Alpukat dapat dimatangkan meskipun dipetik dalam keadaan mentah (Sumber gambar ilustrasi: pexels/foodie factor)

3 Cara Membuat Alpukat Cepat Matang, Bisa Pakai Beras & Tepung

30 October 2023   |   20:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Alpukat menjadi buah yang kerap dikonsumsi oleh banyak orang. Selain diolah menjadi jus, buah yang identik dengan warna hijau ini juga dapat dipadukan dalam minuman lainnya, seperti es campur. Saat membeli alpukat, tidak jarang buah tersebut belum matang. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara mudah untuk mematangkannya.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, alpukat memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh ketika dikonsumsi. Buah ini tercatat memiliki kandungan lemak tidak jenuh tunggal atau biasa disebut lemak baik.

Tidak hanya itu, buah dengan nama latin parsea americana itu juga mengandung serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, alpukat bagus dalam menjaga berat badan karena yang mengonsumsinya akan merasa kenyang.

Baca juga: 3 Resep Mango Sago, Minuman Buah Menyegarkan

Buah ini juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah lantaran kandungan kaliumnya. Jenis mineral ini memiliki manfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sehingga mencegah tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu, kalium juga disebut bagus guna membantu mengatur detak jantung agar tetap normal. Alpukat juga bagus untuk menjaga kesehatan mata lantaran mengandung antioksidan jenis zeaxanthin dan lutein di dalamnya.

Nah dengan berbagai manfaat baik alpukat, sebaiknya kita dapat mengonsumsinya secara rutin. Namun, supaya konsumsi alpukat gurih dan nikmat, pastikan kondisi buahnya sudah matang.

Apabila alpukat belum matang, ada beberapa cara mudah untuk membuatnya lebih cepat masak. Dirangum dari berbagai sumber, berikut cara membuat alpukat mentah menjadi masak:

1. Ditimbun dalam beras
Cara pertama membuat alpukat yang mentah dapat masak atau matang adalah dengan menimbunnya di dalam beras. Cara ini merupakan yang paling umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Tidak hanya alpukat, sejumlah buah yang belum matang juga kerap ditimbun di dalam beras agar masak. Alpukat dapat menjadi matang ketika ditimbun di dalam beras lantaran gas etilen yang terperangkap berpadu dengan suhu yang hangat membuatnya bisa cepat masak.

2. Dibungkus kertas koran
Selain menimbun di dalam beras, Genhype juga bisa menggunakan kertas koran untuk membuat alpukat yang mentah menjadi matang. Cara mematangkan buah ini dengan kertas koran cukup mudah.

Kalian hanya perlu membungkus alpukat mentah dengan kertas koran. Kemudian, simpan di sebuah tempat atau di atas meja. Usahakan alpukat yang terbungkus tidak menyentuh lantai secara langsung. Alpukat yang dibungkus itu juga sebaiknya tidak diletakkan di lemari es dan cukup disimpan di suhu ruangan.

3. Menggunakan tepung
Alpukat yang masih mentah juga bisa dimatangkan dengan menggunakan tepung selain beras. Buah yang identik dengan warna hijau itu cukup diperam di dalam tepung yang sudah disiapkan.

Baca juga: Merawat Kulit Tetap Lembab dan Glowing, 5 Buah ini Cocok Dikonsumsi saat Musim Kemarau

Saat diperam di dalam tepung, gas etilen yang ada di sektiar alpukat akan terperangkap sehingga membuat daging buah tersebut yang awalnya mentah menjadi masak dan legit.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Bantah Pakai Narkoba, G-Dragon Siap Dites Urin & Rambut

BERIKUTNYA

Koleksi Baru Agnes Budhisurya Hadir di Balikpapan Fashion Week 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: