Sunscreen (Sumber Foto: Freepik)

6 Bagian Tubuh yang Sering Lupa Diolesi Sunscreen, Waspadai Bahaya Sinar UV

20 October 2023   |   09:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, tabir surya atau sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang wajib dimiliki setiap orang. Di tengah cuaca panas yang melanda Indonesia belakangan ini, sepertinya kita tak boleh lupa untuk mengaplikasikan suncreen saat hendak beraktivitas di luar ruangan. Dengan begitu kulit terlindungi dari sinar UV yang berbahaya.

Baca juga: Sunscreen Spray VS Krim, Mana yang Lebih Ampuh Melindungi Kulit dari Sinar UV?

Seperti yang diketahui, paparan sinar UV dapat memicu tanda-tanda penuaan dini hingga kanker kulit. Sayangnya, banyak orang kerap melewatkan beberapa bagian tubuh mereka saat mengenakan sunscreen. Padahal, produk ini perlu diaplikasikan pada semua area kulit yang terlihat supaya manfaatnya lebih terasa. 

Mengutip dari everydayhealth, berikut adalah sejumlah bagian tubuh yang seringkali luput diolesi sunscreen.
 

1. Telinga

Akui saja, kamu pasti sering lupa untuk mengoleskan sunscreen ke telinga. Apalagi wanita pemilik rambut panjang, biasanya beranggapan telinga mereka sudah terlindungi dari sinar UV karena terhalang rambut. Padahal kulit telinga juga pasti akan terpapar sinar UV.yang berbahaya.

Telinga adalah salah satu area yang paling umum untuk terkena kanker kulit, terutama di bagian belakangnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengoleskan suncreen yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi lagi untuk meminimalkan risikonya. 
 

2. Kulit Kepala

Kamu pasti heran kenapa kulit kepala perlu diolesi sunscreen. Padahal, bagian kulit tubuh ini paling rentan terekspos sinar UV. Kulit kepala merupakan titik tertinggi dari tubuh yang biasanya mendapat paparan sinar matahari lebih banyak. Kamu tak menyadarinya karena berpikir kulit kepala terlindungi oleh rambut.

Untuk melindunginya, pilihlah sunscreen yang diformulasikan dari bahan-bahan bebas minyak, sehingga tidak memberikan rasa lepek pada rambut. Kamu bisa memilih tabir surya dengan kandungan air tinggi.
 

3. Kelopak mata

Umumnya kelopak mata adalah bagian kulit yang sering dilewati saat mengoleskan skincare, karena bisa membahayakan mata. Oleh karenanya kamu juga pasti berpikir, bagian kulit ini harus dilewati saat menggunakan tabir surya.

Padahal kulit di area sekitar mata sangat tipis, sehingga rentan terhadap tanda penuaan dini, seperti kerutan dan flek hitam. Kamu harus berhati-hati saat mengaplikasikan sunscreen pada area mata, lantaran kulitnya yang tipis dan sensitif. Jangan mengoleskan lapisan yang terlalu tebal. Selain itu, pastikan untuk pakai kacamata hitam saat bepergian ke luar ya!
 

4. Bibir

Sinar UV bisa menyebabkan kanker kulit pada bibir. Oleh karenanya kulit bibir harus selalh terlindungi. Namun, tentunya kamu tidak perlu mengoleskan sunscreen pada bibir karena risiko tertelan. Sebagai alternatifnya pakailah lip balm yang memiliki kandungan SPF. Oleskan setiap 2 jam sekali untuk melindungi bibir dari sinar UV.
 

5. Leher dan Dada

Kamu pasti sering lupa mengoleskan tabir surya pada leher dan dada karena berpikir area ini terlindungi baju. Padahal sekitar 20 persen kasus kanker kulit berkembang di bagian kulit leher dan dada. oleh karenanya oleskan sunscreen pada area ini secara merata. Untuk perlindungan ekstra, pakailah losion yang mengandung SPF juga.
 

6. Kaki

Satu lagi bagian kulit yang sering terlewat saat menggunakan tabir surya, yakni kaki. Bagi kamu yang sering pakai sandal atau sepatu hak yang terbuka, jangan lupa lindungi kakimu dari sinar UV.

Jangan khawatir dengan area telapak kaki karena bagian ini memiliki lapisan sel kulit mati, sehingga terlindungi dari paparan sinar matahari. Namun, dengan kaki bagian atas tetap harus dilindungi pakai sunscreen atau losion ber SPF. Menurut studi dalam Journal of Foot and Ankle Research. Kanker kulit melanoma umumnya sering terjadi pada punggung kaki dan pergelangan kaki.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Luka Keloid dan Upaya Mencegahnya

BERIKUTNYA

Eksplorasi Kuliner khas Sigi yang Kaya Rasa dengan Bahan Utama Cabai dan Garam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: