Bae Suzy. (Sumber foto: Netflix Korea)

Profil Bae Suzy, Idola K-Pop yang Jadi Anggota Grup Dream Sweet di Drakor Doona!

24 October 2023   |   11:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Drama Korea Doona! masih menjadi perbincangan hangat di media sosial sejak tayang di Netflix pada 20 Oktober 2023. Sampai saat ini, kata kunci 'Doona' masih bertengger di trending topic di X. Penantian panjang penonton akan drakor terbaru aktris Bae Suzy itu tampaknya terbayar, dengan suguhan drama romantis yang menghanyutkan.
 
Banyak warganet yang menilai bahwa chemistry antara Bae Suzy dan Yang Se-jong benar-benar kuat dan terbangun dalam drakor Doona!. Tak sedikit dari mereka yang larut dengan jalan cerita kisah cinta antara Doona (diperankan oleh Bae Suzy) dan Lee Won-jun (Yang Se-jong) yang terbilang unik dan tak biasa.
Dalam serial ini, Bae Suzy berperan sebagai Lee Doona, seorang idol K-Pop yang tengah berada di puncak ketenarannya bersama girl group Dream Sweet. Namun, dia tiba-tiba mengundurkan diri dari grup tersebut dan bersembunyi di sebuah indekos mahasiswa dekat universitas. Di tempat tersebut, dia menjalani kehidupannya yang baru termasuk terlibat cinta lokasi alias cinlok dengan Lee Won-jun.
 
Berbeda dari peran-peran yang pernah dilakoninya, dalam drama anyarnya itu, Suzy hadir sebagai sosok perempuan cantik tapi misterius. Dari awal, penonton pasti akan bertanya-tanya apa yang membuatnya meninggalkan kariernya sebagai idola K-Pop terkenal. Meski Doona cenderung jujur dan blak-blakan, sebenarnya dia menyimpan banyak luka dan merasa kesepian.
 
Tak sedikit warganet di media sosial yang memuji kemampuan akting Suzy dalam serial Doona!. Banyak yang menilai bahwa aktris berusia 29 tahun itu sukses memerankan karakter perempuan cantik sekaligus 'gila', termasuk chemistry-nya yang kuat dengan karakter Lee Won-jun. Penonton pun larut dalam emosi yang mereka bangun dari awal hingga akhir cerita.
Sebelum menjadi aktris, Bae Suzy lebih dulu debut sebagai anggota girl group K-Pop, Miss A, besutan JYP Entertainment pada 2010, bersama tiga member lainnya yakni Fei, Min, dan Jia. Suzy dilirik oleh pihak agensi sekalipun dia gagal lolos dalam audisi Superstar K Mnet pada 2009. Ketika debut, Suzy bahkan di juluki The Most Legendary Visual Debut karena paras cantiknya yang menggemparkan Korea Selatan.
 
Setahun berselang, artis pemilik nama asli Bae Su-ji itu mulai menjajal dunia seni peran. Dia mendapatkan peran pertamanya dalam drama musik remaja Dream High (2011). Debut dramanya itu juga mengantarkan Suzy untuk menyabet penghargaan Best New Actress dan Best Couple Award di ajang KBS Drama Awards 2011.
 
Sejak saat itu, kariernya di dunia akting mulai menanjak. Pada 2012, dia membintangi debut filmnya berjudul Architecture 101. Film itu menjadi satu dari 10 film yang paling banyak ditonton di Korea pada kuartal pertama 2012, yakni sebanyak 4,1 juta penonton selama sembilan minggu tayang di bioskop. Capaian itu jug menjadi menjadi rekor box-office baru yang diraih oleh film melodrama Korea.
 
Setelah penampilannya dalam film Architecture 101, Suzy disebut sebagai Nation's First Love atau Ikon Cinta Pertama Korea berkat akting natural dan daya tarik personanya yang lugu. Tak cukup sampai disitu, perempuan kelahiran 10 Oktober 1994 itu juga menjadi salah satu model endorsemen paling laris di Korea bahkan dijuluki sebagai "Ratu Iklan".
 
Pesona Suzy pun menarik minat sejumlah merek fesyen ternama dunia untuk mendapuknya sebagai brand ambassador. Pada 2022, Suzy diumumkan sebagai duta merek global Dior, sekaligus menjadi artis Korea Selatan pertama yang menjadi duta merek jam tangan mewah, Swiss Longines. 
 
Ditambah dengan perannya sebagai duta merek dari Lancome, Reebok dan Guess, Suzy menjadi salah satu selebritas dengan pengaruh dan popularitas kuat, tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga mancanegara.

Kecantikan alami parasnya membuatnya kerap menjadi muse produk-produk kecantikan dan fesyen, memberikan sentuhan mewah pada setiap produk yang dipromosikannya. Tak ayal, jika Suzy disebut sebagai salah satu artis Korea terkaya.
 
Menurut laporan KpopStarz, kekayaan bersih Suzy pada Juli 2023 mencapai US$30 juta atau sekitar Rp477 miliar. Perolehan itu membuatnya menempati posisi kelima sebagai artis dengan bayaran tertinggi di Korea Selatan.
 
Suzy adalah sosok artis multitalenta. Di samping kegiatannya di dunia seni peran yang produktif, dia juga terus aktif merilis karya-karya baru di bidang musik hingga berkolaborasi dengan para musisi lain. Pada 2015, Suzy berkolaborasi dengan penyanyi sekaligus aktor Taiwan, Show Lo, merilis single berjudul Together In Love yang ditampilkan dalam albumnya, Reality Show.
 
Pada 2016, Suzy kembali merilis single berjudul Dream yang berkolaborasi dengan Baekhyun EXO. Lagu itu memulai debutnya di nomor satu tangga lagu digital mingguan Gaon Charts, dan berhasil memenangkan penghargaan Best Collaboration di Mnet Asian Music Awards.
 
Satu tahun berselang, Suzy debut karier musik solonya dengan meluncurkan album Yes? No? (2017). Single pra-rilisnya, Pretend, dirilis pada 17 Januari 2017 dan mencapai populer di sejumlah tangga musik, sementara single Yes, No, Maybe dirilis seminggu setelahnya.
 
Pada tahun yang sama, JYP Entertainment mengumumkan bahwa girlgroup Miss A telah bubar setelah pengumuman Min hengkanh dari grup maupun label tersebut. Meskipun begitu, Suzy tetap memperbarui kontraknya dengan pihak agensi. Dua tahun kemudian, dia meninggalkan JYP Entertainment setelah kontraknya berakhir, lalu menandatangani kontrak baru dengan agensi akting Management SOOP.
 
Dunia master of ceremony (MC) atau pembawa acara juga dilakoni Suzy. Beberapa acara yang pernah dipandunya antara lain MBC Show! Music Core, Seoul Music Awards, Golden Disc Awards, dan Mnet 20's Choice Awards.
 
Sepanjang kariernya, telah banyak film dan serial yang dibintangi Suzy diantaranya Anna (2022), Start-Up (2020), Vagabond (2019), Ashfall (2019), While You Were Sleeping (2017), The Sound of a Flower (2015), dan Gu Family Book (2013).
 
Sederet penghargaan pun telah diraihnya seperti Best Actress di Blue Dragon Series Awards 2023, Best Actrees dan Best Couple Award di SBS Drama Awards 2019, dan Most Popular Actress di Baeksang Arts Awards 2018.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

10 Rumah Termahal di Dunia, Nilainya sampai Rp44 Triliun!

BERIKUTNYA

Asian Para Games 2022: Indonesia Raih Peringkat 7 Peraih Medali Emas Terbanyak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: