Ilustrasi remaja yang akan menjadi dewasa. (Dok. Eliott Reyna dari Unsplash)

Orang Tua, Kenali 7 Ciri-ciri Anak-Anak Mulai Beranjak Dewasa

14 August 2021   |   21:22 WIB

Proses dewasa pada anak adalah tahapan yang datang seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman yang telah dilalui oleh buah hati. Biasanya kedewasaan ini datang dengan bertambahnya kemampuan tertentu di dalam dirinya seperti tanggung jawab, kemampuan mengelola perasaan, hingga proses penempatan diri.

Orang tua bisa mengenali tujuh ciri-ciri ini untuk mengetahui bahwa buah hati sudah dewasa lho! Yuk simak ciri-cirinya.

1. Lebih baik dalam mendengarkan orang lain
Salah satu hal yang biasa ditemui dalam anak yang sudah mulai dewasa adalah ketika buah hati mulai bisa mendengarkan orang lain dengan lebih sabar dibanding saat buah hati masih berada dalam tahapan anak-anak atau remaja. Menjadi pendengar yang baik menunjukkan bahwa buah hati sudah mulai memberi perhatian yang baik kepada orang lain dan tidak egois di dalam sebuah hubungan.

2. Lebih pengertian
 

Ilustrasi remaja. (Dok. Anna Vander Stel dari Unsplash)

Ilustrasi remaja. (Dok. Anna Vander Stel dari Unsplash)

Pengertian biasanya muncul seiring dengan banyaknya pengalaman yang telah dialami dan juga pemahaman akan berbagai hal yang telah dia pelajari seumur hidupnya. Semakin banyak pemahaman yang dimiliki seseorang, maka semakin dewasa buah hati Genhype. Ini bisa terlihat dari bagaimana buah hati memahami situasi dari berbagai sudut pandang ketika berhadapan dengan sebuah masalah atau kejadian.

3. Lebih toleran
Toleransi merupakan salah satu sikap yang menunjukkan bahwa buah hati sudah mulai dewasa, di mana hal ini didasari atas pemahaman bahwa ada banyak perbedaan yang ada di dunia ini dan pentingnya untuk menghargai serta menerima perbedaan tersebut. Perbedaan ini bisa berupa perbedaan kepribadian, perbedaan fisik, hingga perbedaan pola pikir dan cara pandang terhadap suatu hal.

4. Siap untuk berbagi
 

Ilustrasi remaja. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Ilustrasi remaja. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Sebenarnya ajaran untuk selalu berbagi dengan orang lain, siapa pun itu, bisa diajarkan sejak kecil. Tapi ketika Genhype sudah mulai bisa melihat buah hati menjadi lebih mudah untuk berbagi tanpa diminta atau disuruh bisa menjadi indikator bahwa dia sudah mulai dewasa.
 
1
2


SEBELUMNYA

Sorbet Semangka, Sorbet Mudah & Segar saat Lapar Tengah Malam

BERIKUTNYA

Yah, Agensi Resmi Umumkan Soojin Hengkang dari (G)I-DLE

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: