Toyota Yaris salah satu contoh kendaraan hatchback (Sumber gambar: tangkapan layar laman toyota.astra.co.id)

5 Mobil Hatchback yang Cocok Buat Tunggangan Milenial & Gen Z

07 November 2023   |   07:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada berbagai jenis mobil yang dapat menjadi pilihan bagi milenial dan Gen Z pada saat ini. Salah satu di antaranya adalah jenis kendaraan hatchback yang mungil dan kompak. Kendaraan tanpa ekor ini menjadi pilihan lantaran berbagai keunggulan yang dimilikinya, seperti mudah dalam bermanuver dan modelnya lebih stylish

Mobil hatchback merupakan jenis kendaraan berbasis sedan. Namun, tidak memiliki ekor atau bagasi layaknya sedan yang menonjol di bagian belakang. Bagasi mobil jenis ini tepat berada di belakang kursi penumpang baris kedua.

Kendaraan hatchback memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan sedan atau kendaraan lainnya, seperti multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), dan sebagainya. Meskipun begitu, bukan berarti jenis mobil ini tidak menjadi pilihan.

Baca juga: Menjajal Mazda CX-60 dari Jakarta-Magelang, SUV Elit Tetap Nyaman untuk Perjalanan Jauh

Generasi milenial dan Gen Z yang belum membutuhkan mobil dengan jumlah banyak kursi kerap menjadikan kendaraan ini sebagai pilihan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut mobil-mobil hatchback yang dapat menjadi pilihan generasi muda saat ini.

1. Daihatsu Sirion
Kendaran hatchback pertama yang dapat menjadi pilhan milenial adalah Daihatsu Sirion. Kendaraan ini dibanderol mulai dari Rp228,85 juta. Kendaraan ini memiliki kapasitas 5 kursi dengan ukuran kubikasi mesin 1.329 cc.

Dengan ground clearance 150 mm, Daihatsu Sirion memiliki dimensi panjang 3.895 mm, luas 1.735 mm, dan tingi 1.525 mm. Kendaraan yang menggunakan jenis bahan bakar bensin ini juga memiliki output 94 tenaga kuda dan torsi 120 nm.

2. Honda City Hatchback RS
Kendaraan hatchback lainnya yang dapat menjadi pilihan bagi generasi milenial dan Gen Z adalah Honta City Hatchback RS. Kendaraan ini dibanderol mulai Rp345,5 juta. Mobil dari agen pemegang merek Honda ini memiliki dimensi panjang 4.349 mm, luas 1.74 mm, dan tinggi 1.488 mmm.

Dengan mesin 4 silinder, DOHC, I-VTEC+DBW, kendaraan ini memiliki torsi maksimal 145 nm pada 4.300 rpm dan output maksimal 119,3 tenaga kuda di 6.600 rpm. Merek City sendiri merupakan model pembaruan dari sebelumnya merupakan model sedan kecil yang diandalkan sebagai kendaraan harian.

3. Mazda 2
Mazda 2 menjadi kendaraan hatchback lainnya yang juga bisa menjadi pilihan generasi milenial untuk beraktivitas. Kendaraan ini dibanderol mulai dari Rp348,8 juta untuk OTR DKI Jakarta.

Mazda 2 memiliki mesin tipe SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve with G-Vectoring Control Plus (GVC Plus), sehingga memiliki tenaga maksimal 111 ps per 6.000 rpm dan torsi maksimal 144 Nm per 4.000 rpm.

4. Suzuki baleno
Suzuki Baleno dapat menjadi pilihan lain bagi generasi milenial yang hendak membeli kendaraan hatchback. Kendaraan yang dahulunya terkenal sebagai sedan dan mengalami perubahan menjadi hatchback itu memiliki harga OTR Jakarta Rp281,4 juta.

Mobil dengan kapasitas 5 penumpang itu memiliki panjang keseluruhan 3.990 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.485 mm. Dengan sistem penggerak 2WD, Suzuki Baleno memiliki mesin tipe K15B berdaya maksimal 104,6 ps per 6.000 rpm dan torsi 138 per 4.400 rpm.  

5. Toyota Yaris
Toyota Yaris merupakan salah satu kendaraan hatchback yang dapat menjadi pilihan generasi milenial pada saat ini. Mobil ini dapat diperoleh oleh Gehype mulai dari Rp297,35 juta dan memiliki beberapa varian.

Toyota Yaris memiliki panjang total 4.145. kemudian, tipe dapur pacu kendaraan ini adalah In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I yang mampu menghasilkan torsi maksimal 14,3 kgm per 4,200 rpm. Mobil ini juga menggunakan sistem bahan bakar injeksi.

Ada juga model terbarunya yang sudah mengadopsi tekonologi hybrid yang memadukan mesin BBM dan motor listrik sehingga bisa lebih hemat bahan bakar. 

Baca juga: Banyak Pendatang Baru, Persaingan Mobil Kelas SUV Makin Seru

Pada umumnya, pilihan kendaraan kompak jenis hatchback dan city car memang menjadi pilihan untuk pengguna pertama seperti milenial dan Gen Z. Opsi lainnya, ada juga merek seperti Honda Brio, Ford Fiesta, Chevrolet Aveo, Kia Rio dan Hyundai i20 atau segmen kendaraan termurah seperti Agya dan Ayla.
??????
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Beberapa Penyebab Klaim Asuransi Kesehatan Bisa Gagal Klaim

BERIKUTNYA

Authenticity Hadirkan Soundroom Tour di 14 Kota, Catat Tanggalnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: