Eyelash extension. (Sumber foto: Pexels/RDNE Stock Project)

5 Perawatan Eyelash Extension Agar Bulu Mata Tahan Lama

07 November 2023   |   21:41 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Memiliki penampilan yang indah dipandang merupakan hal yang selalu diperhatikan oleh sebagian wanita. Hal ini tentu saja berkaitan dengan penampilan yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Seseorang yang memiliki penampilan paripurna, tentu akan lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan sesama.

Eyelash extension merupakan salah satu tren kecantikan yang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini. Tidak hanya remaja, menyambungkan bulu mata ini juga diminati oleh semua kalangan hingga ibu-ibu kepala lima.

Baca juga: Cara Aman Melepas Eyelash Extension Sendiri, Jangan Sampai Bulu Mata Asli Ikut Tercabut

Sebagai sebuah inovasi dari teknologi, tentu saja tren kecantikan yang satu ini perlu mendapatkan perawatan khusus. Perawatan harus dilakukan dengan teliti agar hasil sambungan bulu mata tidak mengalami kerusakan sehingga menyebabkan cedera pada area mata. Lantas bagaimana cara merawat hasil eyelash extension?

Theresia Emilia Woghe yang sering disapa Themy, owner MZ_Glamour, jasa eyelash extension di daerah Mataloko, Kabupaten Ngada, menjelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat hasil eyelash extension.

“Perawatan perlu dilakukan, kalau tidak maka maka akan menimbulkan berbagai gangguan mulai dari  rusaknya bulu mata hasil sambungan hingga rontoknya bulu mata asli,” jelas Themy.

Berbeda dengan bulu mata palsu, eyelash extension merupakan cara seseorang menyambung atau menggabungkan bulu mata asli bersama bulu mata buatan agar terlihat bervolume dan dominan lentik. Biasanya seseorang  menggunakan bulu mata sambungan ini untuk mempercantik diri.

Selain itu, produk kecantikan ini memudahkan masyarakat khususnya wanita agar tidak harus berlama-lama memasang bulu mata palsu ketika mengikuti suatu event.  

Dalam menghasilkan eyelash extension, seseorang perlu menyiapkan berbagai peralatannya hingga proses pembuatan eyelash extension dengan baik. Dijelaskan oleh Themy, proses extension secara garis besar dimulai dari menyiapkan bulu mata palsu per helai. Setelah itu, tuangkan lem bulu mata pada suatu wadah yang bersih. Lalu ambil per helai bulu mata palsu dan celupkan ke lem khusus eyelash extension.

Langkah berikutnya adalah, tempelkan bulu mata palsu pada bulu mata asli. Themy menekankan tidak menempelkan bulu mata palsu pada kulit mata. Hal ini akan menyebabkan iritasi pada daerah mata akibat lem yang digunakan. Lakukan langkah ini hingga semua bulu mata terpasang dengan ketebalan yang diinginkan.

Bagi kalian yang ingin menginginkan eyelash extension yang tidak menimbulkan  iritasi, perlu melakukan perawatan. Themy juga menjelaskan beberapa perawatan sambungan bulu mata buatan yang dapat dilakukan dengan mudah dirumah.


1. Menggunakan serum bulu mata

Bagi kalian yang menggunakan eyelash extension sebaiknya menggunakan serum bulu mata asli. Hal ini bertujuan untuk melindungi bulu mata asli dari bahaya bulu lem yang digunakan. Selain itu, serum juga digunakan dalam menangani kerontokan serta membantu proses pertumbuhan bulu mata asli.
 

2. Menghindari penggunaan maskara

Maskara merupakan produk kecantikan yang biasanya digunakan oleh wanita untuk menghasilkan bulu mata yang lentik dan bervolume. Namun,  jika kalian menggunakan maskara pada hasil eyelash extension, maka akan membuat bulu mata terasa berat dan mengurangi kualitas dari eyelash extension. Hal ini juga tentu akan mempengaruhi kekuatan lem, sehingga mudah rusak.
 

3. Tidak membasahi hasil eyelash extension

Themy menekankan, dalam membersihkan area wajah  sebaiknya tidak menggunakan air dan pembersih secara langsung. Hal ini akan memungkinkan hasil eyelash tidak akan bertahan lama. Kalian dapat menggunakan pembersih pada daerah sekitar mata tanpa harus menyentuh hasil eyelash extension.
 

4. Hindari keringat berlebih

Bagi Genhype yang menggunakan tren kecantikan yang satu ini, sebaiknya menghindari kegiatan yang menyebabkan keringat berlebih. Hal ini berlaku sejak hari pemasangan eyelash extension hingga satu minggu. Saat keringat mengalir dan mengenai hasil eyelash akan menyebabkan lem yang digunakan akan mudah rusak dan mempengaruhi lamanya masa pakai.
 

5. Hindari penjepit bulu mata

Salah satu hal yang tidak disarankan ialah menjepit hasil eyelash. Hal ini dikarenakan, dengan menjepit bulu mata tersebut akan menyebabkan bulu mata mudah patah dan merusak hasil lem. Jika terdapat kerusakan pada hasil eyelash, sebaiknya kalian melakukan konsultasi dengan seseorang yang lebih ahli dam eyelash extension.
 
Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan eyelash extension. Themy menegaskan, bagi Genhype yang menginginkan hasil yang lebih maksimal, kalian dapat menggunakan jasa eyelash yang lebih berpengalaman. Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi risiko kerusakan dan iritasi pada daerah mata.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

6 Rekomendasi Novel Misteri & Thriller yang Menegangkan

BERIKUTNYA

Frustasi dengan Rambut Lepek dan Berminyak? Ini Bahan Alami untuk Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: