Tinder Makcomblang. (Sumber gambar: Tinder Indonesia)

Tinder Luncurkan Fitur Makcomblang, Cari Jodoh Lewat Rekomendasi Teman

25 October 2023   |   17:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Banyak jalan seseorang untuk bertemu dengan cinta sejatinya, termasuk berkat makcomblang. Genhype tentu akrab dengan kata makcomblang. Istilah ini biasanya ditujukan untuk seseorang yang menghubungkan atau mempertemukan calon pasangan kepada orang lain.

Tak sedikit orang yang berhasil berjodoh dengan seseorang berkat makcomblang. Dengan kecanggihan teknologi, makcomblang kini juga hadir di aplikasi kencan daring. Tinder baru saja mengumumkan fitur terbaru layanan mereka bernama Tinder Makcomblang atau Tinder Matchmaker. 

Tinder Makcomblang hadir untuk membantu para pengguna dan orang-orang terdekat mereka menilai apakan seseorang layak untuk disukai (like) dalam proses swiping di aplikasi.

Baca juga: Biar Kencan Online Lebih Aman, Tinder Ingatkan Pengguna soal Panduan Komunitas

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses Tinder pada waktu yang berbeda alias tidak harus dalam waktu yang bersamaan, dan merekomendasikan profil yang menarik kepada pengguna Tinder tersebut. Fitur ini membuat proses pendekatan (PDKT) atau kencan di aplikasi terasa seperti kerjasama, melibatkan ‘friend test’ atau rekomendasi dari teman langsung di Tinder.

Pengguna kini bisa mengundang orang lain, baik yang memiliki profil Tinder maupun tidak, untuk melihat dan mengusulkan calon match. Termasuk, memberikan pengguna kesempatan atas calon jodoh yang disetujui oleh teman-temannya. Namun, sama halnya di kehidupan nyata, hanya pengguna tersebut yang  akhirnya memutuskan siapa yang akan mereka pilih.  
 

Melissa Hobley selaku Chief Marketing Officer Tinder mengatakan mayoritas pengguna tinder mengaku sering mendapatkan rekomendasi calon pasangan dari teman-temannya. Kesimpulan itu didapatkan dari riset yang dilakukan Tinder di beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia, Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Hasilnya, ditemukan bahwa 75 persen anak muda lajang menagku kerap curhat ke teman-temannya tentang kehidupan percintaan beberapa kali dalam sebulan. Khusus di Indonesia, 45 persen para lajang mengaku pernah mengecek aplikasi kencan online bersama temannya.

Sementara 35 persen dari mereka juga pernah menunjukkan profil orang yang dianggap menarik dari aplikasi kencan kepada sahabat mereka. "Tinder Makcomblang membawa circle terdekat ke dalam perjalanan kencanmu, dan membantu melihat berbagai kemungkinan, melalui pendapat dan perspektif mereka," kata Melissa.

Fitur Tinder Makcomblang kini tersedia di Amerika Serikat, Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Korea Selatan, Spanyol, Thailand, Inggris Raya, dan Vietnam, dan akan segera diluncurkan kepada pengguna Tinder di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.


Cara Kerja Tinder Makcomblang

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara kerja fitur Tinder Makcomblang.
  • Sesi Tinder Makcomblang bisa dilakukan langsung dari kumpulan profil, atau lewat pengaturan aplikasi. Pengguna dapat membagikan tautan unik mereka hingga ke 15 teman dalam periode 24 jam. 
  • Setelah mengikuti tautan, makcomblang dapat masuk ke Tinder atau masuk sebagai tamu setelah menyelesaikan permintaan verifikasi usia dan menyetujui syarat-syarat Tinder seperti yang dijelaskan di layar. 
  • Makcomblang memiliki waktu 24 jam untuk menjadi cupid sebelum sesi berakhir, di mana mereka dapat merekomendasikan profil untuk pengguna Tinder tersebut. Akan tetapi, mereka tidak dapat mengirimkan pesan atas nama akun pengguna tersebut kepada match-nya. 
  • Setelah sesi berakhir, pengguna Tinder akan memiliki kesempatan untuk meninjau profil yang disukai oleh makcomblang mereka. Profil yang mendapatkan "Suka" dari makcomblang akan ditandai sebagai "rekomendasi", sementara profil yang mendapatkan tombol "Tidak", tidak akan berubah.
  • Adapun, pengguna Tinder tetap memegang keputusan akhir atas siapa yang akan mereka "Suka" (Like). Meski begitu, mereka setidaknya tahu siapa calon match yang disetujui oleh teman-teman mereka.
Baca juga: Hindari Penipuan, Tinder Tambah Syarat Swavideo untuk Verifikasi Foto

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Yuk Ikutan Voting Aktor, Aktris, dan Film Favorit Kalian di Ajang FFI 2023

BERIKUTNYA

Bos Agensi Vtuber Hololive Bakal Hadir di Sesi Panel Indonesia Comic Con, Catat Jadwalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: