Kelapa bisa dijadikan makanan, minuman, hingga kudapan. (Sumber gambar : Unsplash/Towfiqu Barrbhuiya)

Dari Segar Hingga Gurih, Ini Ragam Kuliner Berbahan Dasar Kelapa

13 April 2022   |   21:42 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kuliner Indonesia yang lezat dan gurih tidak lepas dari kelapa. Tanaman ini memang bisa dimanfaatkan mulai dari daun, daging, hinggga batangnya. Jumlahnya pun melimpah ruah karena Indonesia menjadi negara produsen utama komoditas kelapa. 

Dalam kuliner Indonesia, yang digunakan dari tanaman kelapa adalah air, daging, dan buahnya. Seperti apa pemanfaatannya? Berikut penjabaran dari Pakar Kuliner Indonesia Profesor Murdijati Gardjito. 
 

1. Kelapa pada minuman

Murdijati menerangkan ada 82 ragam minuman Indonesia yang menggunakan santan, daging kelapa, dan air kelapa. Tentu, untuk airnya bisa diminum langsung. Sementara dagingnya yang masih muda selain bisa diminum langsung, juga dapat dijadikan campuran aneka es. Begitu pula dengan kopyor. 

Untuk daging kelapa setengah tua bisa menjadi campuran bandrek dan wedang bajigur. Santan dari perasan daging kelapa pun menjadi camputan aneka minuman seperti es campur, dawet, maupun es puter. "Dari 150 ragam minuman, sekitar 80 yang mengandung bagian kelapa," sebut wanita yang karib disapa Mur itu dalam diskusi virtual, Rabu (13/4/2022).
 

2. Kelapa pada kudapan

Kudapan dari kelapa biasanya terbuat dari kelapa yang diparut. Parutan kelapa ditambah garam kemudian dikukus menjadi penyalut aneka kudapan seperti bengawan solo dan klepon. 

Apabila parutan kelapa ditambah gula kelapa dan daun pandan kemudian dimasak, kata Mur bisa menjadi unti yang digunakan sebagai isian aneka kudapan seperti dadar gulung, gelombang samudera, mendut, bengawan solo, hingga klepon. 

Kelapa parut juga bisa dicampurkan dengan aneka bahan lain seperti singkong parut yang menjadi lemet, dicampur ketan menjadi jadah, dicampur terigu menjadi kue biji ketapang, dicampur tepung ketan menjadi rangin, dan dicampurkan tepung beras menjadi apem. 

Sementara santannya bisa memberi rasa gurih untuk kue seperti mento, jadah manten, dan semar mendem. 
 

3. Kelapa pada makanan pokok

Untuk mengolah kelapa menjadi makanan pokok bisa menggunakan santan. Kata Mur santan menjadi campuran aneka nasi seperti nasi liwet, nasi uduk, nasi kuning, dan nasi minyak yang memberikan rasa gurih. 

Mur menerangkan lemak pada santan akan berikatan dengan karbohidrat pada nasi sehingga sebagian pati di nasi berubah menjadi pati resisten. "Nasi yang dimasak menggunakan santan memiliki jumlah pati resisten 4 kali lebih banyak dari nasi biasa," imbuhnya.
 

4. Kelapa pada lauk pauk

Parutan kelapa dapat menjadi serundeng yang bisa dicemil menggunakan nasi atau sebagai pelengkap ayam goreng. Sementara bunga kelapa menjadi bahan dasar pembuatan gudeg manggar. 

Buat kalian yang suka ke restoran padang, pasti familiar dengan ayam pop. Kuliner berbahan ayam ini menggunakan air kelapa hingga menghasilkan rasa ayam yang lebih gurih dengan tampilan berkilau. Dan tentu, rendang yang tidak boleh terlewat sebagai lauk pauk yang menggunakan kelapa saat memasaknya.  


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Penggemar GTA V Wajib Coba 5 Game Ini!

BERIKUTNYA

7 Manfaat Rumah Panggung, Hindari Risiko Gempa Salah Satunya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: