Ilustrasi jet pribadi (Sumber gambar: Unsplash/Jakob Rosen)

Boeing sampai Air Force One, Ini 8 Jet Pribadi Termahal di Dunia

29 August 2023   |   18:16 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jet pribadi atau private jet menjadi moda transportasi premium yang sering digunakan oleh masyarakat kelas atas, pejabat atau pesohor dunia. Jet pribadi biasanya dibeli atau disewa oleh orang-orang yang ingin menempuh jalur udara tanpa harus mengantri di bandara dan membeli tiket pesawat.

Umumnya Jet Pribadi memiliki ukuran yang lebih kecil daripada pesawat komersial yang dimiliki maskapai penerbangan, yakni dengan panjang sekitar 10-20 meter. Desainnya pun lebih mewah dan berkelas dengan sejumlah fasilitas eksklusif di dalamnya. 

Baca juga: Ternyata Ini 5 Alasan Dilarang Merokok di Dalam Pesawat, Bahaya Banget!

Jet pribadi biasanya ditenagai dengan mesin turbofan bypass rendah yang memiliki daya dorong dan kecepatan lebih tinggi daripada yang biasa digunakan pada pesawat transportasi umum. Dengan begitu seseorang bisa melakukan perjalanan dengan cepat dan nyaman. 

Meski demikian, untuk bisa menyewa atau memiliki jet pribadi, seseorang harus merogoh kocek besar lantaran harganya yang sangat fantastis. Mengutip dari The Richest, berikut ini adalah daftar delapan jet pribadi termahal di dunia pada 2023. 


1. Air Force One - Rp10,07 Triliun 

Air Force One (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Dtom)

Air Force One (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Dtom)

Air Force One menjadi jet pribadi termahal di dunia dengan harga mencapai US$660 juta atau Rp10,07 triliun pada 2023. Air Force One adalah simbol kepresidenan Amerika yang diakui di seluruh dunia. Jet pribadi ini biasa digunakan untuk membawa presiden AS dengan keamanan, kemewahan, dan teknologi yang tak tertandingi.

Air Force One dapat menampung 100 penumpang dan 26 awak pesawat. Terdapat sejumlah fasilitas seperti ruang medis termasuk di dalamnya ruang operasi beserta dokter dan tim medis, ruang konferensi, dan beberapa tempat tidur. Semuanya tersebar di tiga dek ukuran 4.000 kaki persegi.

Selain itu, Air Force One diperkuat secara fisik dan elektronik untuk melindungi jet dari gelombang elektromagnetik. Jet pribadi ini dirancang untuk mengantisipasi serangan udara dan diklaim mampu menjadi pusat komando ketika teroris menyerang. Selain itu, jet ini dapat diisi bahan bakarnya di udara dan selalu diikuti oleh dua jet tempur saat beroperasi. 
 

2. Boeing 747 Refit - Rp9,41 Triliun

Boeing 747 Refit memiliki harga US$617 juta atau Rp9,41 triliun. Jet pribadi ini biasa membawa para selebriti ternama, para petinggi perusahaan, dan badan pemerintahan. Jet pribadi ini memiliki kabin yang bisa menampung hingga 600 orang. Terdapat delapan kamar tidur, restoran, beberapa area lounge, serta meja makan.

Interior di dalamnya sepenuhnya disesuaikan dengan selera pemilik, seperti menggunakan kulit premium atau kayu eksotis. Biasanya interiornya menggunakan perpaduan warna beige dan emas, serta sofa krem yang membuat tampilannya terlihat sangat elegan.


3. Airbus A380 Custom - Rp9,15 Triliun 

Airbus A380 (Sumber gambar: Flickr/Todd Lappin)

Airbus A380 (Sumber gambar: Flickr/Todd Lappin)

Airbus A380 Custom berada pada harga US$600 juta atau Rp9,15 triliun. Jet pribadi ini telah melakukan lebih dari 800.000 penerbangan dan membawa lebih dari 300 juta penumpang sejak mulai beroperasi. Salah satu orang yang memiliki jet pribadi ini adalah Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal. 

Fasilitas di dalamnya terdapat dua dek panjang penuh dengan dimensi badan lebar. Jumlah kursinya lebih banyak dan dapat menampung lebih dari 500 penumpang. A380 memiliki mesin yang tidak bising saat beroperasi. Area sayap A380 yang lebih besar memungkinkannya untuk mendarat jauh lebih lambat, sehingga menghasilkan kebisingan yang lebih rendah.

4. Airbus A340-300 - Rp7,63 Triliun

Airbus A340-300 memiliki harga US$500 juta atau Rp7,63 triliun. Jet pribadi sering idgunakan oleh perusahaan penerbangan Air France. Hampir seluruh rute penerbangan telah menggunakan pesawat Airbus A340-300. Seorang miliarder dari Rusia, yakni Alisher Usmanov adalah salah satu pemilik pesawat ini

Airbus A340-300 dapat menampung hingga 290 penumpang. Area VIP dalam pesawat ini terdiri dari suite pribadi untuk penumpang utama dan tamu. Suite tersebut juga memfasilitasi ruang yang nyaman dengan tempat duduk, kasur, penyimpanan, serta berbagai hiburan mewah. 
 

5. Boeing 747-8 Intercontinental BBJ - Rp6,37 Triliun 

Boeing 747-8 (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Boeing Dreamscape)

Boeing 747-8 (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Boeing Dreamscape)

Boeing 747-8 Intercontinental BBJ memiliki harga US$418 juta atau setara Rp6,37 triliun. Pesawat ini merupakan jet pribadi milik Grup China HNA. BBJ 747-8 mampu menerbangkan 100 penumpang hingga 16,437 km, mampu terbang antara Sydney dan New York serta antara London dan Adelaide tanpa perlu berhenti mengisi bahan bakar.

Kabinnya memiliki luas total 5.179 kaki persegi yang dapat dikonfigurasi sesuai keinginan pemiliknya. Di dalamnya dapat memuat berbagai fitur-fitur mewah, seperti suite pribadi, ruang konferensi, lounge, ruang makan, hingga zona hiburan. 


6. Boeing 747-8 VIP - Rp5,6 Triliun

Boeing 747-8 VIP harganya mencapai US$367 juta atau sekitar Rp5,6 triliun. Jet pribadi ini didukung oleh empat mesin General Electric GEnx, sehingga dapat terbang sejauh 8.000 mil laut tanpa berhenti. Jet ini menawarkan ruang kabin yang luas dan fasilitas mewah untuk kenyamanan penumpangnya. Mulai dari tempat duduk mewah, kamar tidur pribadi, kamar mandi, hingga dapur untuk menyajikan hidangan lezat.
 

7. Airbus ACJ350 Custom - Rp5,6 Triliun 

Airbus A350 (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Steve Lynes from Sandshurst)

Airbus A350 (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Steve Lynes from Sandshurst)

Airbus ACJ350 (Airbus Corporate Jet) dijual seharga US$366 juta atau sekitar Rp5,6 triliun. Pesawat ini menawarkan teknologi inovatif seperti sayap yang dapat berubah bentuk saat terbang dan badan pesawat yang terbuat dari material komposit karbon terbaru. Kombinasi ini menghasilkan penerbangan yang cepat dan nyaman.

Airbus ACJ350 dapat terbang selama 22 jam nonstop. Di dalamnya terdapat sejumlah fasilitas mewah, seperti spa, kantor, kamar tidur, dan ruang bermain anak-anak. Selain itu, jet pribadi ini memiliki delapan zona suhu dan sistem filtrasi tingkat rumah sakit. 


8. Gulfstream III - Rp1,9 Triliun

Gulfstream III merupakan jet pribadi yang diproduksi oleh Gulfstream Aerospace. Setiap unitnya bisa dijual seharga US$125 juta atau Rp1,9 triliun. Gulfstream III melakukan penerbangan pertamanya pada 2 Desember 1979. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 928 km/jam dan kecepatan jelajah 818 km/jam.

Kabinnya sangat luas dengan ukuran panjang 45,1 kaki, lebar 7,3 kaki, dan tinggi 6,1 kaki. Sangat nyaman untuk 12 orang penumpang dengan konfigurasi tempat duduk maksimum 19 orang. Adapun untuk kompartemen bagasinya dapat menampung hingga 22 tas.

Baca juga: 8 Kode Rahasia Pramugari dan Pilot di Pesawat, Ada yang Bikin Senyum

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Aneka Resep Es Kopyor, Minuman Segar Cocok untuk Cuaca Panas

BERIKUTNYA

Menilik Kesiapan Timnas MLBB Indonesia Tatap Laga Perdana IESF 2023 Lawan Amerika Serikat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: