Ilustrasi mahasiswa yang sedang menyiapkan bisnis yang akan dijalani. (Sumber gambar: Iconis8/Unsplash)

Cek 4 Rekomendasi Bisnis Minim Modal Bagi Mahasiswa, Bisa Diandalkan Buat Biaya Kuliah

08 November 2023   |   14:15 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Genhype, memiliki penghasilan sejak usia muda merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Apalagi, saat ini banyak peluang usaha skala mikro yang dapat dikerjakan oleh semua kalangan usia, termasuk remaja yang tengah menempuh pendidikan di sekolah.

Dengan menjalankan usaha kecil-kecilan ini, kalian dapat menghasilkan uang jajan ataupun membiayai pendidikan sendiri. Dalam masyarakat urban saat ini, terlihat para remaja mulai dari tingkat sekolah menengah hingga mahasiswa mulai membuka usaha sendiri.

Tentu hal ini dapat membantu perekonomian keluarga apalagi dijalankan oleh seorang mahasiswa yang merantau. Omzet dari bisnis yang dijalankan dapat membantu biaya hidup.

Baca juga: Lagi Tren, Gamifikasi Jadi Strategi Jitu Buat Tingkatkan Peluang Bisnis

“Bagi seorang pelajar/mahasiswa memiliki bisnis saat sekolah bisa membantu biaya hidup hingga biaya pendidikan. Namun, dia juga harus tetap mengingat tugas pokok, yakni menuntut ilmu. Jadikan bisnis ini sebagai pekerjaan sampingan,” jelas Maria Silvana  M. Carcia, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Nipa Indonesia Maumere, Rabu (8/11/2023).
 
Lantas bisnis apa saja yang dapat dijalankan oleh seorang pelajar/mahasiswa?. Berikut beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan yang mudah dijalankan menurut dosen yang akrab disapa Ivana ini.


1. Penerjemah Bahasa

Bagi Genhype yang memiliki kelebihan dalam menggunakan bahasa asing seperti, bahasa Inggris, Mandarin, dan Jerman dapat menggunakan kelebihan tersebut sebagai guru privat bahasa asing.

Jenis jasa ini dapat kalian kerjakan saat mengisi waktu senggang atau liburan sekolah. Dalam menjalani pekerjaan ini, kalian tidak memerlukan biaya yang besar, namun dapat memberikan penghasilan yang cukup besar untuk seorang yang masih berstatus sebagai pelajar/mahasiswa.


2. Reseller

Reseller merupakan sebuah sistem bisnis yang dapat dijalankan oleh semua kalangan. Dalam sistem bisnis yang satu ini, kalian akan memasarkan atau mempromosikan produk atau jasa milik orang lain.

Usaha yang satu ini direkomendasikan bagi pelajar karena memiliki keuntungan yang lumayan dan juga dapat dikerjakan secara efektif dan efisien. Pelajar atau mahasiswa dapat mengambil keuntungan sekian persen dari harga asli yang dipatok dari distributor atau produsennya.


3. Vlogger/blogger

Selain beberapa jenis pekerjaan di atas, bagi kalian yang memiliki hobi mengabadikan setiap momen, kalian dapat mencoba menjadi seorang vlogger atau youtuber. Genhype dapat menjadikan aktivitas sehari-hari sebagai konten yang dapat meraup keuntungan.

Selain itu, kalian juga dapat menjalankan bisnis blogger atau menjadi penulis lepas pada sebuah media yang menghasilkan cuan.


4. Jastip

Jenis usaha yang satu ini tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Jastip merupakan singkatan dari jasa titip barang. Jenis usaha ini dapat dikerjakan oleh seorang pelajar atau mahasiswa karena berbagai kemudahannya.

Kalian hanya perlu menggunakan media sosial sebagai alat untuk berinteraksi dengan pelanggan dan jasa pengiriman barang. Potensi keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis yang satu ini juga bisa diandalkan sebagai tambahan biaya hidup atau lainnya.

Baca juga: Catat, 7 Langkah Penting Membangun Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Demikianlah beberapa jenis bisnis kecil-kecilan yang berpotensi mendulang cuan yang lumayan jika dijalani dengan tekun. Lebih lanjut Ivana juga menjelaskan bahwa dalam memulai bisnis-bisnis tersebut, kalian wajib menyiapkan sebuah business plan yang baik.

Genhype dapat melakukan riset terhadap minat dan kebutuhan masyarakat di lingkungan sekitar terhadap sebuah produk atau jasa, sehingga kalian dapat menentukan jenis usaha yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menyantap Kelezatan Gohyong Malaya, Kuliner Viral di Kawasan Menteng

BERIKUTNYA

Girl Group K-Pop IVE Siap Guncang Jakarta Januari 2024, Cek Informasi Seat Plan & Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: