(Sumber gambar: unsplash/Onelaymeri)

Ini Pengertian & Cara Tepat Memilih Angka SPF pada Sunscreen

26 October 2023   |   17:36 WIB

Sunscreen atau tabir surya merupakan jenis produk perawatan kulit yang wajib digunakan bagi wanita maupun pria, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sudah sejauh apakah perlindungan kalian dalam menghadapi cuaca ekstrem saat ini?

Salah satu caranya, memakai sunscreen sebagai proteksi kulit dari paparan sinar matahari serta dapat mencegah kanker kulit. Meski hanya beraktivitas di dalam ruangan atau bahkan pada saat cuaca mendung pun, ternyata masih terdapat sinar UV yang bisa merusak kesehatan kulit. Jadi, disarankan agar tetap memakai sunscreen.

Banyak rekomendasi sunscreen yang terdapat di pasaran. Mungkin, kalian jadi dibuat bingung karena angka SPF yang berbeda-beda, mulai dari SPF 20, SPF 30, hingga ada yang lebih tinggi dari SPF 50.
Jadi, bagaimana sih, cara menentukan angka SPF yang tepat dan bisa mendukung aktivitas kalian sehari-hari?

Baca juga: Kenali Kadar dan Fungsi SPF di Tabir Surya


Apa itu SPF?

SPF pasti selalu ada di dalam label produk sunscreen. Namun, tahukah Genhype maksud dari SPF dan seberapa penting di dalam sebuah sunscreen?

SPF kepanjangan dari Sun Protection Factor, yang berarti ukuran kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet, terutama UVB yang dapat menyebabkan iritasi kulit seperti kemerahan dan terbakar (sunburn).

Melansir dari verywellhealth, SPF memiliki cara kerja yang unik yaitu dengan memantulkan radiasi yang diberikan oleh UVB agar tidak bisa menembus lapisan kulit. Setelah kalian mengetahui tingkat SPF yang dimiliki oleh sebuah produk sunscreen, maka kalian bisa memahami kemampuan sunscreen tersebut apakah cukup melindungi kulit dari radiasi sinar UV/UVB.


Cara Menghitung SPF pada Sunscreen

Nilai SPF yang terkandung dalam sebuah produk dapat menjadi indikator seberapa lama waktu sunscreen untuk bertahan melindungi kulit. Dari teori yang ada, kulit normal manusia hanya bertahan hanya 10 menit di bawah paparan sinar matahari, maka jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit mampu menahan panasnya sinar matahari tersebut.

Mari simak contohnya:
  • SPF 15, dapat memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 = 150 menit atau 2,5 jam.\
  • SPF 25, dapat memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit..
  • SPF 30, dapat memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam.
  • SPF 50, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.

Nah, angka ini bisa membantu Genhype memilih nilai angka SPF yang cocok kalian gunakan untuk aktivitas sehari-hari.
 

Nilai SPF yang Cocok untuk Iklim Tropis

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, tentu intensitas sinar mataharinya terasa panas hingga menyengat kulit. Untuk Genhype yang sering beraktivitas di luar ruangan apalagi pada siang hari, perlu melindungi kulit lebih maksimal.

Pada kondisi ini, kalian disarankan untuk memilih sunscreen dengan nilai SPF minimal 30 ke atas, seperti SPF 50 sudah cukup melindungi kulit kalian dan memberikan perlindungan maksimal. Jangan lupa, gunakan ulang setiap 2—3 jam sekali untuk perlindungan lebih optimal.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Resep Katan Sarikayo Talua, Kue Manis nan Legit Khas Sumatra Barat

BERIKUTNYA

Ini Dia Tip untuk Mencari Hobi Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: