Ilustrasi makanan kaya vitamin D

Begini Cara Enak Mencegah Osteoporosis

02 August 2021   |   08:12 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Osteoporosis menjadi ancaman ancaman baru bagi anak-anak di masa pandemi Covid-19. Aktivitas yang terbatas, ditambah terlalu banyak duduk atau rebahan, meningkatkan risiko berkurangnya kepadatan tulan mereka di masa dewasa.  Oleh karena itu, penting bagi para orang tua meminimalkan risiko osteoporosis.

Dokter Ahli Gizi Carrie Ruxton mengatakan selain aktif bergerak, diet memainkan faktor besar dalam memperkuat tulang anak. "Tulang yang kekurangan vitamin, protein, mineral, dan olahraga dapat memiliki efek yang merugikan," ujarnya dikutip dari Express UK, Senin (2/8/2021).

Nah, ada sejumlah makanan yang diyakini memperkuat kepadatan tulang, salah satunya yoghurt.

Penelitian dati British Nutrition Foundation menemukan bahwa menambahkan secangkir yoghurt setiap hari dapat berkontribusi pada kadar kalsium yang sangat dibutuhkan. "Makanan padat nutrisi, tidak hanya sumber kalsium yang baik, tetapi juga sumber protein yang baik,” kata Ruxton.

Selain kaya vitamin D, yoghurt juga mengandung yodium, kalium, fosfor, dan vitamin B.

Mineral penting lainnya yang harus diperhatikan dalam hal kesehatan tulang adalah magnesium. Magnesium membantu kamu mengontrol hormon PTH atau paratiroid, yang membantu mengontrol kadar kalsium darah dan mencegah kerusakan tulang.

Sumber magnesium yang sangat baik adalah sayuran berdaun hijau seperti kubis, sawi, bayam, kubis, selada air, dan selada romaine.

Sumber lain yang kaya magnesium adalah kacang-kacangan, seperti kacang Brazil, kacang mete, kacang tanah, walnut, dan hazelnut. Kacang-kacangan juga mengandung kalsium, bisa jadi camilan yang sangat bergizi, lho.

Ruxton menerangkan mengabaikan kebutuhan vitamin D dapat memperburuk kesehatan tulang, karena nutrisi sangat penting untuk penyerapan kalsium dari makanan.

Jadi, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, telur, jamur, dan sereal. Selain mengonsumsi makanan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan tulang, olahraga juga tak kalah pentingnya ya.

Ruxton menunjukkan bahwa latihan menahan beban sangat penting untuk kesehatan tulang. Contohnya berjalan, berlari, menari, melompat-lompat, bermain bola voli atau tenis, mendaki, dan melakukan aerobik.

Gerakkan tubuh setidaknya 150 menit setiap hari. Olahraga tidak hanya memperkuat tulang, tetapi juga membantu kamu menangkal berbagai penyakit dan menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kepolisian di Hawaii Mulai Pakai Robot Anjing untuk Pindai Suhu Tubuh Warga

BERIKUTNYA

8 Aktivitas Pagi yang Bermanfaat Meningkatkan Produktivitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: