Ilustrasi aktivitas di bawah sinar matahari (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

Kulit Perih Terbakar Matahari? Yuk Simak 5 Cara Mudah  Mengatasi Sunburn

30 September 2022   |   17:38 WIB

Saat beraktivitas diluar, tubuh manusia akan terpapar berbagai macam hal, seperti polusi hingga sinar ultraviolet dari matahari. Meski mengenakan pakaian serba tertutup, ternyata sinar UVA dan UVB bisa menembus  kulit manusia dengan mudah.

Walaupun sinar matahari memiliki fungsi merangsang produksi vitamin D, terlalu lama terpapar sengatan sinar matahari ternyata bisa berkaibat fatal bagi kesehatan kulit manusia. Sebut saja penuaan dini, kanker kuli, hingga kulit terbakar atau biasa disebut sunburn.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Sunscreen & Sunblock

Tak sedikit orang yang berktivitas berlebihan di bawah sinar matahari merasakan kulit iritasi dan perih akibat sunburn. Untuk itu, diperlukan cara yang tepat dalam mengatasi sunburn. Yuk simak ulasan berikut!
 

1. Mandi

Jangan percaya dengan  mitos tidak boleh mandi setelah berada di bawah paparan matahari. Mandi akan membersihkan kulit sekaligus mengatasi sunburn jika kamu merasakan kulit yang terbakar selama beraktivitas. Untuk kulit yang terasa perih, gunakan sabun yang aman untuk kulit sensitif, misalnya sabun dengan kandungan emolien dan berlabel mild.
 

2. Kompres

Jika kulit terbakar hanya pada salah satu bagian saja, kamu tidak perlu mandi untuk mengatasinya. Cukup kompreskan air dingin pada bagian kulit yang terbakar. Bersihkan kulit dengan air suhu normal, kemudian basahi handuk tipis dengan air dingin kemudian tempelkan pada kulit yang terbakar selama 3 menit. Hindari menempelkan es batu pada kulit yang terbakar secara langsung ya!
 

3. Gunakan krim kortison atau aloe vera gel

Ilustrasi aloe vera gel (Sumber gambar: Nati Melnychuk/Unsplash)

Ilustrasi aloe vera gel (Sumber gambar: Nati Melnychuk/Unsplash)

Untuk meredakan kulit yang terbakar, gunakan pelembap berbahan basar gel yang menenangkan untuk kulit. Misalnya, gunakan aloe vera gel yang terkenal bisa membantu memulihkan kulit yang iritasi dan terbakar.

Kandungan vitamin A, viotamin C, dan vitamin E juga bisa menekan dehidrasi yang terjadi pada kulit terbakar. Sedangkan untuk kulit yang terbakar parah, gunakan krim kortison yang mampu menekan reaksi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh non-infeksi seperti paparan sinar matahari.

Sementara untuk kasus yang lebih berat sepertui kulit melepuh dan mengelupas karena sunburn, sebaiknya kamu segera mengunjungi dokter ya!


4. Minum air putih

Ilustrasi minum air (Sumber gambar: Nigel Msipa/Unsplash)

Ilustrasi minum air (Sumber gambar: Nigel Msipa/Unsplash)


Konsumsi air putih tidak hanya membantu menghidrasi tubuh, tapi juga kulit. Sunburn akan menyerap cairan ke permukaan kulit sehingga tubuh rentan dehidrasi saat berada di bawah sinar matahari. Pastikan untuk minum banyak air atau minuman elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Ini akan membantu luka bakar sembuh lebih cepat.
 

5. Gunakan pakaian longgar

Kulit yang terbakar dan perih akan cenderung terasa tidak nyaman. Usahakan untuk menggunakan pakaian yang longgar dan tidak ketat yang membuat kulit bergesekkan dengan pakaian secara langsung. Pakaian longgar membantu kuklit bernafas lebih leluasa. Pilhlah pakiana longgar berbahan nyaman, seperti tenun atau katun.

Genhype, itulah cara mengatasi sunburn. Sebagai pencegahan dari kulit terbakar, jangan lupa untuk menggunakan sunblock sebelum beraktivitas di luar ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda                                                                                                        
 
SEBELUMNYA

6 Rekomendasi Penginapan Cantik di Semarang, dijamin Healing Makin Seru

BERIKUTNYA

Asal-usul & Fakta Unik Madeleine, Kue Klasik Khas Prancis Berbentuk Cangkang Kerang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: