Ilustrasi orang menderita osteoporosis (Sumber: Freepik/Jcomp)

4 Asupan Makanan yang Baik untuk Mencegah Osteoporosis

20 October 2023   |   19:32 WIB

Hari Osteoporosis Sedunia diperingati tiap tahun pada 20 Oktober. Peringatan ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan tulang, mengenali gejala dan risiko, serta cara pencegahan osteoporosis yang tepat. 

Dikutip dari Penn Medicine, osteoporosis terjadi akibat hilangnya kalsium dan fosfat seiring penuaan. Kondisi ini membuat bagian dalam tulang menjadi lebih keropos, yang menyebabkan tulang lebih rentan patah pada saat melakukan berbagai aktivitas seperti berdiri, berjalan, dan yang lainnya. 

Baca juga: Hari Osteoporosis Sedunia 20 Oktober 2023 Usung Tema Membangun Tulang Lebih Baik

Genhype jangan menyepelekan osteoporosis ya walaupun kondisi ini sering terjadi pada kelompok lanjut usia. Perlu diingat bahwa pencegahan sebaiknya dimulai sejak dini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk hal tersebut. Mulai dari mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D, melakukan pola hidup sehat, hingga melakukan latihan fisik yang bisa memperkuat tulang. 

Kandungan kalsium yang tinggi sangat mudah didapat dari berbagai buah-buahan, sayuran, susu, sampai kacang-kacangan. Cari tahu beberapa asupan yang bisa meningkatkan kalsium dalam tubuh dengan membaca artikel berikut, ya! 
 

1. Susu dan produk olahannya

(Sumber gambar: pexels/Charlottemay)

(Sumber gambar: pexels/Charlottemay)

Susu menjadi sumber makanan tinggi kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, terutama susu hewani yaitu, sapi dan kambing. Mengapa demikian? Jumlah kalsium dalam satu gelas susu sapi dapat mencapai 275–300 mg dan dalam susu kambing lebih tinggi yakni 330 mg. 

Kandungan kalsium di dalam susu mudah diserap tubuh. Minuman alami ini juga kaya akan vitamin seperti A, D, diikuti protein yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Genhype

Jangan bingung bagi kalian yang alergi dengan susu ataupun olahannya, sebab kalian dapat mengganti asupan kalsium dengan makanan dan minuman tinggi kalsium lainnya.
 

2. Sayuran berwarna gelap

(Sumber gambar: unsplash/Nathannugent)

(Sumber gambar: unsplash/Nathannugent)

Tidak kalah dengan susu, sayur-sayuran berwarna gelap juga tinggi akan kalsium. Sayuran berwarna gelap yang dimaksud misalnya pokcoy, kubis, lobak, dan collard.

Satu mangkuk lobak hijau yang dimasak memiliki kandungan sekitar 200 mg kalsium. Selain itu, sayuran hijau gelap umumnya juga mengandung vitamin K yang bisa mengurangi risiko terkena osteoporosis.


3. Ikan sarden 

(Sumber gambar: Unsplash/Benwicks)

(Sumber gambar: Unsplash/Benwicks)

Selain nikmat, ikan sarden ternyata merupakan salah satu makanan tinggi kalsium. Kandungan ini ada pada tulang ikan sarden, jadi sebaiknya jangan disisihkan saat kalian memakan ikan ini ya. Selain sarden, ikan tinggi kalsium lainnya yang biasa menjadi lauk masakan rumahan yaitu, ikan teri. 


4. Almond

(Sumber gambar: pexels/Irinairiser)

(Sumber gambar: pexels/Irinairiser)

Makanan tinggi kalsium lainnya adalah kacang-kacangan. Kacang almond yang memiliki cita rasa khas dan lezat ini mengandung 385 gram kalsium per satu gelas. Namun, perhatikan porsinya juga ya, karena kacang ini mengandung 838 kalori dan 72 lemak dalam porsi yang sama. Maka dari itu, jangan sampai Genhype mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca juga: 7 Makanan yang Bisa Menguatkan Tulang, Bisa Cegah Osteoporosis Sejak Dini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Jadwal dan Harga Tiket Konser Ed Sheeran di Jakarta 2 Maret 2024

BERIKUTNYA

Pameran Seni Digital 'Long Way, Together' di PIK 2 Jakarta, Pengalaman Interaktif yang Mendalam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: