Beberapa judul novel genre misteri & thriller. (Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama)

6 Rekomendasi Novel Misteri & Thriller yang Menegangkan

07 November 2023   |   17:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang tentu punya genre favorit saat memilih buku bacaan. Salah satu genre yang banyak digemari pembaca adalah misteri dan thriller. Meski kerap dikaitkan, kedua genre tersebut sejatinya berbeda. Keduanya memiliki tema cerita utama yang berbeda, sehingga menciptakan kesan yang berbeda pula saat mengikuti kisahnya.

Mengutip laman Reader Voracious, cerita bergenre misteri terutama berkaitan dengan penyelesaian kejahatan dan penegakan keadilan, sedangkan thriller ialah kisah fiksi yang berpusat pada keselamatan dan kelangsungan hidup karakter utama.  

Baca juga: 7 Rekomendasi Novel Slice of Life yang Seru, Cocok untuk Bacaan Santai

Plot dalam kisah misteri biasanya berpusat di sekitar karakter utama yang mengumpulkan petunjuk-petunjuk kejahatan. Plotnya berupa teka-teki besar, dan ketegangannya biasanya berasal dari kesalahan yang dilakukan karakter cerita. Bukan bahaya nyata yang mendorong plot tersebut.

Sedangkan thriller adalah cerita yang cenderung gelap, mengasyikkan, dan menegangkan, serta sangat jarang memadukannya dengan unsur komedi. Tujuan utama genre thriller adalah menciptakan ketegangan dimana karakter utamanya hampir selalu berada dalam bahaya.

Dengan kata lain, novel-novel bergenre thriller biasanya mencurahkan sebagian besar fokusnya pada ketegangan dan ketakutan akan kejahatan di masa depan, bukan kejahatan yang sudah terjadi. Meski demikian, baik misteri maupun thriller, sama-sama merupakan genre yang nyaris tak pernah gagal membuat pembaca penasaran dengan plot ceritanya hingga akhir. 

Bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi novel bergenre misteri dan thriller, berikut adalah 6 judul yang bisa menjadi pilihan bacaan yang seru. 
 

1. Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama - Keigo Higashino

(Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama)

Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama menjadi novel keenam karya penulis Jepang Keigo Higashino yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Penulis kelahiran Osaka itu memang dikenal berkat sejumlah karya novelnya yang bergenre misteri.

Kisahnya sendiri berpusat pada misteri kematian Kamio Eiichi, seorang mantan guru SMP, yang ditemukan tewas tercekik di halaman rumahnya. Polisi kebingungan, sementara si pembunuh lega karena mengira identitasnya tidak akan pernah diketahui oleh siapa pun.

Namun, putri korban muncul bersama pamannya, seorang mantan pesulap eksentrik. Mereka menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi serta mencari tahu siapa pembunuh Kamio Eiichi.
 

2. The Tokyo Zodiac Murders - Soji Shimada

Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama

(Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama)

Novel karya Soji Shimada ini bercerita tentang misteri pembunuhan berantai yang dilakukan seorang psikopat. Anehnya, tindakan pembunuhannya itu dikaitkan dengan astrologi dan zodiak. Kisah bermula pada suatu malam tahun 1936, polisi menemukan surat wasiat aneh berisi rencana untuk menciptakan Azoth, sang wanita sempurna dari potongan-potongan tubuh para wanita muda kerabatnya.

Tak lama sesudah itu, sang putri tertua dibunuh dan keponakan-keponakan perempuannya menghilang. Mayat mereka yang termutilasi ditemukan, dimana semua dikubur sesuai dengan prinsip astrologis yang diuraikan sang seniman. Namun, misteri tetap tak terpecahkan selama lebih dari 40 tahun. 

Semuanya berubah pada 1979, ketika dokumen itu diserahkan kepada Kiyoshi Mitarai, seorang astrolog, peramal nasib, dan detektif eksentrik yang didampingi Kazumi Ishioka, seorang ilustrator dan penggemar kisah detektif. 
 

3. Angsa dan Kelelawar - Keigo Higashino

Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama

(Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama)

Novel karya penulis Keigo Higashino lain yang juga menarik menjadi pilihan bacaan berjudul Angsa dan Kelelawar. Kisahnya mengikuti kehidupan tokoh Shiraishi Mirei dan Kuraki Kazuma yang berubah dalam semalam. Ayah Mirei berakhir menjadi mayat dan ayah Kazuma berakhir menjadi pembunuh. 

Shiraishi Kensuke ditemukan tewas ditikam dalam mobil. Mengingat profesinya sebagai pengacara, mungkin saja ada orang yang mendendam padanya. Namun, Mirei yakin sang ayah adalah sosok yang dihormati karena selalu tulus dan jujur dalam bekerja.

Sementara itu, Kazuma sama sekali tidak percaya ketika ayahnya, Kuraki Tatsuro, yang pendiam mengaku sebagai pembunuh Kensuke. Terlebih lagi ketika dia diberitahu bahwa ini bukan pertama kalinya sang ayah membunuh seseorang. 

Semua bukti sangat meyakinkan, tetapi Mirei dan Kazuma tidak mampu menyingkirkan keraguan dalam hati mereka. Salah satunya adalah keluarga korban yang sedang berduka, sementara yang lain adalah keluarga pembunuh. Mereka bagaikan angsa dan kelelawar, tetapi memutuskan bekerja sama untuk mencari kebenaran, tanpa menyadari adanya kenyataan lain yang jauh lebih menyakitkan. 
 

4. Surat Kematian II, Takdir - Zhou Haohui

Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama

(Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama)

Ditulis oleh novelis asal China Zhou Haohui, Surat Kematian II, Takdir berkisah tentang seorang pembunuh yang menggemparkan kota dengan surat-surat kematiannya. Dia memilih bunuh diri daripada menyerahkan diri ke polisi.

Namun, seminggu kemudian, dua siswa SMA dibunuh dengan kejam. Satu-satunya petunjuk yang ditemukan di TKP adalah surat kematian dari Eumenides. Kapten Luo Fei dan timnya harus menghadapi kemungkinan yang menakutkan. Eumenides memiliki penerus yang akan melanjutkan misinya.

Di sisi lain, surat-surat kematian terus bermunculan dan Eumenides lagi-lagi berhasil mengecoh polisi. Namun, situasi kali ini lebih buruk. Sebab, Eumenides mendapat bantuan dari dalam. Apakah Luo Fei dan timnya mampu mencari tahu siapa informan itu tepat pada waktunya untuk membekuk lawan baru mereka? Atau apakah mereka harus menyaksikan sejarah kembali terulang? 
 

5. Jangan Diklik #5 Kutukan Dosa Selina-Lexie Xu

Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama

(Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama)

Jangan Diklik #5 Kutukan Dosa Selina adalah novel misteri karangan penulis asal Bandung, Lexie Xu. Kisahnya mengikuti tokoh bernama Rex yang benar-benar kacau pada tahun terakhir SMA-nya. Dia terpukul karena sahabatnya, Levan, tewas secara mengerikan saat mereka sedang liburan bersama-sama. Sementara pacarnya, Selina, lenyap tanpa jejak. 

Di sisi lain, Rex resah sejak putus dengan Ayu, karena sang kekasih beralasan sibuk mengejar ketinggalannya di sekolah. Rex yakin misteri kematian Levan berhubungan dengan aplikasi JanganDiklik. Itu artinya Ayu juga berada dalam bahaya. Masalahnya, Ayu tidak ingin berhubungan lagi dengannya. Novel ini akan mengikuti kisah upaya Rex meyakinkan Ayu bahwa mereka harus bekerja sama untuk menghancurkan aplikasi terkutuk tersebut sekali lagi. 
 

6. Teka-Teki Rumah Aneh - Uketsu

Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama

(Sumber gambar: Gramedia Pustaka Utama)

Uketsu adalah pengarang kisah horor asal Jepang yang aktif menulis di internet, sekaligus seorang YouTuber populer. Novelnya yang berjudul Teka-Teki Rumah Aneh berkisah tentang seseorang yang ingin membeli rumah bekas di Tokyo. Namun, ketika mengamati denah rumahnya, dia merasa ada yang ganjil dengan bangunan tersebut. 

Sekilas, bangunan tersebut terlihat seperti rumah-rumah lain pada umumnya, dengan interior yang luas dan terang. Namun, ketika mencermatinya baik-baik, seseorang itu mendapati bahwa memang ada keanehan di sana-sini. Terdapat satu bagian pada tata letak ruangan di rumah dua lantai itu yang menimbulkan tanda tanya besar. Keanehan demi keanehan itu pun bertumpuk, hingga terjalin membentuk satu kenyataan yang sangat mengerikan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Novel Fiksi Terbaru yang Bisa Jadi Bacaan Seru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mau Punya Usaha Jangka Panjang? Cek 8 Hal Penting dalam Business Plan Berikut Ini

BERIKUTNYA

5 Perawatan Eyelash Extension Agar Bulu Mata Tahan Lama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: