Creative Show 2023 Esmod Jakarta (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Alumni Sekolah Mode ESMOD Jakarta Tampilkan 222 Looks di Ajang Creative Show 2023

05 November 2023   |   15:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sekolah mode ESMOD Jakarta telah rampung melangsungkan acara tahunannya yang bertajuk Creative Show 2023 dengan konsep fashion show dan exhibition. Gelaran rutin tersebut pada tahun ini berlangsung di Tribeca Park, Central Park Mall pada Sabtu (5/11/2023).

Creative Show tahun ini tidak mengusung tema khusus supaya para pesertanya bisa bebas mengekspresikan kreativitasnya tanpa batas. Beda dari gelaran tahun-tahun sebelumnya yang dihelat secara tertutup indoor, kali ini Creative Show 2023 memilih lokasi outdoor dan menggunakan long runaway.

Ditampilkan sebanyak 222 karya busana rancangan 89 alumni ESMOD Jakarta dari 3 program studi, yakni Fashion Design and Creation, Fashion Design and Pattern Making dan International Fashion Business.

“Sebagai fashion education yang telah berpengalaman, kami menampilkan karya-karya ini dengan tujuan untuk berbagi dengan masyarakat tentang fashion trend yang populer saat ini," ungkap Nathalia Gunaria, Academic Program Manager ESMOD Jakarta, dikutip dari rilisnya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Fashion Show Paradiso Collection Buttonscarves x Jovian Mandagie di JFW 2024
 

Busana karya alumni ESMOD Jakarta (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Busana karya alumni ESMOD Jakarta (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Lebih lanjut dia berharap supaya karya-karya yang mengagumkan tersebut dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di dunia fesyen. Pada ajang tersebut para peserta menampilkan karya busana yang beragam, terlihat dari bentuk siluet, motif, dan penggunaan corak warnanya.

“Untuk bahan yang digunakan variasinya cukup beragam, mulai dari kain tradisional seperti tenun atau batik, hingga bahan-bahan sportswear seperti scuba, nylon, knitwear dan technical fabric yang memiliki fungsi seperti cooling fiber ataupun anti-UV," kata Guillaume Oger selaku Kepala Bagian Pengembangan Kurikulum ESMOD Jakarta.

Selain itu, terlihat juga embellishment dan fabric manipulation yang menghadirkan beragam teknik dan keunikan dari karya-karya yang dibuat. Menariknya lagi, para peserta juga mengembangkan teknik pembuatan pola yang inovatif seperti zero waste atau one-cut pattern.

“Karya-karya ini hadir dan erat kaitannya dengan peran teknologi dan desain konseptual, misalnya dengan penggunaan 3D Printing hingga penggunaan sosial media sebagai media  promosi serta pembuatan dibaliknya melihat pada minat dan kebutuhan masyarakat.” tambah Guillaume.

Creative Show 2023 ditutup oleh penyerahan penghargaan untuk 4 orang lulusan ESMOD Jakarta yang terpilih oleh Coup De Coeur De Jury. Penghargaan ini dipilih langsung oleh 42 orang juri profesional dari berbagai industri, pada acara Jury Day yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh ESMOD Jakarta.

Juri yang berpartisipasi di antaranya adalah Darwis Triadi (Photographer Darwis Triadi), Eri Dani (Alumni of ESMOD Jakarta & Fashion Designer Eridani), Galuh Nurita (Fashion Designer & Advisor Laire & Louis Vuitton), Rama Dauhan (Alumni of EMOD Jakarta & Fashion Designer Rama Dauhan Design Studio), Toton Januar (Creative Director & Co Founder Toton), Yogie Pratama (Alumni of EMOD Jakarta & Creative Director Yogie Pratama and IPMI).

Sebagai informasi, ESMOD merupakan International Fashion Design & Business yang dikenal sebagai salah satu pionir pendidikan fashion di seluruh dunia yang berpusat di  Paris, Prancis sejak 1841. Lulusan ESMOD Jakarta, Indonesia juga telah berhasil menciptakan desainer yang menghasilkan karya-karya busana yang banyak diminati masyarakat sejak 1996.

“Saat ini, kami juga dalam proses research untuk penggunaan AI (Artificial Intelligence) dan merilis website alumni ESMOD Jakarta yang nantinya dapat memudahkan seluruh alumni ESMOD Jakarta  untuk terkoneksi satu sama lain, menampilkan portofolionya secara digital," kata Alce selaku Director of Development ESMOD

Selain itu, dia menambahkan, bagi pihak eksternal yang ingin bekerja sama ataupun mencari kandidat untuk mengisi posisi di perusahaannya, tentu bisa lebih dimudahkan dengan kehadiran website ini.

Lebih lanjut bicara soal teknologi, ESMOD Jakarta juga menjadi sekolah mode pertama yang mulai masuk ke ranah virtual berupa dunia metaverse di Indonesia. Bekerja sama dengan Nusameta, dalam acara Creative Show 2023 sejumlah karya lulusan ESMOD Jakarta 2022 turut ditampilkan dalam versi digitalnya pada layar LED. 

Baca juga: Koleksi Baru Agnes Budhisurya Hadir di Balikpapan Fashion Week 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Eksklusif Profil Garin Nugroho: Dinamika di Balik Proses Penjurian Festival Film Indonesia 2023

BERIKUTNYA

Aktris Senior Ida Royani Ungkap Proses Unik Benyamin Suaeb saat Berkarya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: