Ilustrasi saudara. (Dok. Chayene Rafaela dari Unsplash)

Simak 10 Tips Ini agar Tetap Akur dengan Saudara

22 August 2021   |   21:00 WIB

Setiap hubungan dengan saudara kandung maupun saudara tiri seringkali memiliki beragam jenis hubungan. Ada yang hubungannya sudah dekat dan lengket hingga pada tahap di mana Genhype dan saudara bisa saling berhubungan satu sama lain. Tapi ada juga yang ternyata hubungannya renggang hingga sulit sekali untuk akur.

Karena hubungan saudara yang bervariasi ini, Hypeabis.id punya beberapa saran yang bisa Genhype coba untuk melakukan pendekatan hubungan dengan saudara. Simak tipsnya yuk!

1. Ceritakan dengan jujur hal yang mengganjal di dalam hati
Layaknya ketika Genhype bersama dengan keluarga lain atau teman, bercerita tentang hal-hal seperti dendam masa kecil dan trauma bisa jadi merupakan beberapa hal yang sulit diungkapkan karena berbagai pertimbangan. Tapi enggak ada salahnya untuk berbagi cerita di tengah kondisi yang sesuai dengan waktunya agar Genhype tidak memiliki beban di dalam hati.

2. Hargai perbedaan
Menghargai preferensi pribadi dan tidak memaksa kehendak terhadap orang lain adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan saudara. Ini juga bisa dilakukan dengan memberikan waktu terhadap satu sama lain agar kalian bisa menerima perbedaan dan preferensi yang ada.

3. Hindari topik yang memantik emosi
Sebagai upaya menghindari konflik, cara ini merupakan salah satu yang harus dilakukan seiring dengan adanya perbedaan di antara Genhype dan saudara. Jika memiliki hal yang sensitif tapi harus diungkapkan, maka cara lainnya adalah dengan menjelaskan atau bercerita ketika kondisi orang lain sedang dalam suasana hati yang baik.
 

Ilustrasi (Dok Annie Spratt/Unsplash)

Ilustrasi (Dok Annie Spratt/Unsplash)



4. Jadikan saudara sebagai teman cerita
Enggak hanya orang tua dan teman, saudara juga bisa menjadi tempat Genhype berbagi cerita tentang kejadian setiap hari atau tentang perasaan yang sedang dialami. Ini juga termasuk dengan melibatkan saudara dalam keputusan penting.

5. Jangan mengabaikan perasaan diri sendiri
Hal yang utama dalam sebuah hubungan adalah tetap memperhatikan perasaan diri sendiri tapi juga tetap mempertimbangkan perasaan orang lain. Alasannya adalah karena mengabaikan perasaan diri sendiri berarti berperilaku tidak adil terhadap diri sendiri yang kemudian memicu adanya masalah hubungan di antara kalian.

6. Berikan lingkungan yang mendukung sejak dini
Untuk orang tua, hal ini adalah yang terpenting di dalam membangun hubungan antar saudara. Sebab, orang tua punya peran yang besar dalam membangun dan membimbing anak-anak di dalam sebuah hubungan saudara.

7. Hindari persaingan antar saudara
Persaingan yang sehat antar saudara merupakan hal yang tidak masalah, selama hal ini tetap berdampak baik bagi saudara-saudara terutama dalam menciptakan lingkungan yang ramah terhadap adanya kesamaan. Cara lainnya adalah dengan membuat mereka membangun hubungan tanpa adanya orang tua.
1
2


SEBELUMNYA

Begini Konsep Musik & Obrolan di Fitur Terbaru Spotify

BERIKUTNYA

Single Jalapeno Segera Rilis, Cek 3 Lagu Baru WayV!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: