Menara Saidah (kiri) yang sudah lama terbengkalai. (Sumber gambar : Dani Saputra/Unsplash)

Intip 5 Destinasi Wisata Mistis di Indonesia, Ada Jakarta

27 October 2023   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya menawarkan pemandangan indah, beberapa tempat menawarkan pengalaman mistis yang membuat bulu kuduk berdiri tetapi kerap membuat penasaran. Alhasil, banyak yang mengincar lokasi tersebut sebagai lokasi tujuan wisata.

Tak dipungkiri, masih banyak masyarakat yang menganut kepercayaan atau percaya terhadap hal mistis. Bertepatan dengan perayaan Halloween yang berlangsung dalam waktu dekat, Agoda merilis lima destinasi mistis terpopuler di Indonesia berdasarkan data pemesanan. 

Baca juga: Rekomendasi 6 Wisata Horor di Dunia, dari Pulau Boneka di Meksiko hingga Desa Seribu Tengkorak Bali

Agoda mencatat setiap destinasi memiliki beragam tempat mistis serta kisah-kisah urban legend. Terlepas dari percaya atau tidak, berikut destinasi mistik yang menarik untuk dikunjungi. 


1. Pulau Rahasia Mencekam di Batam

 Sebagai tujuan wisata populer, Batam juga memiliki beberapa tempat angker yang dipercaya dihuni oleh makhluk halus. Salah satunya Hutan Wisata Mata Kucing yang terkenal dengan formasi bebatuan yang unik. Konon lokasi ini merupakan tempat perpindahan jin dan makhluk halus. Para pengunjung melaporkan suara-suara aneh, penampakan-penampakan gaib, dan pengalaman menyeramkan di hutan ini, dengan klaim sentuhan dan goresan-goresan aneh.
 
Ada pula Sei Ladi, sebuah danau kecil di dalam hutan lebat, diyakini sebagai tempat berkumpulnya arwah yang tersesat. Masayarakat setempat menyebut di sana menjadi tempat pembuangan mayat. Selain itu, Jembatan Barelang, rangkaian enam jembatan yang menghubungkan Batam dengan beberapa pulau lainnya, menjadi tempat berbagai kecelakaan. Beberapa orang percaya ada kehadiran gaib di sekitar jembatan tersebut.
 

2. Pulau Hantu dan Legenda di Bali

Dikenal sebagai Pulau Dewata, Bali tidak hanya menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya. Selain pantai dan pura, pulau ini juga menyimpan sisi mistis. Dari Tanah Lot, pura kuno yang konon dilindungi oleh ular laut raksasa bernama Baruna, hingga Taman Festival yang kini terbengkalai dan justru menarik minat para pencinta misteri, Bali menawarkan banyak pengalaman mistis bagi para petualang.
 
Destinasi menyeramkan lainnya di Bali termasuk Gua Jepang Klungkung. Tempat ini merupakan sebuah kompleks gua yang dibangun oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II dan konon dihantui oleh arwah-arwah mereka. 

Lalu, ada Dam Oongan, bendungan yang dibangun di atas lokasi pemakaman dan diyakini dihantui oleh roh-roh penduduk setempat yang dikuburkan di sana. Jangan lupa untuk singgah di Pi Bedugul, hotel mewah yang terbengkalai setelah Bom Bali pada 1999.

Baca juga: Menikmati Wisata dengan Berbagai Cerita Mistis di Balik Keindahannya
1
2


SEBELUMNYA

Cek Daftar Lengkap Nominasi Billboard Music Awards 2023, Ada Taylor Swift hingga Drake

BERIKUTNYA

Coca-Cola Y3000 Zero Sugar, Minuman Kaleng Futuristik dengan Sentuhan AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: