Pintu Assalam Masjid Istiqlal (Sumber gambar: JIBI/Widya Islamiati)

Menilik Hal-hal Menarik dari 5 Masjid Terbesar di Asia Tenggara

22 October 2023   |   17:31 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Masjid merupakan tempat ibadah yang penting bagi umat Islam. Selain untuk beribadah, masjid juga memiliki fungsi yang lebih luas sebagai tempat perlindungan, musyawarah, pembelajaran, hingga pusat kebudayaan bagi umat Islam yang berada di sekitarnya.

Mengingat fungsinya yang penting, saat ini ada banyak masjid megah dan indah yang dibangun di Asia Tenggara. Beberapa masjid terbesar tersebut berada di Indonesia. Selain itu, negara lain seperti Malaysia hingga Brunei juga memiliki masjid-masjid dengan daya tampung yang besar. 

Baca juga: 5 Masjid di Dunia dengan Arsitektur Unik, Salah Satunya dari Indonesia

Namun, tidak hanya menawarkan kemegahan, masjid-masjid itu juga memiliki ciri khas yang unik dan menarik untuk disimak. Tak jarang, masjid-masjid ikonik tersebut juga menjadi tujuan bagi para pelancong untuk berwisata religi.

Berikut adalah lima masjid terbesar di Asia Tenggara dan hal-hal menarik yang ada di dalamnya.
 

1. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal terletak di Jakarta. Diresmikan sejak 1978, masjid ini rupanya masih jadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Dengan luas masjid sekitar 10 hektare area, tempat ibadah ini mampu menampung hingga 200.000 jemaah. 

Saat ini Masjid Istiqlal masih berdiri kokoh dengan 12 tiang utama yang menjadi penyangga serta kubah berdiameter 45 meter yang menjadi ikon khasnya. Selain itu, salah satu keunikan Masjid Istiqlal adalah karena tempat ibadah ini jadi simbol kerukunan umat beragama. Sebab, letaknya berdampingan dengan Gereja Katedral yang telah berdiri sejak 1828. 
 

2. Masjid Sheikh Zayed Solo

Masjid Sheikh Zayed Solo yang baru diresmikan 2022 lalu rupanya juga jadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Bangunan dua lantai ini mampu menampung hingga 10.000 jemaah dengan luas total mencapai 8.000-an meter persegi.

Bagian eksterior dan interior masjid cukup menarik karena mengusung budaya lokal. Ada motif batik yang digunakan pada ornamen pilar masjid. Karpetnya juga dihiasi pola batik dua negeri. Marmer impor dari Italia makin mempercantik bangunan ini. Tak mengherankan jika masjid ini jadi salah satu tujuan wisata religi. 
 

3. Masjid Baiturrahman Aceh

Masjid Baiturrahman Aceh memiliki daya tampung hingga 30.000 jemaah. Arsitektur masjid ini mengadopsi Taj Mahal yang ada di India. Hal itu tercermin dengan adanya kolam air yang cukup luas dan tujuh kubah berbentuk khas.

Ketika tsunami Aceh 2004 melanda, masjid ini juga menjadi saksi kebesaran Tuhan. Bangunan masjid selamat dari terjangan tsunami dan menyelematkan ratusan masyarakat yang berlindung di dalamnya. 
 

4. Masjid Jami Sultan Hassanil Bolkiah Brunei 

Masjid Jami Sultan Hassanil Bolkiah terletak di Kiarong, Bandar Seri Bengawan. Dibangun pada 1988, masjid ini mengambil nama dari Sultan Brunei Darusallam yaitu Sultan Hassanil Bolkiah. Ciri khas masjid ini adalah lima kubah emas dan gaya arsitektur Turki.

Masjid ini makin megah dengan adanya empat menara, air mancur, taman, hingga kebun bunga di sekitar kompleknya. Interior di dalamnya juga megah dan elegan. Langit-langit masjidnya banyak berhiaskan lukisan indah tentang bintang. 
 

5. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin Malaysia

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin diperkirakan mampu menampung 34.000 jemaah. Terletak di Presint 3 Putrajaya Malaysia, masjid ini cukup unik karena sebagian bangunannya dibangun dengan ornamen besi. 

Jalan setapak menuju masjid dikenal dengan sebutan Jalan Kaki Kiblat yang membentang seluas 13.639 m2. Jalan raya ini berisi lansekap yang diadaptasi dari kastil kuno Alhambra. Di masjid ini juga terdapat banyak kaligrafi dan surah tertentu yang dihiaskan di dindingnya.

Baca juga: Selain Al Mumtadz, Ini 10 Masjid Rancangan Ridwan Kamil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Film & Drakor Terbaik Bae Suzy yang Wajib Ditonton Selain Doona!

BERIKUTNYA

Jakarta Jadi Surga Sekaligus Dapur Penciptaan Ragam Kuliner Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: