Koleksi naPocut (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Jenama Modest Fashion naPocut Bawa Koleksi Self Revelation di Runway JFW 2024

28 October 2023   |   15:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 memasuki hari ke-6. Kali ini ada kolaborasi 3 jenama modest fashion, yakni naPocut, 4Season Hijab dan BIGISSIMO dalam runway bertajuk Momen of Spark. Ketiganya tampil membawakan 16 look dengan siluet, motif, dan warna yang menonjolkan ciri khasnya.

naPocut sendiri akan mengusung tema Self Revelation atau pengungkapan diri. Momen ini adalah kali kedua mereka mengikuti ajang JFW. Koleksi Self Revelation menjadi refleksi bagi jenama tersebut selama 18 tahun berkarier di industri modest fashion Tanah Air.
 

Koleksi modest fashion naPocut (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Koleksi modest fashion naPocut (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)


Terinspirasi dari filosofi anak ayam yang kehidupannya baru dimulai setelah menetas dari telurnya. Seperti itulah akhirnya naPocut berani mengungkapkan diri, seperti anak ayam yang berani mengetuk cangkang telurnya supaya bisa lahir ke dunia dan menapaki fase kehidupan baru. Pertumbuhan tersebut tak lepas dari keberanian, konsistensi, dan eksplorasi yang terus dilakukan.

Baca juga: Mejeng Perdana di JFW 2024, Tobatenun Bawa Koleksi Masa Rani

“Kami ingin memiliki keduanya, di mana tetap fokus pada identitas naPocut tanpa melupakan pentingnya adaptasi untuk menyesuaikan dinamika dunia fashion yang bergerak cepat,” jelas Zada Amanda selaku CEO naPocut, di JWF 2024 PIM 3, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10/2023).

Kisah refleksi perjalanan naPocut dituangkan dalam 16 looks yang terdiri dari atasan (top), bawahan (bottom), gaun (dress), dan hijab (scarf). Dengan eksplorasi kreatif yang memukau, naPocut menggunakan teknik embroidery secara manual dan digital, teknik printing, permainan warna yang lebih berani, hingga penggunaan siluet-siluet yang menghasilkan nuansa chic sekaligus elegan.

"Siluet dan embroidery dari setiap look punya arti sendiri yang menceritakan perjalanan naPocut saat baru memulai sampai ke titik puncak, lalu menghadapi tantangan saat fase pandemi, semua itu ditampilkan lewat karya busananya," kata Zada.

Selain itu, ada pula improvisasi dari detail renda, kerutan (smock), aksen tali rumbai (tassel), dan mengembangkan detail dari bentuk payet. naPocut juga berupaya menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan daur ulang melalui metode upcycling atau menambah nilai benda. Ha; itu dilakukan lewat penambahan aplikasi atau pengubahan bentuk pada pakaian supaya terlihat lebih menarik.

"Kami memperlihatkan teknik-teknik embroidery, siluet, dan cutting yang menjadi DNA dari naPocut, selain itu warna-warnanya juga lebih berani dari tahun-tahun sebelumnya. Kemarin lebih natural kalau sekarang bold dan earth tone, nuansa hijau, cokelat, hitam, dan maroon," ujarnya.

naPocut membawakan koleksinya dalam peragaan busana bertajuk Self Revelation pada 28 Oktober 2023 di Jakarta Fashion Week 2024, Pondol Indah Mall 3, Jakarta Selatan. Adapun harapan Zada selama mengikuti perhelatan JFW 2024 ini adalah menginspirasi setiap wanita melalui karya-karya busananya.

"Misalnya perempuan yang belum berhijab, mungkin akan tergerak untuk berhijab setelah melihat koleksi naPocut, juga perempuan yang ingin tampil lebih tertutup dengan modest fesyen kami," ujarnya.

Baca juga: Mengintip Koleksi Modest Fesyen Spring-Summer 8 Desainer Tanah Air yang Tampil di Paris

Adapun perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 sebagai pekan mode terbesar di Indonesia berlangsung pada 23-29 Oktober 2023 di Pondok Indah Mall (PIM) III, Jakarta Selatan. Pada edisinya yang ke-16 ini, JFW 2024 mengusung tema Fashion Continuum: Bridging Generations.

JFW 2024 mempertemukan para pelaku industri kreatif dan penggiat mode lintas generasi dalam runway penuh gaya dan inspirasi. Sebanyak 120 perancang busana terbaik di kancah mode nasional dan internasional akan tampil dalam 34 fashion show.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypereport: Denyut Kuliner Legendaris di Kawasan Elite Ibu Kota

BERIKUTNYA

4 Ide Kostum Halloween Pria Terinspirasi dari Drama Korea Hit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: