Nyi Roro Kidul adalah sosok mistis yang kerap dikaitkan dengan setiap kejadian di Pantai Selatan Jawa. (Sumber gambar: Unsplash/Elang Wardhana)

Menikmati Wisata dengan Berbagai Cerita Mistis di Balik Keindahannya

21 October 2022   |   16:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ingin merasakan sensasi wisata yang berbeda dari wisata pada umumnya? Wisata ke tempat-tempat dengan cerita mistis dapat menjadi pilihan, Genhype. Selain memperoleh pengetahuan tentang mistis yang ada di tempat itu, kalian juga dapat menikmati keindahannya.

Cerita mistis adalah cerita yang kerap hadir di tengah masyarakat suatu wilayah. Biasanya cerita itu datang turun temurun, dan kerap sulit diterima oleh akal sehat. Tidak hanya itu, beberapa masyarakat juga kerap memercayai cerita tersebut.

Bagi kalian yang ingin berwisata sambil mendapatkan pengetahuan tentang cerita mistis, berikut tempat yang dapat kalian kunjungi.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Bosscha yang Jadi Angker Gara-gara Pengabdi Setan 2: Communion


1. Pantai Pangandaran

 

Pangandaran. (Sumber gambar: Unsplash/Abraham Noah)

Pangandaran. (Sumber gambar: Unsplash/Abraham Noah)

Pantai yang terletak di daerah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ini merupakan salah satu pantai wisata yang kerap menjadi tujuan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Ombaknya yang tidak terlalu besar, hamparan pasir yang membentang, keindahan biru laut, dan sinar matahari menjadi daya tariknya.

Di tempat ini, para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan. Salah satu dari beragam kegiatan menyenangkan itu adalah surfing atau bermain boogie. Selain keindahan alam yang tidak boleh terlewatkan, para pelancong juga dapat menikmati cerita mistis tentang Nyi Roro Kidul di tempat ini.

Nyi Roro Kidul adalah sosok yang dipercaya oleh masyarakat setempat menguasai laut selatan atau sebagai Ratu Laut Selatan. Sejumlah kejadian yang menimpa para wisatawan di tempat ini tidak jarang dikaitkan dengan dirinya.


2. Lawang Sewu

 

Lawang Sewu. (Sumber gambar: KAI Heritage)

Lawang Sewu. (Sumber gambar: KAI Heritage)

Lawang Sewu adalah salah satu objek wisata yang juga tidak boleh kalian lewatkan. Terletak di Semarang, Jawa Tengah, Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Bangunan utama tempat ini dibangun pada 1904 dan selesai pada 1907. Kemudian, sejumlah bangunan tambahan dibangun sekitar 1916, dan selesai pada 1918. Saat ini, di para pelancong dapat menikmati berbagai macam benda bersejarah di bangunan yang dijadikan sebagai museum itu.

Berbagai koleksi yang dapat disaksikan oleh kalian seperti mesin edmonson, mesin hitung, mesin tik, replika lokomotif uap, surat berharga, dan sebagainya. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menikmati keindahan arsitektur zaman dahulu saat berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, di tempat ini juga, sejumlah cerita mistis yang berkembang. Beberapa informasi daring menyebutkan bahwa di bangunan yang sudah ada sejak ratusan tahun itu terdapat kehadiran makhluk tidak kasat mata.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film & Serial Horor untuk Rayakan Halloween, Ratu Ilmu Hitam hingga Cabinet of Curiosities


3. Kawasan Alas Purwo

 

Kawasan ini adalah sebuah kawasan yang ditetapkan sebagai taman nasional oleh pemerintah melalui surat Keputusan Menteri Kehutanan pada 1992. Taman nasional ini merupakan kawasan hutan yang memiliki berbagai macam tipe ekosistem masih utuh di Pulau Jawa.

Ekosistem itu mulai dari pantai atau hutan pantai sampai dengan hutan hujan dataran rendah, hutan mangrove, hutan bambu, savana, dan hutan tanaman dengan keanekaragaman jenis flora darat yang bisa dikatakan tinggi.

Di tempat ini terdapat 700 jenis tumbuhan dengan sejumlah tumbuhan khas dan endemik seperti sawo kecil sawo kecik (Manilkara kauki). Kemudian, di tempat ini juga terdapat tumbuhan ketapang (Terminalia catapa), nyamplung (Calophyllum inophyllum), kepuh (Sterculia foetida), keben (Barringtonia asiatica), dan 10 jenis bambu.

Tidak hanya itu, berbagai fauna daratan juga terdapat di taman ini, bahkan terdapat 50 jenis mamalia ada di tempat ini.

Tempat yang memiliki keindahan beragam flora dan fauna itu juga disebut-sebut memiliki cerita mistis. Kawasan dengan luas 43.420 hektare itu disebut-sebut menjadi tempat pasugihan hingga menjadi tempat berkumpul makhluk tidak kasat mata.

Gua-gua yang terdapat di dalam kawasan taman nasional ini bahkan disebut-sebut kerap menjadi tempat bagi sejumlah orang untuk melakukan semadi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadwal & Cara Nonton BOOM Esports vs PSG.LGD di Playoffs Dota 2 TI11 Hari Ini

BERIKUTNYA

Ternyata Ini Faktor Penentu Program Kehamilan Tak Berjalan Baik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: