Istana Buckingham jadi rumah termahal di dunia. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

10 Rumah Termahal di Dunia, Nilainya sampai Rp44 Triliun!

24 October 2023   |   11:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Les Palais Bulles (US$390 juta)

Dijuluki sebagai “Istana Gelembung”, bangunan Les Palais Bulle dirancang oleh arsitek Hongaria, Antti Lovag pada tahun 1975 hingga 1989. Julukan itu disematkan lantaran Les Palais Bulles terdiri dari serangkaian ruangan bundar yang menghadap ke laut Mediterania.
 
Inspirasi Lovag untuk desain bangunan satu ini berasal dari bentuk tempat tinggal manusia pada zaman dahulu, namun, rancangannya telah ditingkatkan secara serius dengan beberapa kenyamanan yang sangat mengesankan. Misalnya, properti ini memiliki tiga kolam renang, banyak taman, dan amfiteater berkapasitas 500 kursi yang dibangun di lereng bukit.
 
Les Palais Bulles saat ini dimiliki oleh Pierre Cardin, seorang perancang busana Prancis kelahiran Italia. Properti ini sering digunakan sebagai rumah liburan bagi sang pemilik, sekaligus menjadi tempat spektakuler untuk pesta dan acara, seperti saat Dior memamerkan koleksi Dior Cruise di peragaan busana dalam/luar ruangan.
 

4. Villa Les Cèdres (US$450 juta)

 
 
Posisi keempat rumah termahal dunia disematkan kepada Villa Les Cèdres, yang terletak di Saint-Jean-Cap-Ferrat, Prancis. Kemegahan rumah ini membuat harganya ditaksir mencapai US$450 juta alias hampir setengah miliar dolar. Villa Les Cèdres pertama kali dibangun pada tahun 1830 dan dibeli oleh Raja Leopold II dari Belgia pada tahun 1904.
 
Sebelumnya, properti ini dianggap sebagai rumah termahal di dunia pada tahun 2017, namun kini posisinya telah bergeser menjadi keempat. Properti ini terletak di taman seluas sekitar 35 hektar, dan namanya diambil dari banyaknya pohon cedar yang terletak di seluruh lahannya.
 
Bangunan Villa Les Cèdres sendiri berukuran sekitar 18.000 kaki persegi dan terdiri dari 14 kamar tidur, yang juga dilengkapi dengan kolam renang ukuran Olimpiade dan kandang besar untuk menampung 30 ekor kuda.
 

3. Vila Leopolda (US$750 juta)

Villa Leopolda adalah rumah termahal ketiga di dunia. Vila tersebut dimiliki oleh Lily Safra, bankir Brasil-Lebanon, Edmund Safra. Terletak di Frances Alps-Maritime di wilayah Cote d'Azur, bangunan ini menempati lahan seluas sekitar 50 hektar. 
 
Nama Leopolda sendiri diambil dari pemilik aslinya yakni Raja Leopold II dari Belgia dan didesain ulang pada tahun 1920-an oleh arsitek Amerika, Ogden Codman Jr.
 
Rumah mewah ini memiliki 11 kamar tidur, 14 kamar mandi, rumah kaca komersial, helipad, dapur luar ruangan dan kolam renang dengan desain terbaik. Properti ini terkenal karena menjadi lokasi syuting film Alfred Hitchcock tahun 1955: To Catch a Thief.
 

2. Antilla (US$1 miliar)

Antilla didapuk sebagai rumah termahal kedua di dunia. Bangunan mewah menjulang tinggi yang terletak di Mumbai, India ini memiliki nilai mencapai US$1 miliar. Antilla dirancang dan dibangun oleh firma arsitektur yang berbasis di Chicago, Perkins & Will, dan firma desain perhotelan, Hirsch Bender Associates.
 
Properti ini dibangun untuk Mukesh Ambani, Ketua sekaligus Direktur Pelaksana Reliance Industries Limited, sebuah perusahaan Fortune Global 500 dan tergolong orang terkaya di India.
 
Bangunan seluas 400.000 kaki persegi ini terletak di dekat Bukit Cumballa Mumbai dan berdiri di ketinggian 27 lantai yang mengesankan. Bangunan ini juga dirancang untuk tahan terhadap gempa berkekuatan 8 skala richter.
 
Di dalam rumah tersebut, akan dijumpai enam lantai yang dikhususkan untuk penyimpanan mobil, bengkel mobil, kuil, bioskop dengan 50 kursi, dan sembilan lift. Fasilitas lainnya termasuk spa kesehatan, tiga helipad, salon, ruang serbaguna dan studio yoga, ruang es krim, dan beberapa bioskop.
 

1. Buckingham Palace (US$2,8 miliar)

Buckingham Palace adalah istana milik keluarga Kerajaan Inggris dan merupakan salah satu dari sejumlah properti mewah dalam portofolio mereka. Terletak di kota Westminster, London, bangunan ini terdiri dari 775 kamar, 78 kamar mandi, 92 kantor, dan 19 kabin. Istana Buckingham menjadi kediaman resmi kerajaan sejak tahun 1873.
 
Dari segi ukuran, istana ini memiliki luas sekitar 828.000 kaki persegi dan tamannya sendiri seluas 40 hektar. Meski ukurannya mengesankan dan menyandang predikat rumah termahal di dunia, istana ini tetap bukan istana terbesar di dunia. Karena kemegahannya, Istana Buckingham diperkirakan memiliki nilai mencapai US$2,9 miliar atau sekitar Rp44 triliun.

Baca juga: Boeing sampai Air Force One, Ini 8 Jet Pribadi Termahal di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Daftar Pemeran Film Mohon Doa Restu, ada Jefri Nichol & Sarah Sechan

BERIKUTNYA

Profil Bae Suzy, Idola K-Pop yang Jadi Anggota Grup Dream Sweet di Drakor Doona!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: