Shin Tae yong adalah pelatih tim nasional sepak bola Indonesia (Sumber gambar: tangkapan layar laman PSSI)

Kualifikasi Piala Dunia 2026: 4 Fakta Pertemuan Indonesia Melawan Brunei Darussalam

12 October 2023   |   10:54 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional sepak bola Indonesia akan menjamu tim nasional Brunei Darussalam dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pertandingan yang akan berlangsung pada Kamis, 12 Oktober 2023 itu memiliki sejumlah fakta menarik yang tidak boleh dilewatkan.

Dikutip dari laman PSSI, pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Shin Tae yong mengatakan, tim Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan bermain dengan serius saat menghadapi Brunei Darussalam.

Baca juga: Cek Jadwal Drawing & Mekanisme Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia Masuk ke Pot 1

‘’Saya kira itu bercanda. Tidak mungkin mereka melakukan hal itu. Tetapi, apapun itu, kita serius mempersiapkan diri dan target menang wajib di tangan,’’ katanya.

Dalam pertandingan nanti, dia akan memainkan Edo Febriansyah, Marselino Ferdinan, dan Rafael Struick yang sedang menjalani masa pemulihan akibat cedera ketika masing-masing memperkuat klubnya.

Sementara itu, Asnawi Mangkualam juga tidak akan meremehkan tim nasional Brunei Darussalam dalam pertandingan nanti meskipun Indonesia memiliki peringkat yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengannya.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut, sejumlah fakta tentang babak kualifikasi Piala Dunia tersebut.

1. Indonesia memiliki peringkat yang lebih baik dari Brunei Darussalam

Fakta pertama tentang pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 itu adalah Indonesia memiliki peringkat yang lebih baik jika dibandingkan dengan Brunei Darussalam. Garuda tercatat menempati posisi 147 dalam daftar FIFA dengan 1.052,87 poin. Sementara itu, Brunei Darussalam berada di peringkat 191 dengan jumlah poin 887,58 poin.

Peringkat Indonesia dalam daftar FIFA akan naik menjadi 144 jika berhasil mengalahkan Brunei dalam pertandingan yang akan berlangsung pada hari ini lantaran akan mendapat 8,66 poin. Jika bisa memenangi 2 pertandingan, skuad Garuda akan mengumpulkan tambahan +17,32 poin.

Dengan begitu, Indonesia akan menggeser St. Kitts & Nevis (1058,06 poin di peringkat 146), Suriname (1063,06 poin di peringkat 145), dan Eswatini (1065,69 di peringkat 144).

2. Indonesia mendominasi dalam sejarah pertemuan dengan Brunei Darussalam

Fakta lain yang tersaji dalam pertemuan antara tim nasoional Indonesia melawan Brunei Darussalam adalah Garuda sejauh ini unggul dalam sejarah pertemuan keduanya. Dari 11 kali bertanding, Merah Putih mencatatkan kemenangan sebanyak 7 kali.

Kemudian, keduanya mencatatkan hasil imbang sebanyak 2 kali dan Indonesia juga pernah kalah dua kali dari Brunei Darussalam. Saat Piala Suzuki AFF 2022 yang terselenggara pada Desember 2022, Garuda berhasil menaklukan Brunei Darussalam 7 – 0 tanpa balas.

3. Bertabur pemain yang berlaga di luar negeri

Fakta selanjutnya dari pertemuan antara tim nasional Indonesia dengan Brunei Darussalam adalah para pemain yang akan memperkuat. Pemain-pemain tim nasional kedua negara tercatat ada yang berlaga di luar negeri.

Pemain Indonesia yang berlaga di luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam, Elkan Baggot, Pratama Arhan, dan sebagainya. Pemain dalam tim Garuda bermain di beberapa negara seperti Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Inggris, dan sebagainya.

Sementara itu, pemain Brunei yang berlaga di luar negeri adalah Haime Nyaring, Yura Indera, Hanif Hamir, dan sebagainya. Rata-rata mereka bermain di Singapura.  

4. Jika menang, Indonesia akan masuk Grup F

Fakta lainnya tentang pertandingan ini adalah Indonesia akan masuk ke dalam Grup F jika berhasil mengalahkan tim nasional Brunei Darussalam. Di grup tersebut, tim nasional dari negara Irak, Vietnam, dan Filipina sudah menunggu.

Berbeda dengan Vietnam dan Filipina yang sudah lebih dahulu berada di Grup F dalam babak kualifikasi zona Asia, Indonesia harus melalui jalan yang lebih panjang lantaran masuk dalam daftar 20 tim terendah saat pengundian berlangsung.

Baca juga: Dokumenter Apik Perjalanan Megabintang Sepak Bola David Beckham Garapan Netflix


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Bisa Jadi Alternatif Wisata Sejarah, Ahli Sarankan Konsep Open Air Museum di Indonesia

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Pamali: Dusun Pocong, Teror Horor Pantangan yang Dilanggar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: