Koleksi ESMOD Jakarta di UIFW 2024 (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Mengintip Koleksi Busana Urban dan Leisure dari ESMOD Jakarta di UI Fashion Week 2024

30 January 2024   |   22:21 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Deretan busana cantik bertemakan Urban dan Leisure dari alumni sekolah mode ESMOD Jakarta melenggang di runway UI (Universitas Indonesia) Fashion Week 2024 yang digelar di Museum Bank Mandiri. Sebanyak 15 look terdiri dari set busana ready to wear berasal dari koleksi mahasiswa lulusan 2023.

Urban dan Leisure sendiri merupakan tema khusus yang dihadirkan oleh UI Fashion Week 2024. Busana yang dikenakan para model didesain apik dengan detail memikat dan potongan yang variatif. Menampilkan elemen urban yang dinamis berpadu dengan sentuhan leisure yang nyaman saat dikenakan. Ada pula yang mengangkat konsep sustainability, menggunakan bahan daur ulang. 

Baca juga: MIWA Pattern Rilis Koleksi Khusus Imlek 2024, Fesyen Motif Naga Bernuansa Cerah

Nama-nama talenta muda ESMOD Jakarta yang menampilkan karyanya dalam acara tersebut, di antaranya ada Cut Dayini Ramadhana, Cahtlyn Virgiana Tantomo, Gabriel Marcella, Gloria Bryanna Stanley Burhan, Laurentia Dina Iswanto, Putri Nadira Zahra, Shakila Hayfa Audrey Gani, Shelly Alfiane Nugroho, Stephanie, dan Vivi Arianti.

"Karya-karya mahasiswa ESMOD Jakarta mencerminkan keberagaman teknik dan bahan dengan sentuhan yang unik, sehingga masing-masing karya memiliki ciri khasnya tersendiri.” ujar Guillaume Oger, Kepala Bagian Pengembangan Kurikulum ESMOD Jakarta, dikutip dari rilisnya, Selasa (30/1/2024).

Koleksi bertemakan urban dan leisure tersebut mengekspresikan casual street style dengan menerapkan teknik kreatif seperti darts manipulations atau oversized volume. Para mahasiswa mendapatkan inspirasi dari banyak hal, misalnya unsur tradisional yang memperkenalkan kain tenun atau teknik tie-dye.

Inspirasi juga datang dari tren mode yang diminati akhir-akhir ini, misalnya penggunaan denim, coated fabrics atau air brush printing. Terakhir inspirasi dari berbagai macam outfit untuk motor riding dengan penggunaan bahan kevlar fiber fabrics.

Nathalia Gunarian, Academic Program Manager dari ESMOD Jakarta, menyampaikan harapannya supaya partisipasi ESMOD Jakarta dalam UI Fashion Week 2024 akan membuka peluang besar bagi desainer muda untuk mendapatkan publikasi yang lebih luas dan menarik perhatian audiens. 

"Kami berharap bahwa karya-karya luar biasa dari lulusan 2023 ini tidak hanya mendapatkan exposure yang luas tetapi juga dapat menginspirasi dan mengundang minat generasi muda yang memiliki ketertarikan dalam bidang fashion untuk menjadi bagian dari ESMOD Jakarta," ujarnya.

ESMOD sendiri merupakan International Fashion Design and Business School yang dikenal sebagai salah satu pionir pendidikan fesyen di seluruh dunia yang berpusat di Paris, Prancis sejak 1841. Adapun ESMOD Jakarta berdiri sejak tahun 1996, sampai saat ini sekolah mode tersebut sukses menciptakan desainer yang karya-karya busananya banyak diminati masyarakat. Nah Genhype, yuk melihat lebih dekat koleksi alumni ESMOD Jakarta di UI Fashion Week 2024 berikut ini!
 

1. Unsur Tradisional dari Kain Wastra

Koleksi busana dengan kain wastra (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Koleksi busana dengan kain wastra (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)


Set busana yang ditampilkan terinspirasi dari unsur tradisional yang mengangkat penggunaan kain wastra batik dan tenun. Mengusung konsep unisex yang bisa cocok dikenakan pria maupun wanita. Atasan kemeja putih polos dibalut korset dengan detail bintang-bintang kecil. Bawahannya celana lebar batik yang nyaman.
 

2. Teknik Tie-dye yang eksotis

Tie-dye (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Tie-dye (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)


Tie-dye sendiri merupakan teknik pewarnaan kain dengan zat pewarna dan ikatan-ikatan untuk menghasilkan pola dan motif tertentu yang menarik. Seperti maknanya dalam bahasa Inggris, tie artinya mengikat dan dye artinya pewarna.

Set atasan blouse dan rok dengan pewarnaan tie-dye gradasi navy dan biru muda menciptakan unsur eksotis. Atasannya seolah terlihat seperti awan sementara bawahannya tampak seperti gulungan ombak. Blouse dengan risleting depan dan lengan balon yang dikerut, tampak serasi dengan bawahan rok midi. 
 

3. Tren Denim yang Timeless

Denim (Sumber Foto: ESMOD Indonesia)

Denim (Sumber Foto: ESMOD Indonesia)


Koleksi yang satu ini seolah memperlihatkan bahwa konsep all denim bisa terlihat trendi. Atasan kemeja putih berlapis jaket denim navy dan putih dipadukan dengan jeans oversize. Outfit ini bisa jadi inspirasi untuk hangout di mall atau cafe bersama teman.
 

4. Outfit Motor Riding yang Cool dan Trendi

Motor Riding (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Motor Riding (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Outfit motor riding banyak mengeksplorasi penggunaan bahan leather pada jaket kulit yang mengkilap. Biasanya diaplikasikan untuk jaketd dan outer. Tak ketinggalan ada juga bahan kevlar fiber fabrics yang sangat rapat sehingga awet dan tidak mudah sobek, juga fleksibel dan tahan panas. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

MIWA Pattern Rilis Koleksi Khusus Imlek 2024, Fesyen Motif Naga Bernuansa Cerah

BERIKUTNYA

Pameran Liar, Refleksi Seniman Afriani x Sogik Prima Yoga pada Tahun Politik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: