 Tanaman Hias Pembawa Hoki, Bisa Menjadi Mood Booster hingga Meraih Kemakmuran Pemiliknya

BERIKUTNYA

Cerita di Balik Lagu Rehan yang Viral di Tiktok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: