Ilustrasi mobil (Sumber gambar: Freepik)

Banyak Pendatang Baru, Persaingan Mobil Kelas SUV Makin Seru

02 March 2023   |   17:06 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pasar mobil kelas sport utility vehicle (SUV) cukup memanas pada kuartal pertama 2023. Sebab, dalam waktu hampir bersamaan, sejumlah pabrikan otomotif ramai-ramai mengeluarkan seri mobil terbarunya di kelas tersebut. Kategori mobil tersebut tampaknya sedang jadi tren di Indonesia.

Mobil SUV juga menjadi salah satu yang banyak dirilis saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung beberapa waktu lalu. Persaingan pasar di segmen tersebut diprediksi akan makin sengit ke depannya.

Selain karena banyak varian baru yang meluncur dipasaran, mobil SUV juga terus berinovasi dengan menghadirkan aneka teknologi yang mendukung kualitas, keamanan, dan kenyamanan berkendara.

Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung Yannes Martinus Pasaribu mengatakan bahwa peran teknologi di dalam suatu kendaraan saat ini sangat penting. Salah satunya ialah soal keselamatan.

Beberapa teknologi keselamatan kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen di Indonesia. Terlebih, mayoritas kecelakaan di jalan raya terjadi karena kesalahan manusia. Oleh karena itu, fitur keselamatan bisa membantu mencegah human error tersebut.

Baca juga: SUV Baru Hasil Perkawinan Toyota & Suzuki Segera Diproduksi

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, menjadi salah satu yang meramaikan pasar SUV di ajang IIMS 2023. Mereka secara resmi memperkenalkan Hyundai Creta Dynamic Black Edition. Mobil yang memberikan kontribusi penjualan signifikan di Hyundai itu tampil dengan warna hitam yang gagah.

Hyundai Creta Dynamic Black Edition membawa sejumlah teknologi mutakhir. Mobil ini mengadopsi mesin bensin 1.500 cc yang dilengkapi teknologi Hyundai Intelligent Variable Transmission (IVT). Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 115 dk pada 6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Makmur mengatakan bahwa Hyundai Creta Dynamic Black Edition memiliki empat jenis mode berkendara yang bisa disesuaikan oleh pengguna. Mulai dari mode Eco, Comfort, Sport, dan Smart.

Varian terbaru Creta ini juga sudah dilengkapi dengan Hyundai Bluelink. Hyundai Bluelink merupakan aplikasi smartphone yang memungkinkan pemilik mobil memiliki akses penuh terhadap kendaraannya. Aplikasi tersebut telah dilengkapi berbagai fitur canggih.

Beberapa di antaranya adalah fitur Geo-Fence Notification yang membuat mobil ini lebih aman dari pencurian. Fitur tersebut bisa mengatur batas area di mana mobil boleh dikendarai atau tidak. Jika kendaraan melewati batas yang ditentukan, pemilik mobil akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi Bluelink.

Sementara itu, produsen mobil China, Wuling, juga mengeluarkan mobil terbarunya di segmen SUV. Meski berdimensi compact SUV, Wuling Alvez dapat mengakomodasi hingga lima penumpang dan memiliki kapasitas bagasi yang luas.

Vice President Wuling Motors Arif Pradana menjelaskan, Wuling Alves sudah dilengkapi teknologi Advanced Driver Assistance Systems atau ADAS. Teknologi ini memiliki peran untuk membantu mengurangi jumlah kecelakaan mobil dan dampak serius lain yang menyertainya.

ADAS bekerja secara aktif dengan meningkatkan standar keselamatan melalui bantuan perangkat cerdas. Salah satu fitur yang cukup membantu ialah Traffic Jam Assistance. Fitur ini dapat membantu kendaraan menjaga jarak aman secara otomatis, baik ketika pengendara berada di lalu lintas yang padat maupun lancar.

Selain itu, fitur Automatic Emergency Braking juga berperan penting terhadap keselamatan. Fitur ini akan bekerja saat pengemudi tidak melakukan respons terhadap peringatan bahaya tabrakan dengan cara melakukan pengereman darurat. 

Mobil bertipe compact SUV ini dibanderol dengan harga yang sangat bersaing di kelasnya. Wuling Alvez varian SE M/T dibanderol Rp209 juta, Wuling Alvez varian CE CVT Rp255 juta, dan Wuling Albex varian EX CVT Rp295 juta.

Selanjutnya, ada Suzuki yang juga mengeluarkan generasi terbaru Grand Vitara. Setelah sempat berhenti dijual pada 2017, Grand Vitara akhirnya kembali hadir dengan desain yang lebih modern.

Baca juga: Makin Keren, Cek Spesifikasi dan Harga Mobil Sport Toyota GR Supra Terbaru

Sales Marketing Director Suzuki Indonesia Matsushita Ryohei mengatakan bahwa Grand Vitara menawarkan SUV premium yang dilengkapi dengan fitur terbaru dan canggih. Adanya teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) membuat mobil ini memiliki teknologi elektrifikasi yang mumpuni yang diklaim akan hemat bahan bakar.

Secara eksterior, mobil ini memiliki sentuhan elegan, tangguh dan sporty. Meski berdimensi kompak, Grand Vitara telah dibekali mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan. Performa mesin tersebut sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm.

Aneka fitur keselamatan juga telah dilengkapi, seperti 6 airbag, Electronic Stability Program, Anti-lock Braking System, Brake Assist, dan Electronic Brake-force Distribution. Ada juga 360 camera, rear parking camera, dan parking sensor sehingga memudahkan pengemudi.

Baca juga: Intip Spesifikasi Honda WR-V yang Dirancang Sesuai dengan Karakter Jalan di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Agatha Pricilla Ajak Pendengar Berdamai dengan Masa Lalu lewat Single One Day

BERIKUTNYA

Jadi Trending Nomor 1 Youtube, Ini Makna Lagu Sanes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: