Beberapa toko buku juga hadir sebagai ruang interaksi antar pegiat literasi di ekosistem dunia perbukuan. (sumber gambar Unsplash/Pauline Loroy)

Kutu Buku Merapat, Cek 5 Rekomendasi Toko Buku Independen di Jakarta yang Wajib Kalian Tahu

14 October 2023   |   10:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kegiatan membaca buku penting dilakukan untuk menambah cakrawala ilmu. Sebab, lewat praktik membaca akan ada banyak informasi yang didapat sekaligus menambah daya kreativitas dan wawasan seseorang terutama di dunia literasi.

Kendati saat ini geliat kehadiran e-book semakin marak dinikmati publik, tapi eksistensi buku fisik juga tidak luntur. Sebab, penikmat setianya juga masih banyak dan industri toko buku pun masih tetap berdiri di tengah isu senjakala perbukuan.

Baca juga: Intip Model Bisnis Toko Buku Kekinian Berkelit dari Efek Disrupsi Digital

Tidak mengherankan jika belakangan ini mulai muncul inovasi dan strategi para pegiat literasi untuk memasyarakatkan buku fisik. Termasuk diskusi buku terbitan terbaru hingga festival buku agar publik semakin mencintai dan membaca kembali dalam format fisik.

Selain itu, berbagai toko buku baru pun mulai bermunculan yang dikemas dengan format yang lebih populer. Namun, selain dengan nuansa yang hangat dan inklusif saat ini beberapa toko buku juga hadir sebagai ruang interaksi antar ekosistem dunia perbukuan.

Nah, bagi Genhype yang tinggal di sekitar Jakarta, berikut lima toko buku yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan buku-buku terbaru. Selain dapat menikmati suasananya yang estetik kalian juga bisa mengikuti diskusi yang kerap mereka  galakkan.


1. POST Bookshop

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by POST Bookshop (@post_santa)


Toko buku independen ini berlokasi di Pasar Santa, Jakarta Selatan yang menjual berbagai literatur yang dikurasi secara langsung oleh pemiliknya, yakni Maesy Ang dan Teddy W. Kusuma. Uniknya, toko buku ini juga dikemas dengan konsep yang instagramable sehingga cocok untuk dijadikan latar belakang postingan di medsos.

Di POST Bookshop Genhype bisa menemukan buku-buku unik yang mungkin tidak akan dapat ditemukan di toko buku konvensional. Jenis buku yang dijual di tempat ini pun beragam, mulai dari genre sastra, arsitektur,  karya fiksi dan nonfiksi, hingga buku anak-anak.

Selain itu, buku dari penulis Indonesia yang ditawarkan mayoritas berasal dari penerbit independen seperti Banana, Marjin Kiri, dan Ultimus. Keunikan dari toko buku ini adalah mereka juga kerap mengadakan acara diskusi buku dan workshop seputar dunia literasi yang dijamin tak akan membuat kalian bosan.


2. Transit Bookstore

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Urban Farm (@urbanfarmpik)


Bagi penikmat buku-buku berbahasa Inggris, nama Transit Bookstore tentu sudah tidak asing lagi. Ya, toko buku yang berlokasi di Urban Farm Pantai Indah Kapuk, Jakarta ini memang banyak menyediakan buku berbahasa Inggris baik fiksi maupun nonfiksi.

Namun selain karya para penulis luar negeri, toko buku ini juga banyak menjual karya penulis Indonesia yang sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Adapun bagi yang ingin mengunjungi toko buku ini jam operasionalnya juga dibuka setiap hari dari pukul 11.00  21.00 WIB.


3. Kios Ojo Keos

 
 

Kios Ojo Keos adalah toko sekaligus ruang alternatif di Bona Indah Plaza, Lebak Bulus, Jakarta. Toko ini menjual berbagai buku mulai dari buku baru hingga buku bekas, baik buku impor maupun lokal dengan harga yang bersaing.

Selain buku, tempat ini juga menjual records musisi lokal serta kaos. Uniknya, tempat ini  juga memiliki beberapa agenda kegiatan seru yang dapat diikuti. Beberapa di antaranya mulai dari diskusi, nonton film, hingga open mic yang dilakukan setiap Minggunya.


4. Blooks

 
 

Toko buku Blooks didirikan oleh pengamat film Hikmat Darmawan beserta teman-temannya pada 1 Juli 2023 di kawasan Blok S Jakarta. Selain buku toko ini juga menyediakan berbagai merch dan artworks bagi para penikmat literasi.

Keunikan dari toko buku ini adalah para pembeli buku nantinya akan mendapat puisi yang ditulis langsung oleh Hikmat Darmawan. Namun, alih-lih menggunakan komputer atau tulisan tangan sang juru tulis justru menggunakan mesin ketik tua sebagai perangkat yang hasil puisinya akan dibacakan langsung buat kalian.

Baca juga: Blooks, Berdiri Melawan Senja Kala Industri Toko Buku


5. Kedai Patjarmerah

 

Kedai Patjarmerah berlokasi di bangunan komplek Pos Bloc Jakarta yang menjual berbagai macam buku seperti sastra, filsafat, dan sejarah. Selain menjual buku di lokasi kedai, Patjarmerah juga kerap membuat festival buku keliling Nusantara.

Di tempat ini juga kerap diadakan kegiatan diskusi di kalangan pekerja kreatif. Mulai dari penulis, penerbit, penyair, klub baca, kawan-kawan film, hingga seniman. Tujuannya adalah untuk kembali  menyebarkan semangat literasi pada masyarakat.

Baca juga: Intip Keunikan Toko Buku Kobam yang Jadi Gudang Sejarah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Konser Jejak Candra Darusman Jadi Pengalaman Menakjubkan Bagi Musisi Bilal Indrajaya

BERIKUTNYA

4 Agenda Konser Musik Besar Akhir Pekan 14-15 Oktober 2023 di Jakarta, dari Mahalini sampai Semesta Berpesta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: