Ilustrasi buku di rumah (Sumber foto: Unsplash/Florencia Viadana)

Kiat Memulai Kebiasaan Membaca Buku dari Rumah

23 October 2023   |   21:00 WIB

“Tunjukkan kepadaku keluarga yang suka membaca, dan aku akan menunjukkan kepadamu orang – orang yang akan mengubah dunia.” – Napoleon Bonaparte. Setidaknya, tentu kita pernah tau adanya ungkapan bahwa dengan buku, kita sebagai pembaca bisa menjelajah ke ranah apapun dan manapun tanpa berpindah.

Pun dengan buku, kita dapat bercakap dan berempati dengan situasi dan dimensi waktu yang tak terbatas. Sebuah buku dapat membuat seseorang memiliki banyak pengalaman dengan sedikit kelelahan. Sebegitu pentingnya buku, hingga penting juga bagi kita untuk membiasakannya berada di lingkungan terdekat, yaitu rumah. 

Baca juga: Kevindra Soemantri Kulik Perkembangan Kuliner Jakarta di Buku Gastropolitan

Jika ada peribahasa yang mengungkapkan bahwa rumah adalah sekolah pertama dan utama, maka tanpa adanya buku ungkapan itu pun akan sulit untuk dicerna.  Rumah adalah tempat ternyaman untuk seorang manusia belajar. Sementara buku adalah alat terhebat yang mengikat ilmu menjadi satu kesatuan. Pantaslah jika rumah dan buku menjadi dua hal yang tak boleh terpisahkan. 

Lebih dalam, manfaat buku di rumah akan membantu dalam menanamkan kebiasaan baik untuk anak sejak usia dini. Salah satunya tentang kemampuan literasi dalam hal membaca ataupun menulis. Dalam jurnal social science research menunjukkan bahwa kebiasaan yang baik di rumah dalam hal membaca buku akan berdampak positif pada perkembangan akademik, dan pencapaian pekerjaan di masa depan. Rumah yang dipenuhi buku tentu akan menarik minat baca anak untuk menggali pengetahuan yang lebih luas. 

Lalu bagaimana caranya agar rumah dan buku benar-benar nyata menjadi taman surga untuk keluarga kecil kita? Melalui artikel ini, diberikan beberapa tips untuk membuat rumah dan buku semakin lekat.
 

React A Book, Everyday!

Pernah dengar ungkapan ‘long-term consistency trumps short-term intesity’? Yap! Konsistensi adalah kunci. Sama halnya dengan buku, mulailah untuk membiasakan tiap anggota keluarga dengan buku setiap harinya. Intensitas bersinggungan dengan buku setiap hari lambat laun akan memicu kebiasaan positif yang berdampak bagi aspek motorik  maupun kognitif pula.

Bagi orang tua yang masih memiliki bayi pun sangat dianjurkan untuk membacakan buku sedari dini. Biasakan anak untuk membaca buku atau dibacakan buku setiap hari. Sebab aktivitas ini akan memicu dampak positif terhadap kemampuan literasi sang buah hati.
 

Explore Different Type of Book!

Setiap orang pasti memiliki jenis buku favorit sesuai minatnya. Kecenderungan topik bacaan pun biasanya tidak akan jauh dari apa yang menarik bagi kita. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba topik di luar zona nyaman, lho! Gali semua jenis buku dan pelajari apapun yang bisa dipelajari. Sebab kita tidak tau darimana ilmu itu bisa menggerakkan hati. Jadi, segera list buku yang ingin kamu baca dan eksekusi sedikit demi sedikit. Siapa tau bisa jadi ide untuk menambah referensi di perpustakaan rumah juga.


Appreciate each family member!

Ungkapan apresiasi adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang agar terus semangat. Betul atau betul? Tentu dalam aktivitas literasi pun boleh ditambahkan pemanis apresiasi agar proses membangun habit bisa berjalan menyenangkan. Cobalah untuk memberikan reward untuk setiap anggota keluarga khususnya anak dalam hal aktivitasnya bersama buku. Semoga dengan peran keluarga dan rumah benar-benar menjadi sarana edukasi dengan buku. 

Deliver the spirit!

Terakhir, jadikan kebiasaan baikmu sebagai hal yang dapat ditularkan. Jangan berhenti di kamu! Beri ruang untuk membagikan pemikiranmu ke orang lain, agar semakin banyak orang yang sadar untuk memulai gerakan rumah dan buku secara lebih nyata. Dalam perjalanannya mungkin dibutuhkan proses. Sungguh tidak instan dalam membangun sebuah kebiasaan baik. Tapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan dan diupayakan. 

Mulai sekarang yuk mengambil peran yang bisa mengubah dunia dengan menjadikan buku sebagai sahabat di rumah kita! Dengan gerakan React-Explore-Appreciate-Deliver atau gerakan READ, upayakan untuk menjadi sang pengubah dunia. Let’s read with READ!

Baca juga: Kutu Buku Merapat, Cek 5 Rekomendasi Toko Buku Independen di Jakarta yang Wajib Kalian Tahu

Editor: Dika Irawan

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan hasil karya artikel yang bersangkutan sebagai penulis independen. Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

Mengenal 8 Teknik Meracik & Menyeduh Jamu Modern ala Acaraki

BERIKUTNYA

Tertarik Bangun Greenhouse Sederhana di Rumah, Ikuti Yuk Panduannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: