Jakarta Fashion Week 2024 (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Jakarta Fashion Week 2024 Digelar 7 Hari di PIM 3, Cek Jadwal Show Hari Pertama

23 October 2023   |   12:38 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 sebagai pekan mode terbesar di Indonesia hadir kembali pada 23-29 Oktober 2023 di Pondok Indah Mall (PIM) III, Jakarta Selatan. Pada edisinya yang ke-16 ini, JFW 2024 mengusung tema Fashion Continuum: Bridging Generations.

JFW 2024 mempertemukan para pelaku industri kreatif dan penggiat mode lintas generasi dalam runway penuh gaya dan inspirasi. Sebanyak 120 perancang busana terbaik di kancah mode nasional dan internasional akan tampil dalam 34 fashion show.

"Fondasi JFW tahun ini adalah transitional generation, fashion continuum, generation after generation, running innovation, kita semua merayakannya di Jakarta Fashion Week," ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Group saat opening JFW 2024 di PIM III Jakarta, Senin (23/10/2023).

Baca juga: Digelar 25–29 Oktober, 174 Desainer Akan Berpartisipasi di Indonesia International Modest Fashion Festival

Lebih lanjut dia menjelaskan saat ini terlihat inspirasi dalam fesyen sangat multilayer dengan kreativitas tanpa batas. Misalnya fesyen sustainability dan gender fluidity, ethical fashion menjadi tren yang banyak diterima semua orang. "Kita semua bisa melihatnya di perhelatan JFW 2024," ujarnya.

Andandika Surasetja, selaku Creative Director Jakarta Fashion Week mengatakan bahwa Jakarta Fashion Week tahun ini dengan tema Fashion Continuum: Bridging Generations diaplikasikan melalui lomba perancang mode dapat menjembatani lintas generasi.

"Juri-jurinya adalah desainer terbaik Indonesia tahun ini dari generasi berbeda, ada Sebastian Gunawan, Hian Tjen, dan lainnya" kata Anandika.

Lomba Perancang Mode hadir kembali dengan tema utamanya Autheticity yang didukung oleh Instituto Marangoni. LPM tahun ini akan menantang para desainer muda untuk menggali lebih jauh kreativitasnya dalam merancang pakaian yang mencerminkan jati diri mereka, melalui eksplorasi perspektif baru, bereksperimen dengan material, teknik, serta siluet yang tidak konvensional

Anandika menambahkan, selain menyuguhkan peragaan busana, Jakarta Fashion Week 2024 juga tampil dengan berbagai format acara baru yang makin menarik. 

"Setiap hari akan ada show menarik. Utamanya signature show, LPM (Lomba Perancang Mode), fashion force yang sangat fresh desainer-desainernya dan ditujukan supaya brand lokal bisa disorot," katanya.

Pemerintah, mitra internasional, produsen tekstil, peritel, jenama serta perancang mode senior sampai pendatang baru akan berkumpul dalam spirit yang sama di panggung Jakarta Fashion Week. Ajang ini menjadi wadah untuk merangkul, mendampingi, mewadahi, serta membantu mengembangkan karya desainer dari setiap generasi.

Adapun sejumlah jenama lokal yang akan berpartisipasi di JFW 2024, di antaranya ada Oscar Lawalata Culture, Albert Yanuar, Ivan Gunawan, Sejauh Mata Memandang, Danjyo Hiyoji, Bin House, Hian Tjen, dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan jenama internasional juga turut meramaikan runway JFW 2024. Di antaranya ada Vegan Tiger, LIE by Lee Chung Chung dari Korea Selatan melalui Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia. Selain itu, juga ada Kedutaan Besar Australia yang akan menampilkan desainer dari Negara Bagian Victoria yakni Wa-ring, dan Yanggurdi. 

Bagi para pencinta mode yang ingin menyaksikan Jakarta Fashion Week 2024, dapat mengikuti pagelaran mode tersebut melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, X, hingga TikTok. Jakarta Fashion Week 2024 juga akan ditayangkan melalui JFW.TV, YouTube, Vidio, DensTV, dan Fashion TV.


Jadwal Jakarta Fashion Week 2024 

  • 13:00 - 14:00 JFW Opening - Perayaan 44 Tahun Lomba Perancang Mode, featuring parade alumni LPM.
  • 15:00 - 16:00 Lux presents "The Magical Fragrance of Confidence", featuring IKAT Indonesia by Didiet Maulana, Albert Yanuar, LISA JU.
  • 17:00 - 18:00 Dewi's Luxe Market presents "Boundless Style", featuring Tanah Le Sae?, Bluesville, LANIVATTI.
  • 19:00 - 20:00 Fashionlink presents "A Spectrum of Style", featuring NIR ADA, Glashka, Starry.
  • 21:00 - 22:00 JFW presents "Epic Symphony", featuring Ernesto Abram, Ivan Gunawan.
Baca juga: Jakarta Fashion Week 2024 Siap Digelar Oktober Ini, Hadirkan 120 Perancang Busana Terbaik

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kevindra Soemantri Kulik Perkembangan Kuliner Jakarta di Buku Gastropolitan

BERIKUTNYA

Cek 5 Agenda Seru untuk Merayakan Momen Halloween hingga Tahun Baru di Hong Kong 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: