Jakarta Fashion Week 2024 (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Jakarta Fashion Week 2024 Siap Digelar Oktober Ini, Hadirkan 120 Perancang Busana Terbaik

14 October 2023   |   10:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pekan mode terbesar di Indonesia, yakni Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 akan diselenggarakan pada 23-29 Oktober 2023 mendatang di City Hall, Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan. Pada gelarannya yang ke-16, JFW 2024 mengambil tema Fashion Continuum: Bridging Generations yang menyatukan berbagai industri kreatif dan pelaku mode lintas generasi, dalam satu panggung penuh gaya dan inspirasi.

Sempat diselenggarakan secara online pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19, kini antusiasme para pencinta mode makin menggelora ketika Jakarta Fashion Week kembali diselenggarakan secara offline pada 2022, dan tahun-tahun berikutnya. Sama seperti tahun sebelumnya, perhelatan JFW 2024 akan diadakan seminggu penuh. Kali ini menghadirkan 120 perancang busana terbaik nasional dan internasional yang akan tampil dalam 34 fesyen show.

Baca juga: 5 Jenama Lokal Pamerkan Koleksi Ramah Lingkungan di Re-See Jakarta Fashion Week 2023

“Dengan spirit yang diusung Fashion Continuum: BridgingGenerations, JFW 2024 melalui berbagai program signature-nya akan menjembatani komunikasi lintas generasi, mewadahi interaksi untuk terus mengembangkan dan memajukan industri mode Tanah Air," ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Group saat prelude JFW 2024 di Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Lebih lanjut dia juga menyampaikan, pemerintah, mitra internasional, produsen tekstil, peritel, jenama serta perancang mode, mulai dari senior hingga bibit-bibit baru akan berkumpul dalam spirit yang sama di panggung Jakarta Fashion Week 2024 kali ini. Menurutnya JFW menjadi ajang untuk merangkul para perancang mode, serta hadir untuk mendampingi, mewadahi, dan membantu mengembangkan karya desainer dari setiap generasi.

"Pada Jakarta Fashion Week 2024 nanti, kita akan menyaksikan desainer senior yang membimbing dan give back ke komunitas mode, sementara desainer muda yang penuh gelora menampilkan karya terbaiknya untuk berkompetisi. It’s a beautiful journey for Indonesia fashion scene,” kata Svida. 
 

Prelude JFW 2024 (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Prelude JFW 2024 (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Pada acara Prelude JFW 2024, ditampilkan sejumlah busana cantik dari jenama yang akan berpartisipasi dalam pekan mode tersebut. Sejumlah jenama lokal yang akan berpartisipasi di JFW 2024, di antaranya ada Oscar Lawalata Culture, Albert Yanuar, Ivan Gunawan, Sejauh Mata Memandang, Danjyo Hiyoji, Bin House, Hian Tjen, dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan  perancang mode internasional juga turut meramaikan runway JFW 2024. Di antaranya ada Vegan Tiger, LIE by Lee Chung Chung dari Korea Selatan melalui Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia. Selain itu, juga ada Kedutaan Besar Australia yang akan menampilkan desainer dari Negara Bagian Victoria yakni Wa-ring, dan Yanggurdi. 

Andandika Surasetja selaku Creative Director Jakarta Fashion Week berujar, selain menyuguhkan peragaan busana, Jakarta Fashion Week 2024 juga tampil dengan berbagai format acara baru yang makin menarik. Selain itu, menurutnya ada perbedaan signifikan antara JFW sebelum dan sesudah pandemi.

Misalnya dilihat dari adanya interaksi penonton dengan para desainer dan brand di panggung, serta konvergensi media online dan offline di masa kini menghadirkan pengalaman baru yang belum pernah ada sebelumnya.

"Setiap hari akan ada show menarik. Utamanya signature show, LPM (Lomba Perancang Mode), fashion force yang sangat fresh desainer-desainernya dan ditujukan supaya brand lokal bisa disorot," kata Andandika, creative director JFW.
 

Perwakilan jenama yang hadir di JFW 2023 (Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Perwakilan jenama yang hadir di JFW 2023 (Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Menurutnya, fenomena ini akan membuka banyak potensi kolaborasi yang lebih luas antar brand, cross brand, hingga lintas generasi. Kolaborasi dari berbagai insan kreatif ini akan menciptakan napas baru yang lebih segar di industri kreatif, terutama mode Indonesia.

Nah, bagi para pencinta mode yang ingin menyaksikan Jakarta Fashion Week 2024, dapat mengikuti pagelaran mode tersebut melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, X, hingga TikTok. Jakarta Fashion Week 2024 kali ini pun akan ditayangkan melalui JFW.TV, YouTube, Vidio, DensTV, dan Fashion TV.

Baca juga: Profil Denni Francisco, Desainer Konsep Sustainable Fashion di Jakarta Fashion Week 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

4 Agenda Konser Musik Besar Akhir Pekan 14-15 Oktober 2023 di Jakarta, dari Mahalini sampai Semesta Berpesta

BERIKUTNYA

Konser Jejak Candra Darusman, Sebuah Perayaan Manis Untuk Sang Maestro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: