Pulau Boneka yang menyeramkan di Meksiko (Sumber foto: Flickr/Alejandro De La Cruz)

Rekomendasi 6 Wisata Horor di Dunia, dari Pulau Boneka di Meksiko hingga Desa Seribu Tengkorak Bali

21 February 2023   |   18:15 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Manusia itu pada dasarnya memang senang dengan hal-hal yang berbau horor. Lihat saja, film-film setan sering laris ditonton. Cerita-cerita horor selalu memiliki banyak penggemar. Begitu pun dengan tempat-tempat angker, bukan dijauhi, tetapi malah dijadikan objek wisata.

Di beberapa negara, tempat-tempat yang dahulunya memiliki cerita kelam atau  horor disulap menjadi destinasi pelesiran. Padahal, kalau mendegar ceritanya bisa begidik. Namun, justru itulah magnet dari tempat-tempat tersebut. Banyak orang yang penasaran, sampai akhirnya memberanikan diri mendatangi tempat tersebut.  

Baca juga: Rumah Amityville yang Terkenal Horor Bikin Kepo Para Tripper

Bagi para pencinta hal-hal yang menantang adrenalin, wisata horor bisa menjadi alternatif yang menarik. Menjelajahi tempat-tempat berhantu di seluruh dunia menawarkan pengalaman unik dan menantang yang bisa menguji ketahanan dan keberanian. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata horor di dunia yang bisa kalian coba:


1. The Island of the Dolls, Meksiko

 

Pulau Boneka (Sumber gambar: Flickr - Alejandro De La Cruz)

Pulau Boneka (Sumber gambar: Flickr - Alejandro De La Cruz)

The Island of the Dolls atau La Isla de las Munecas terletak di Xochimilco, Meksiko. Di sini, terdapat pulau kecil yang dihuni oleh boneka-boneka berukuran manusia yang tergantung di pohon atau ditempatkan di berbagai sudut pulau.  Menurut cerita yang beredar, pemilik pulau tersebut, Don Julian Santana, meninggalkan kariernya, kemudian memilih hidup sendirian di pulau tersebut selama bertahun-tahun.

Suatu hari, dia menemukan mayat gadis kecil yang tenggelam di pulau itu. Tak lama setelah menemukan mayat tersebut, dia mendapati boneka di tempat mayat gadis itu. Untuk menghormati arwah bocah tersebut, dia lantas menggantung boneka tersebut. Hal itu dia terus lakukan selama bertahun-tahun. Dia percaya bahwa boneka-boneka tersebut membantu menjaga roh gadis kecil itu tetap bahagia.
 

2. The Tower of London, Inggris

 

The Tower of London (Sumber foto: publicdomainpictures.net)

The Tower of London (Sumber foto: publicdomainpictures.net)

Selain sebagai salah satu destinasi wisata di Inggris, The Tower of London juga memiliki kisah misteri di baliknya. Situs bersejarah dan merupakan salah satu kastil tertua dan paling terkenal di Inggris ini diyakini didiami oleh para hantu. Salah satu hantu yang terkenal adalah Anne Boleyn, istri kedua Raja Henry VIII, yang dituduh berselingkuh.

Sejarah mencatat atas dugaan selingkuh, dia ditahan di penginapan mewah, sebelum dieksekusi dengan pedang di tempat itu. Kisah tersebut pun menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang menyenangi wisata horor. 

Menurut catatan Historic Royal Palace, menara tersebut dibangun oleh Raja Inggris William I pada 1070-an. Kastil ini adalah simbol kekuasaan Raja Inggris pada masa itu sampai berabad-abad kemudian. Dalam perjalanannya, kastil ini menjadi tempat perlindungan bagi para keluarga kerjaan pada masa perang dan pemberontakan. 
 

3. The Catacombs, Paris

 

cat-footer-faq

Katakomba Paris (Sumber gambar: catacombes.paris.fr)

Paris tidak selamanya identik dengan keromantisan. Kota ini juga menyimpan sisi kengeriannya. Cobalah datang ke l'Ossuaire Municipal, yaitu katakomba, ruang bawah tanah yang diperuntukan bagi pemakaman pada masa lalu. Pemakaman yang dibangun pada abad ke-12 ini berisi jutaan tengkorak dan tulang manusia. 

Para pengunjung bisa mendatangi tempat ini untuk merasakan sensasi yang menyeramkan dan menegangkan saat berjalan di antara kerumunan tengkorak. Selain itu, lokasinya cukup dekat dengan Menara Eifel, hanya sekitar 4 kilometer. 

Dikutip dari laman resminya, catacombes.paris.fr, sebelum kalian mendatangi tempat tersebut ada beberapa persyaratannya, seperti pesan tiket lewat online 7 hari sebelum kunjungan, tempat ini tidak direkomendasikan bagi wanita hamil, disabilitas, dan anak kecil, dan tidak boleh foto menggunakan flash

Baca juga: 7 Fakta Menarik Bosscha yang Jadi Angker Gara-gara Pengabdi Setan 2: Communion
 

4. The Island of Poveglia, Italia

 

(Sumber foto: visitvenezia.eu)

(Sumber foto: visitvenezia.eu)

Pada awalnya, Pulau ini memiliki penghuni. Mereka hidup tenteram di pulau tersebut. Sebagian besar mata pencaharian mereka adalah nelayan. Namun, pada abad ke-18 terjadi perang Chioggia yang membuat penduduk di pulau ini mengungsi.

Setelahnya, pulau itu difungsikan sebagai tempat kapal bersandar dan tempat penyimpanan perlatan-peralatan angkutan tersebut. Kemudian, berubah lagi menjadi tempat karantina untuk orang yang terinfeksi penyakit mematikan seperti wabah pes.

Sejak itu, ada banyak cerita horor yang menyertai tempat ini. Mengutip visitvenezia.eu, pamor keangkeran pulau ini semakin menjadi setelah para pemburu hantu dari serial televisi Amerika Serikat meliput tempat tersebut. 

Beberapa cerita muncul di antaranya, tanah di pulau itu berasal dari abu manusia. Mereka adalah orang yang meninggal karena wabah hitam. Selain itu, ada yang menyebut, di pulau ini juga menjadi tempat bunuh diri direktur rumah sakit jiwa, yang disebut-sebut sebagai dokter sadis.


5. The Edinburgh Vaults, Skotlandia

 

Edinburgh Vaults - Fw42 - Flickr

Edinburgh Vaults (Sumber foto: Flickr/Fw42)

The Edinburgh Vaults atau South Bridge Vaults adalah jaringan terowongan di bawah kota Edinburgh, Skotlandia. Pada abad ke-18, masyarakat setempat percaya bahwa jembatan ini mendapat kutukan, setelah seorang wanita meninggal sebelum jembatan dibuka. Padahal istri seorang hakim yang dihormati itu diagendakan menjadi orang pertama melintasi jembatan tersebut. 

Sejak saat itu, warga Endinburgh menyeberangi jembatan itu selama bertahun-tahun. Namun, lambat laun mereka mulai tidak percaya dengan takhayul tersebut. Area itu pun dikomersialkan. Para pengusaha mulai membangun toko-toko di sepanjang jembatan. 

Hal yang disangka adalah, di bagian bawah pun tak kalah menggeliatnya. Terowongan ini kala itu digunakan sebagai tempat tinggal dan toko-toko oleh orang miskin. Menjelajahi terowongan-terowongan yang gelap dan menakutkan ini akan memberikan pengalaman yang mengagumkan namun juga menantang.


6. Desa Trunyan, Kintamani, Bali

 

Desa Trunyan (Sumber foto: Wikimedia/Parasetamol)

Desa Trunyan (Sumber foto: Wikimedia/Parasetamol)

Jika Paris memiliki katakomba, maka Indonesia memiliki Desa Trunyan. Tempat ini bisa memacu adrenalin kalian, karena bakal berjumpa dengan tengkorak-tengkorak manusia. Mereka adalah jenazah penduduk desa setempat, yang tidak dikubur atau dikremasi, tetapi hanya diletakkan di bawahan pohon Taru Menyan. 

Mengutip indonesia.travel.id, pohon itu mampu menghilangkan bau jenazah di sana. Meski tidak dikubur, jenazah tersebut tidak menimbulkan bau. Tradisi unik ini telah lama dijalankan oleh masyarakat Desa Trunyan secara turun temurun.  

Ada berbagai persyaratan untuk menjalankan tradisi ini, misalnya jumlah jenazah tidak boleh lebih dari 11 orang. Kemudian, meninggal secara wajar, telah meninggal, dan anggota tubuh lengkap. Jika memenuhi syarat tersebut, maka jenazah bisa dimakamkan secara mepasah, yaitu ditaruh di bawah Taru Menyan. 

Bagi kalian yang hendak ke sana, ada beberapa aturan yang mesti ditaati. Di antaranya, tidak boleh berbicara kotor, tidak diperkenankan mengambil barang apa pun di sana. 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata horor di dunia. Namun, perlu diingat bahwa wisata horor bisa mengandung risiko dan menakutkan bagi sebagian orang. Selalu pastikan untuk memperhatikan keselamatan dan persiapan yang matang sebelum memulai perjalanan ke tempat-tempat tersebut.

Baca juga: Menikmati Wisata dengan Berbagai Cerita Mistis di Balik Keindahannya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Begini Tren Desain Furnitur 2023 Menurut Blackwood

BERIKUTNYA

Cek Keunggulan POCO X5 5G, Isi Baterai Hingga Full Cukup 1 Jam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: