Hari Osteoporosis diperingati pada 20 Oktober setiap tahunnya (Sumber Foto: Freepik)

Hari Osteoporosis Sedunia 20 Oktober 2023 Usung Tema Membangun Tulang Lebih Baik

20 October 2023   |   17:17 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 20 Oktober masyarakat di seluruh dunia memperingati Hari Osteoporosis atau World Osteoporosis Day. Momentum ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan tulang sejak dini supaya terhindar dari penyakit osteoporosis yang membahayakan tulang.

Osteoporosis berasal dari dua kata, yakni osteo artinya tulang dan porous yang artinya keropos atau berlubang-lubang. Dengan begitu, osteoporosis dimaknai sebagai tulang yang mengalami kekeroposan. 

Baca juga: 7 Makanan yang Bisa Menguatkan Tulang, Bisa Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Mengutip dari NHS, osteoporosis adalah kondisi kesehatan yang melemahkan tulang, menjadikannya rapuh dan lebih mudah patah. Penyakit ini berkembang pelan-pelan dalam dalam beberapa tahun dan seringkali baru terdiagnosis saat seseorang terjatuh atau mengalami benturan keras menyebabkan patah tulang.

Osteoporosis bisa terjadi pada pria dan wanita, baik usia muda atau tua. Kerusakan tulang adalah bagian yang normal dari penuaan, namun beberapa orang mengalami kerusakan tulang lebih cepat. Gejalanya ditandai dengan postur tubuh membungkuk ke depan. Hal ini terjadi ketika tulang belakang mengalami patah sehingga sulit menopang beban tubuh.

Wanita memiliki peluang besar untuk mengalami pengeroposan tulang. Kondisi ini bisa terjadi dalam beberapa tahun pertama setelah menopause. Sehingga wanita lebih berisiko terkena osteoporosis dibandingkan pria, terutama jika menopause dimulai lebih awal sebelum usia 45 tahun atau ovariumnya telah diangkat. Untuk memperingati hari osteoporosis sedunia, yuk pahami sejahnya.
 

Sejarah Hari Osteoporosis Sedunia

Hari Osteoporosis Sedunia diperingati untuk pertama kali pada 20 Oktober 1996. Peringatan tersebut diselenggarakan oleh Perhimpunan Osteoporosis Nasional dengan mengadakan kolaborasi bersama Komisi Eropa di Inggris.

Sampai akhirnya pada 1997 dan tahun-tahun berikutnya, International Osteoporosis Foundation (IOF) secara resmi menyelenggarakan Hari Osteoporosis Sedunia didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kemudian pada 1999, akhirnya Hari Osteoporosis Sedunia mulai diperingati untuk pertama kalinya dengan mengangkat tema khusus yang berbeda setiap tahunnya.
 

Tema Hari Osteoporosis

Mengutip dari laman worldosteoporosisday tahun ini hari osteoporosis sedunia 2023 mengangkat tema Build Better Bones atau Membangun Tulang Lebih Baik. Tahun ini masyarakat diingatkan kembali mengenai pentingnya cara menjaga kesehatan tulang supaya terhindar dari penyakit osteoporosis dan penyakit lainnya terkait tulang.

Masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan, mulai dari menjaga berat badan yang sehat, olahraga, mengonsumsi vitamin D, hingga menghindari konsumsi alkohol atau merokok. Selain itu, orang-orang juga harus paham bagaimana cara membangun tulang yang lebih sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan olahraga yang rutin.

Menjaga kesehatan tulang dalam tubuh hanya bisa dilakukan oleh diri sendiri. Oleh karena itu dengan adanya peringatan Hari Osteoporosis Sedunia ini diharapkan bisa membuat orang-orang lebih sadar mengenai bahaya penyakit osteoporosis. Sehingga mereka bisa menjaga kesehatan tulang dan tubuhnya sejak usia muda. 

Baca juga: Cegah Osteoporosis Yuk! Simak Cara-Cara Sederhana yang Bisa Diterapkan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Link dan Cara Pre-order Seri iPhone 15 di iBox dan Digimap, Cek Promo dan Harganya

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Kue Ulang Tahun buat Orang Tersayang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: