Tinder adalah aplikasi kencan online yang akan mempertemukan seseorang dengan orang lainnya (Sumber gambar Unsplash/ Austin Distel)

Hindari Penipuan, Tinder Tambah Syarat Swavideo untuk Verifikasi Foto 

27 April 2023   |   13:59 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pengguna aplikasi Tinder kini tidak perlu khawatir lagi terhadap kejahatan online. Sebab, aplikasi kencan ini kembali memperkuat proses verifikasi foto dengan meminta anggota untuk mengambil swavideo atau video selfie untuk membuktikan keaslian diri pengguna sejak Rabu, (26/4/23). 

Selain itu, para anggota dengan foto terverifikasi juga dapat meminta teman yang dipilih atau match mereka untuk melakukan hal yang sama sebelum mengobrol. Jadi, melalui proses verifikasi berlapis ini para pengguna Tinder lebih memiliki kendali saat berinteraksi dengan orang lain. 

Baca juga: Tinder Perbarui Fitur Keamanan Guna Melindungi Penggunanya Dari Kejahatan Daring

SVP of Product Integrity Tinder Rory Kozoll dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, (26/4/23) mengatakan, proses penguatan verifikasi foto ini bermanfaat bagi anggota karena alat tersebut dapat membantu mereka untuk menilai keaslian dari sosok match. 

"Kami akan terus memprioritaskan metode ini untuk membantu menjadikan Tinder tempat yang lebih aman untuk bertemu orang baru," kata Rory. 

Hingga saat ini, menurutnya, bagi para member yang berusia 18-25 tahun, foto terverifikasi dapat memberikan peluang match 10 persen lebih tinggi. Tak hanya itu, dari semua anggota Tinder, hampir 40 persen telah mendapatkan centang biru yang menandakan adanya foto terverifikasi. 

Dalam Pengaturan Pesan, anggota dengan foto terverifikasi dapat memilih untuk hanya menerima pesan dari sesama member dengan foto terverifikasi. Untuk itu, Tinder akan mensyaratkan semua member baru untuk melakukan verifikasi foto saat membuat profil di depan. 

Namun, dalam pengujian awal, lebih banyak laki-laki yang melakukan verifikasi foto melalui pengenalan swavideo. Untuk itu, kini Tinder akan mensyaratkan semua member baru untuk melakukan verifikasi foto saat membuat profil, di mana proses tersebut langsung ada di depan.

Swavideo, menurut Rory, akan membuat proses verifikasi foto naik level. Sebelumnya, para anggota mengambil foto dengan pose diam, kemudian foto-foto tersebut akan dibandingkan dengan foto lain di profil member. Namun, sekarang, jika member ingin memverifikasi foto, mereka harus menyelesaikannya dengan swavideo. 

Tinder mengeklaim dengan memberikan alat  tersebut akan dapat membantu para member mengendalikan perjalanan online dating mereka. Termasuk memungkinkan mereka memilih tipe orang tertentu untuk berinteraksi. 

Tak hanya itu, member yang memilih obrolan dengan foto terverifikasi di Pengaturan pesan hanya akan menerima pesan dari sesama member foto terverifikasi dan meminta match mereka lainnya untuk memverifikasi foto sebelum pesan dikirim. 

Adapun swavideo atau video selfie dalam verifikasi foto sudah tersedia serentak secara global. Fitur keamanan baru ini pun sudah tersedia juga di Indonesia. Setiap member Tinder juga  diharapkan sesuai dengan wujud aslinya dan benar-benar autentik, oleh karena itu verifikasi foto dan swavideo diluncurkan untuk setiap orang yang mau dan benar-benar terverifikasi cakep di aplikasi.

Berikut Cara Mengobrol dengan Anggota Terverifikasi Foto:
  • Buka aplikasi Tinder
  • Ketuk ikon profil lalu ketuk ikon Pengaturan Pesan
  • Scroll ke "Kontrol Pesan" dan aktifkan "Hanya Pengguna Terverifikasi".
  • Selesai! kini hanya member dengan foto terverifikasi saja yang dapat mengirimkan kamu pesan.

Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Ragu Keluar Kota Naik Bus? Simak 4 Alasan Kamu Harus Coba Naik Bus AKAP

BERIKUTNYA

Hangat dan Menyehatkan, Redakan Lelah dengan 5 Minuman Berikut Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: