Koleksi Bigissimo (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Koleksi Big Size Ala Bigissimo Curi Perhatian di Runway Jakarta Fashion Week 2024

28 October 2023   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Bigissimo jenama fesyen plus size menghadirkan koleksi terbarunya yang bertajuk Manifesto di panggung mode Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 di Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan. Bigissimo tampil bersama dua jenama modest fashion naPocut, 4Season Hijab dalam runway bertajuk Momen of Spark.

Koleksi Manifesto bertujuan untuk memutus stereotip lama yang kerap mengesampingkan wanita bertubuh plus size di industri fashion. Melalui panggung JFW 2024 Bigissimo membuktikan bahwa semua wanita berhak mengekspresikan dirinya lewat fesyen tanpa dibatasi oleh ukuran tubuhnya.

"Dalam dunia fesyen, tidak hanya merancang pakaian, kami menciptakan gerakan pemberdayaan dan inklusi. Bigissimo adalah manifestasi dari dedikasi kami untuk merayakan kecantikan semua wanita, tanpa memandang ukuran mereka," kata Dany Aprilla, Founder & CEO Bigissimo, di JFW 2024, Pondok Indah Mall III, Sabtu (28/10/2023).

Baca juga: Jenama Modest Fashion naPocut Bawa Koleksi Self Revelation di Runway JFW 2024

Pada perhelatan JFW 2024, Bigissimo juga menjadi satu-satunya jenama yang membawa model plus size di panggung mode terbesar di Indonesia tersebut. Sebanyak 16 look dihadirkan dengan beragam siluet, motif, dan warna. Koleksi ini memberikan kesempatan bagi wanita plus size untuk lebih mengekspresikan kepribadian dan gaya uniknya.

"Melalui koleksi ini kami ingin menunjukkan bahwa wanita plus size juga berhak dan layak untuk menjadi spotlight karena tidak ada yang namanya standar kecantikan. Semua wanita itu cantik dan berharga," katanya.

Adapun dari 16 look yang dihadirkan, di antaranya terdiri dari outer, dress, dress luaran, celana, blouse, tunik, dan long skirt. Sementara warna-warnanya dominan bold, mulai dari biru, navy, maroon, hitam, dan ada sedikit sentuhan krem.

"Misi kami adalah untuk menghancurkan batasan-batasan yang ada dan mendefinisikan kembali esensi sejati dari kecantikan. Koleksi ini adalah pernyataan berani bahwa kecantikan sejati tidak mengenal batasan," ujar Dany.

Dia menegaskan kehadiran koleksi Manifesto dari Bigissimo adalah sebuah bentuk manifestasi kecantikan sejati dan visi untuk dunia fashion yang lebih inklusif dan beragam. Hal itu menunjukkan bahwa kecantikan sejati datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Setiap gaun, atasan, dan potongan dalam koleksi ini adalah cerminan dari keyakinan bahwa kecantikan sejati tidak terbatas oleh parameter ukuran. Manifesto bukan hanya tentang pakaian, tetapi juga tentang memberdayakan wanita untuk merayakan diri mereka sendiri.

"Setiap langkah di atas panggung oleh para model plus size membawa pesan kuat bahwa setiap wanita adalah cantik dalam caranya sendiri," ujarnya.

Adapun Bigissimo sendiri adalah jenama yang didirikan oleh Dany Aprilla, seorang mahasiswa kedokteran gigi yang beralih menjadi seorang pengusaha di bidang fesyen. Hasratnya dalam bidang tata busana mendorongnya untuk menciptakan Bigissimo, sebuah merek yang menjadi simbol desain yang mengikuti anatomi khusus wanita plus size Asia. Misi besarnya adalah untuk menantang stereotip, memberdayakan wanita, dan menciptakan alam semesta fashion yang inklusif.

Bigissimo adalah gabungan dari Big dalam bahasa Inggris dan Bellissimo dalam bahasa Italia, yang melambangkan gagasan bahwa kecantikan tidak mengenal ukuran. Dengan gagasan tersebut, Dany Aprilla mendirikan Bigissimo di kota asalnya, yaitu Salatiga, Jawa Tengah.

Bigissimo memulai proyek sosial dengan memberdayakan para ibu rumah tangga lokal, mengajari mereka keterampilan menjahit, dan melibatkan mereka secara aktif dalam proses produksi. Selaim memciptakan fesyen yang memukau, tapi juga menjadi sumber penghidupan bagi banyak orang.

“Dalam debut kami di Jakarta Fashion Week 2024, kami hadir untuk mengilhami, mengubah, dan merayakannya. Setiap langkah di atas panggung adalah bukti dari dedikasi kami dalam menciptakan perubahan dengan menciptakan mode yang membebaskan, memotivasi, dan memungkinkan setiap wanita untuk bersinar dalam kecantikan yang sejati," ujar Dany.

Baca juga: Mejeng Perdana di JFW 2024, Tobatenun Bawa Koleksi Masa Rani

Adapun pekan mode terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 berlangsung pada 23-29 Oktober 2023 di Pondok Indah Mall (PIM) III, Jakarta Selatan. Pada edisinya yang ke-16 ini, JFW 2024 mengusung tema Fashion Continuum: Bridging Generations.

JFW 2024 mempertemukan para pelaku industri kreatif dan penggiat mode lintas generasi dalam runway penuh gaya dan inspirasi. Sebanyak 120 perancang busana terbaik di kancah mode nasional dan internasional akan tampil dalam 34 fashion show.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Primas Gigih Prihanta Padukan Budaya Tibet & Kalimantan dalam Koleksi Too-Lala di Balikpapan Fashion Week 2023

BERIKUTNYA

Hypereport: Jejajah Kuliner di Pasar Baru Jakarta, Menikmati Bakmi Gang Kelinci yang Autentik & Segarnya Es Krim Legendaris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: